Inilah 10 Destinasi Wisata Dengan Pemandangan Indah di Indonesia

Indonesia punya kekayaan alam, budaya, dan nilai luar biasa.

Inilah 10 Destinasi Wisata Dengan Pemandangan Indah di Indonesia
Ilustrasi pemandangan indah di Bali/Dok. Alfiano Sutianto/Unsplash
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pariwisata termasuk sektor unggulan yang menjadi tumpuan bagi pendapatan negara Indonesia. Lumrah begitu karena Indonesia dianugerahi daerah tujuan wisata alam yang indah, budaya beragam, dan kearifan lokal khas.

Sejumlah keunggulan tersebut menjadikan negeri ini tergolong dalam daftar tujuan wisata favorit bagi para wisatawan dunia. Dari Sabang sampai Merauke, serta Miangas sampai Pulau Rote, berjajar kekayaan yang patut diunggulkan di ranah global.

Sektor pariwisata tidak hanya mendatangkan devisa bagi negara, tapi juga mengangkat kepopuleran Indonesia. Berikut beberapa tempat wisata di Indonesia yang punya pemandangan alam terindah dan jadi aset penting bagi negara dan penduduk Indonesia, dikutip Klook.

1. Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat. (Pixabay/Bart-ter-Haar)

Nama Raja Ampat sudah tidak diragukan lagi bagi wisatawan dunia. Daerah di timur Indonesia ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah, dan merupakan salah satu dari 10 tempat menyelam dan snorkeling terbaik dunia. Tempat ini menaungi sejumlah tempat, antara lain Pulau Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta. Keindahan tidak saja terhampar di atas permukaan air, tapi pula di kedalaman lautnya. 

2. Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur

Shutterstock/B_BEUM

Pulau ini terletak di Nusa Tenggara Timur dan menjadi pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Saat berkunjung ke tempat ini, Anda perlu mempersiapkan kekuatan fisik karena banyak aktivitas pendakian yang bisa dilakukan untuk menikmati perbukitannya. Dari atas bukit, Anda dapat melihat pemandangan pasir tersapu ombak pantai hingga cantiknya gugusan pulau lain.

3. Pantai Kelingking, Nusa Penida

Pantai Kelingking. (Pixabay/wpkomang)

Kelingking Beach punya pemandangan alam yang sangat ikonik, bahkan bisa dikatakan sebagai primadona Nusa Penida. Alasannya sederhana: pemandangan alam menakjubkan berupa tebing yang memiliki bentuk mirip seperti kepala T-Rex. Pantai kecil ini memiliki bentuk menyerupai jari kelingking manusia.

4. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Bunaken. (Pixabay/rolfvandewal)

Bunaken adalah salah satu taman laut pertama di Indonesia yang telah resmi berlaku sejak 1991. Keindahan yang ada di dalam laut ini seringkali mengundang decak kagum pengunjungnya. Pemandangan terbaiknya berupa terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah hingga 25-50 meter. Selain terumbu karang, ada juga puluhan jenis ikan yang memiliki corak tidak kalah indah. Taman Laut Bunaken juga menawarkan 20 titik penyelaman terbaik.

5. Taman Nasional Baluran, Banyuwangi

Taman Nasional Baluran. (Unsplash/Pandarekuwa)

Taman Nasional Baluran terdapat di Banyuwangi, Jawa Timur ,berupa suaka bagi hewan-hewan padang rumput seperti banteng, kerbau, rusa, monyet berekor panjang, dan burung-burung berekor panjang. Layaknya savana di Afrika, Baluran memberikan pesona yang cukup berbeda dari tempat wisata lain di Indonesia.

6. Goa Gong, Pacitan

Goa Gong. (Wikimedia Commons)

Tujuan wisata alam ini cukup mendunia. Goa Gong punya panorama eksotis yang disebut sebagai salah satu goa terindah di Asia Tenggara. Dalam Goa sepanjang 255 meter ini, kita akan disuguhkan pemandangan eksotis struktur stalaktit dan stalagmit yang terbentuk alami. Untung saja goa ini telah dilengkapi penerangan yang cukup dan sarana tangga yang memadai. Jadi, untuk menyusurinya tidak perlu mengeluarkan upaya berlebih.

7. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Salah satu area di Kepulauan Derawan. (Unsplash/Bayu Anggoro)

Berbeda dengan Bali, Kepulauan Derawan yang ada di Kabupaten Berau ini sering disebut sebagai Maladewa dari Indonesia. Kepulauan ini memiliki empat pulau utama yang terkenal, yakni Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban. Masing-masing pulau memiliki keunikan, dan semuanya memiliki keindahan alam luar biasa. Aktivitas wisata yang bisa dilakukan, antara lain bermalam di penginapan apung, berenang bersama ubur-ubur, bertualang di Gua Haji Mangku, menyelam di gua bawah laut, berenang bersama ikan pari raksasa, dan menikmati kuliner khas Derawan.

8. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tana Toraja. (Unsplash/Marc St)

Tana Toraja adalah salah satu wisata budaya unggulan di Indonesia yang terletak di dataran tinggi Sulawesi Selatan. Tempat ini sangat terkenal karena ritual dan upacara adat kematian, serta penghormatan terhadap nenek moyang. Tana Toraja menyimpan keindahan alam berupa bukit-bukit batu terjal yang dijadikan sebagai kuburan.

9. Geopark Ciletuh, Sukabumi

Geopark Ciletuh. (Pixabay/iqbalnuril)

Geopark Ciletuh pernah diumumkan sebagai Global Geoparks oleh UNESCO. Banyak pemandangan alam yang bisa Anda nikmati di geopark ini, mulai dari pantai, air terjun, hingga titik-titik foto terbaik di dalamnya. Selain itu, ada obyek wisata menarik yang sangat populer, seperti Bukit Panenjoan, Curug Cimarinjung, Curug Sodong, Puncak Darma, Vihara Dewi Kwan Im, Sungai Citarik, atau Kampung Kasepuhan Sinar Resmi.

10. Desa Pinggan, Bali

Desa Pinggan. (Unsplash/Koes nadi)

Bali juga memiliki wisata budaya berupa desa yang terletak di Kecamatan Kintamani yang jarang diulas. Desa Pinggan merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit. Jika menonton Desa Pinggan dari atas bukit yang hawanya cukup sejuk, kita seolah-olah melihat kampung mengapung di awan.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakan
GoTo Lepas GoTo Logistics, Bagaimana Nasib GoSend?
BTPN Syariah Bukukan Laba Rp264 miliar di Kuartal I-2024
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia
Bisnis Otomotif dan Alat Berat Lesu, Laba Bersih Astra Turun 14,3%