Tren Baru Menikmati Liburan, Berikut Serba-serbi Campervan

Campervan cocok bagi mereka yang suka petualangan.

Tren Baru Menikmati Liburan, Berikut Serba-serbi Campervan
Berlibur dengan Campervan. (Pixabay/MemoryCatcher)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Liburan akhir tahun hampir tiba. Pilihan aktivitas liburan pun banyak tersedia untuk mengisi kehangatan bersama keluarga. Salah satu cara liburan yang populer dan jadi peluang baru di sektor bisnis pariwisata adalah campervan.

Menukil Camper Faqs, campervan adalah kendaraan yang biasa digunakan untuk transportasi sekaligus akomodasi. Biasanya disesuaikan untuk berbagai kegiatan terbatas yang dilakukan oleh para penggunanya, seperti masak, makan, hingga tidur. Campervan sendiri ditujukan untuk aktifitas outdoor yang berkenaan dengan alam. Sederhananya, Campervan adalah mobil yang dirancang dan digunakan untuk berkemah.

Untuk masyarakat di negara-negara seperti Australia, New Zealand, atau Amerika Serikat, Campervan adalah hal yang biasa, bahkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup nomaden yang mulai populer beberapa waktu belakangan. Namun, selain banyak orang yang ingin membeli campervan, beberapa juga menyewakannya bagi konsumen yang hanya menginginkan sensasi liburan sesaat.

Di Indonesia, pilihan menghabiskan waktu liburan dengan campervan baru saja jadi tren. Kini terdapat banyak operator yang menyediakan jasa ini, serikut paket wisata ke lokasi-lokasi menarik bernuansa alam, mulai hutan, danau, hingga pantai. Harganya pun beragam, mulai dari Rp700 ribu sampai jutaan rupiah, tergantung fasilitas yang kita akan dapatkan.

Perbedaan dengan caravan

Caravan. (Pixabay/TitusStaunton)

Berbeda dengan caravan, Campervan adalah mobil yang dirancang menyerupai tenda atau rumah kecil. Bahkan, tempat tidur atau tenda tambahan bisa diterapkan terpisah dengan mobil. Campervan juga bisa dibuat tidak permanen, sehingga tetap bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Sementara,  caravan bentuknya bisa menyerupai rumah yang dirancang bisa berpindah dan memiliki roda. Biasanya, caravan adalah bagian terpisah dan harus ditarik oleh mobil. Caravan dirancang senyaman rumah, dengan kelengkapan muali kamar, tempat tidur, kamar mandi, bahkan dapur dan ruang tamu.

Kelebihan campervan

Campervan. (Pixabay/campingbil)

Gaya hidup nomaden yang menyatu dengan alam adalah salah satu yang bayak diimpikan orang-orang, mengingat penatnya kesibukan di perkotaan. Namun, karena tidak bisa meninggalkan kehidupan dan pekerjaan, maka gaya hidup ini akhirnya hanya dinikmati sesaat dan dicari sensasinya saja, salah satunya dengan menyewa campervan.

Tak seperti mobil biasa, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sebuah campervan:

  1. Menemukan tempat indah dan bisa berhenti dimana saja
    Salah satu kelebihan jika kamu berwisata menggunakan campervan adalah bisa menemukan tempat-tempat yang indah selama perjalanan. Kamu juga bebas berkemah dimana saja karena jenis kendaraan ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.
  2. Menjamin privasi dan menghindari kerumunan
    Dengan campervan, kita akan bisa lebih aman dan tidak harus berada di kerumunan. Hal ini dikarenakan campervan adalah mobil yang menyerupai rumah atau tenda. Kita tidak perlu mendatangi tempat umum yang banyak orang namun bisa berwisata dimana saja sesuai keinginan.
  3. Tak perlu repot membawa barang bawaan
    Saat berkemah atau melakukan pendakian, seorang petualang membawa banyak perlengkapan di tasnya. Namun, hal ini akan lebih mudah dengan campervan, karena semua kebutuhan selama petualangan bida disimpan di mobil ini dan tidak perlu berat-berat untuk membawanya.
  4. Sensasi berkendara
    Melakukan perjalanan wisata menggunakan campervan bisa memberikan suasana dan sensasi baru yang seru dan menyenangkan. Selain menikmati perjalanan yang nyaman dengan beragam fasilitas lengkap, kita juga bisa mengeksplor berbagai tempat baru selama perjalanan.

