F1 PowerBoat Seru, Jokowi Ingin Ajang Balap F1 Diadakan di Indonesia

Ajang seperti F1H2O bisa memicu pertumbuhan ekonomi.

F1 PowerBoat Seru, Jokowi Ingin Ajang Balap F1 Diadakan di Indonesia
Presiden menilai event olahraga berkelas internasional seperti F1H2O bisa memicu pertumbuhan ekonomi rakyat. (Dok. Setpres)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ingin membawa ajang balap mobil Formula 1 (F1) dapat diadakan di Indonesia. Hal itu diungkapkannya, usai menyaksikan keseruan ajang balap kapal cepat (F1H2O) yang digelar di Danau Toba, Sumatera Utara. 

Presiden menilai bahwa ajang sport tourism, seperti F1H2O, MotoGP, sampai Formula E, memiliki potensi yang sangat besar. “Semua kita jajaki, karena akan membawa brand-brand kuat seperti F1 Powerboat ini juga tidak mudah. Kita juga ingin menarik Formula 1 untuk juga masuk ke Indonesia, mungkin tahun depan. Ini baru-baru penjajakan, baru menyiapkan tim untuk menuju ke sana ya,” ujarnya seperti dikutip dari laman Setpres, Senin (27/2).

Menurut Jokowi, event olahraga internasional semacam ini bisa membantu perkembangan berbagai jenama lokal di tiap daerah di Indonesia, terutama di lima wilayah destinasi super prioritas–Mandalika, Likupang, Danau Toba, Borobudur, dan Labuan Bajo. “Saya kira ini akan men-trigger ekonomi di daerah. Sangat bagus sekali,” katanya.

Infrastruktur dan fasilitas

Ajang F1H2O yang berlangsung di danau Toba. (dok. Setpres)

Pemerintah berupaya terus mendukung dan memastikan berbagai fasilitas dan infrastruktur yang tersedia bisa berjalan dengan baik. Ketika berbagai penyelanggaraan acara berkelas internasional tahunan seperti F1H2O bisa berjalan lancar setiap periodenya.

“Masih banyak yang perlu kita perbaiki di wilayah Danau Toba ini:  infrastrukturnya, terminal airport-nya, yang untuk F1 Powerboat ini saja ini masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Saya kira semuanya butuh waktu, semuanya butuh proses, tidak langsung bisa langsung ujug-ujug,” kata Presiden.

Kemungkinan bentuk tim

Jokowi memberi keterangan pers usai menyaksikan F1H2O Danau Toba, Minggu (26/2). (dok. Setpres)

Presiden juga tak menutup kemungkinan, di bidang olahraga, Indonesia akan memiliki tim khusus yang berkenaan dengan berbagai event olahraga internasional ini. Apalagi, kontrak yang dikerja samakan berusia beberapa tahun ke depan, jadi masih banyak kesempatan untuk membentuk tim tersebut.

“Mau tidak mau juga karena sudah rutin pasti akan menyiapkan. Di sini juga sama, kayak F1 Powerboat ini juga sama, kalau nanti beberapa event kita akan bisa memiliki tim-tim seperti yang tadi kita lihat. Tapi, paling tidak ini bisa memberikan event besar pada destinasi-destinasi wisata super prioritas di negara kita,” kata Jokowi.

Juara F1H2O Danau Toba

Presiden Jokowi menyerahkan trofi F1H2O kepada pemenang, Minggu (26/2). (dok. setpres)

Rangkaian ajang balap F1 PowerBoat telah berlangsung 24-26 Februari 2023. Ajang pertama dari delapan seri yang akan diadakan pada 2023 ini pun melahirkan satu juara, yakni Bartek Marszalek, dari tim Stromoy Racing. Sementara pada posisi kedua terdapat Sami Seliö dari Tim Sharjah dan di posisi ketika ada Eric Stark dari Tim Victory.

Presiden Jokowi menyerahkan sendiri trofi kemenangan kepada para juara di podium. “Ini sebuah event yang sangat seru sekali dan saya juga baru pertama kali melihat F1 Powerboat ini,” katanya.

Dalam gelaran ini, Jokowi pun sudah memiliki pembalap favorit, yakni Marit Stromoy, asal Norwegia, yang jadi satu-satunya pembalap perempuan di ajang tersebut. “Ternyata dia juga seorang penyanyi, musisi penyanyi yang baik di negaranya,” ujarnya.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Perbedaan Kelebihan Jaminan Untuk Meminjam Uang di Pegadaian
Cara Membuat Tulisan Unik di WhatsApp Tanpa Aplikasi dengan Mudah
7 Perusahaan Makanan Terbesar di Indonesia, Pimpin Industri!
Gandeng Garuda Indonesia, Allianz Utama Luncurkan Asuransi Perjalanan
Digitalisasi Pengelolaan Polis, FWD Luncurkan Aplikasi Omne
Apa Itu Starlink milik Elon Musk?