Jokowi: Tol Cisumdawu Akan Dukung Konektivitas Bandara Kertajati

Tol Cisumdawu dibangun dengan nilai Rp18,3 triliun.

Jokowi: Tol Cisumdawu Akan Dukung Konektivitas Bandara Kertajati
Peresmian Tol Cisumdawu. (Tangkapan layar)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) bisa mendukung konektivitas dan operasionalisasi Bandara Kertajati. Proyek senilai Rp18,3 triliun yang didanai pemerintah Rp9,07 triliun dan sisanya melalui KPBU swasta ini ditargetkan bisa mulai beroperasi penuh Oktober mendatang. 

Bandara Kertajati dan Tol Cisumdawu dikerjakan bersamaan sejak 2011 dan ditargetkan selesai dalam waktu yang bersamaan. “Karena urusan pembebasan lahan, Airport Kertajatinya selesai, tolnya belum selesai, sehingga ini mengganggu operasional Airport Kertajati,” ujarnya dalam peresmian Tol Cisumdawu, Selasa (11/7).

Dengan selesainya Tol Cisumdawu, maka Airport Kertajati siap beroperasi penuh pada  Oktober. Dengan dukungan Tol Cisumdawu, maka bandara Kertajati akan semakin mumpuni. “Dari Bandara Husein Sastranegara, akan digeser ke Kertajati, utamanya untuk pesawat bermesin jet,” katanya.

Sejumlah negara ajukan diri

Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka. (Dok. Kemenhub)

Hingga kini sejumlah negara telah mengajukan kerja sama dengan pemerintah dalam permodalan Bandara Kertajati, baik untuk operasional maupun peningkatan traffic penerbangan. “Saya hanya melihat, kalau negara lain berbondong-bondong ingin masuk, artinya di Kertajati ini ada sesuatu,” ujarnya.

Bandara Kertajati saat ini lebih banyak digunakan sebagai bandara embarkasi haji yang memberangkatkan 8.000 jemaah dari tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat. Bandara ini juga sudah melayani penerbangan umroh sampai empat kali seminggu serta penerbangan internasional dari Kuala Lumpur sebanyak dua kali seminggu.

Keunikan Cisumdawu

Jokowi meresmikan Tol Cisumdawu, Selasa (11/7). (Tangkapan layar)

Tol Cisumdawu yang memiliki panjang 61,6 kilometer ini melewati dua terowongan kembar sepanjang 472 meter. “Ini di seluruh Indonesia tidak ada jalan tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat,” katanya.

Dengan jarak ini,dari kota Bandung menuju Bandara Kertajati hanya ditempuh dalam waktu sekitar satu jam. Hal ini sudah dicoba langsung oleh jajaran pemerintahan, seperti Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. “Ini akan mempercepat perkembangan bandara Kertajati,” ujarnya.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Perbedaan Kelebihan Jaminan Untuk Meminjam Uang di Pegadaian
7 Perusahaan Makanan Terbesar di Indonesia, Pimpin Industri!
Perluas Basis Nasabah, Maybank Rilis Kartu Kredit Manchester United
Cara Membuat Tulisan Unik di WhatsApp Tanpa Aplikasi dengan Mudah
Gandeng Garuda Indonesia, Allianz Utama Luncurkan Asuransi Perjalanan
Jokowi Sebut Kekurangan Air Perlambat Pertumbuhan Ekonomi hingga 6%