Jokowi: Solidaritas Penanganan Covid-19 Diterapkan di Masalah Lain

Jokowi minta semua bersinergi seperti saat tangani Covid-19.

Jokowi: Solidaritas Penanganan Covid-19 Diterapkan di Masalah Lain
Presiden Jokowi dalam acara penyerahan penghargaan penanganan Covid-19, Senin (20/3). (Tangkapan layar)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kolaborasi solid dan solidaritas yang ditunjukkan bangsa Indonesia pada saat penanganan Covid-19 di Indonesia tetap dipertahankan, bahkan untuk menghadapi berbagai permasalahan bangsa lainnya.

Jokowi mengatakan, penanganan pandemi Covid-19 telah menunjukkan kekuatan besar Indonesia sebagai sebuah bangsa yang besar. Oleh sebab itu, kekuatan ini bukan hanya bisa digunakan untuk covid-19 saja, tapi juga penyakit lainnya.

"Misalnya, TBC, Stunting, peningkatan produksi pangan, penurunan angka kemiskinan. Kalau kita bekerja seperti saat menangani Covid-19, masalah-masalah besar seperti ini sangat cepat bisa terselesaikan,” ujar Jokowi dalam acara penyerahan penghargaan penanganan Covid-19, Senin (20/3).

Menurut Jokowi, saat tertekan sebuah masalah, seluruh komponen Bangsa Indonesia mampu untuk bekerja keras dan bersama-sama mencari berbagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut. “Mempertahankan seperti itu, agar terus-menerus, nggak ada henti, seperti apa. Ini yang kita butuhkan,” katanya.

Sinergi antarpihak

Acara penyerahan penghargaan penanganan Covid-19, Senin (20/3). (Tangkapan layar)

Jokowi berharap, keberhasilan penanganan Covid-19 bisa jadi modal besar untuk menciptakan sebuah kerja sama antarwarga negara Indonesia untuk bahu-membahu mencari solusi atas berbagai permasalahan besar lain yang sudah menghadang di masa depan.

Keberhasilan yang dicapai bangsa Indonesia dalam menghadapi Covid, menurutnya peran berbagai pihak yang rela berkorban, dari tenaga, waktu, hingga nyawa, untuk bisa bertahan di tengah gempuran pandemi yang tak kunjung usai. Beberapa di antara mereka bahkan ada yang bekerja di luar tugas dan fungsi sebenarnya.

“Kita harus bisa terus bergerak sinergis, mengerahkan seluruh komponen bangsa, sinergi pemerintah pusan sampai desa, lintas kementerian, lintas lembaga, lintas sektor, dan antarlembaga negara, pemerintah, BPK, DPR, dan lembaga lain, serta sinergi antara pemerintah dan partisipasi masyarakat. Ini harus diteruskan, jangan hanya berhenti di urusan Covid,” ujar Jokowi.

Penanganan yang sukses

Jokowi serahkan penghargaan penanganan Covid-19 kepada Pemerintah Daerah dan Lembaga, Senin (20/3). (Tangkapan layar(

Dibandingkan negara lain di dunia, Indonesia termasuk negara yang berhasil menangani Covid-19. “Di bulan Juni 2022, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adanom, menyampaikan bahwa penanganan Covid di Indonesia termasuk yang terbaik, dan cakupan vaksinasinya juga termasuk yang terbaik,” ujarnya.

Jokowi juga menyebutkan bahwa Universitas Johns Hopkins di Amerika Serikat, menyatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara terbaik yang mampu menurunkan kasus Covid-19.

“Karena jelas kita berhasil menekan angka penularan, kita berhasil juga menekan angka kematian, dan kita juga berhasil menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi, terbukti, tahun yang lalu tumbuh di angka 5,31 persen,” katanya.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

17 Film Termahal di Dunia, Memiliki Nilai yang Fantastis
Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
Bahlil: Apple Belum Tindak Lanjuti Investasi di Indonesia
Medco Rampungkan Divestasi Kepemilikan di Blok Ophir Vietnam
Rumah Tapak Diminati, Grup Lippo (LPCK) Raup Marketing Sales Rp325 M
Ada Modus Bobol Akun Bank via WhatsApp, Begini Cara Mitigasinya