Rekomendasi mobil untuk campervan

VW Combi. (Pixabay/peagreenbean)

Tidak semua mobil cocok untuk dijadikan campervan, karena dimensi mobil yang luas lebih cocok untuk dijadikan campervan. Melansir Qoala.com, beberapa mobil yang cocok untuk dijadikan campervan, antara lain:

  1. Toyota Hiace: Kelebihan mobil ini adalah kabin yang luas untuk diisi dengan berbagai fasilitas campervan.
  2. Daihatsu Gran Max: Kabin mobil ini luas dan dari harganya juga raltif lebih terjangkau dari pilihan mobil lainnya.
  3. Hyundai H1: Mobil bertipe big MPV ini memiliki kabin yang cukup luas sehingga sangat cocok untuk disulap menjadi campervan dengan fasilitas yang lengkap.
  4. VW Combi: Salah satu mobil legendaris yang terbukti banyak digunakan sebagai campervan.
  5. Ford Ranger: Ford ranger 4×4 memiliki pintu di bagian samping dengan kabin yang sangat luas, bahkan tanpa modifikasi sekalipun mobil ini sudah bisa digunakan sebagai campervan.

Hal penting saat liburan dengan campervan

Area untuk memarkir campervan. (Pixabay/communication-76)

Untuk melengkapi liburan ala campervan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Pastikan kebenaran informasi
    Hal ini penting, mengingat kita akan berada dalam perjalanan yang membutuhkan ketepatan demi kenyamanan bersama. Informasi yang benar tidak hanya dilakukan saat pencari operator penyedia jasa campervan, namun juga terkait harga, dan lokasi yang akan dituju selama berlibur.
  2. Pengemasan yang praktis
    Campervan sudah menawarkan kepraktisan dan gaya hidup minimalis, oleh sebab itu penyesuaian pun perlu kita lakukan. Karena ruangannya yang tak terlalu besar, maka sebaiknya tak perlu membawa banyak barang seperti baju atau sepatu saat wisata campervan.
  3. Perhatikan medan dan cuaca
    Berada di alam memang menyenangkan, namun juga bisa membawa kita ke dalam masalah yang tidak menyenangkan. Informasi cuaca sangat penting kita ketahui sebelum melakukan aktivitas luar ruangan. Selain itu, kondisi medan yang aman juga perlu dipastikan, demi kenyamanan liburan.
  4. Bersikap mandiri
    Layaknya sedang berkemah tanpa kendaraan, wisata campervan juga membutuhkan sikap mandiri. Kita harus melakukan segala sesuatunya sendiri, mulai dari memasak hingga membuang kotoran.
  5. Selalu siap untuk bertenggang rasa
    Sama halnya dengan berbagi tugas, soal tenggang rasa terhadap penumpang lain juga tak boleh dilupakan. Misalnya jika membawa anak kecil, menepilah sejenak untuk bermain jika ia sudah merasa bosan dalam perjalanan; atau saat ada teman yang mabuk darat, sebaiknya jangan paksakan tetap menyetir dan memperburuk keadaan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diketahui seputar campervan. Dengan mengetahui ini, kita akan lebih siap untuk mengisi liburan seru dengan tren baru campervan di alam bebas.

Related Topics

CampervanLiburan

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Pialang Adalah: Pengertian, Tugas, dan Cara Kerjanya
Lima Anak Bernard Arnault Jadi Direksi, Penerus LVMH Diragukan
Daftar Produk Paling Laris Dibeli di Tokopedia dan Tiktok Saat Ramadan
Pelaku Usaha dan UMKM Kini Bisa Daftar Sertifikasi Halal Lewat Shopee
Peringatan Bank Dunia: Harga Minyak Global Bakal Naik ke US$100
Astra Otoparts Bagi Dividen Rp828 Miliar, Simak Jadwalnya