Buka Perbatasan, Jokowi Tingkatkan Perdagangan RI-Papua Nugini

Kerja sama mencakup infrastruktur hingga pertahanan.

Buka Perbatasan, Jokowi Tingkatkan Perdagangan RI-Papua Nugini
Presiden Jokowi terima kunjungan resmi PM Papua Nugini James Marape, di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Kamis (31/3). (Dok. Setpres)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menyatakan bakal meningkatkan kerja sama perdagangan dengan Papua Nugini. Peningkatan kerja sama tersebut diharapkan mampu memberikan harapan dan optimisme terhadap pemulihan ekonomi kedua negara pascapandemi Covid-19.

Pada 2021, nilai perdagangan Indonesia dengan Papua Nugini naik 87 bila dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Saya percaya masih banyak peluang yang dapat ditingkatkan. Untuk itu Indonesia juga siap membuka kembali perbatasan dengan Papua Nugini untuk memulihkan perdagangan lintas batas dan denyut ekonomi masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan,” ujar Jokowi usai menerima menerima kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Papua Nugini, James Marape, beserta Ibu Negara dan delagasi lainnya, Kamis (31/3).

Penugasan empat Menteri dalam misi perdagangan dan investasi di PNG

Presiden Jokowi dan PM James Marappe dalam keterangan pers bersama menteri dan delegasi kedua negara di Istana Bogor, Kamis (31/3). (Tangkapan layar Youtube Setpres)

Jokowi juga menyembut baik peluncuran studi kelayakan untuk pembentukan menyampaikan pentingnya pembentukan perjanjian perdagangan preferensial antara Indonesia dan Papua Nugini.

“Saya juga berpandangan, pentingnya perjanjian investasi bilateral untuk memfasilitasi dan memberikan keamanan bagi investor kedua negara,” ucapnya.

Untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi kedua negara, Presiden menugaskan 4 menteri, yakni Menteri BUMN, Menteri PU, Menteri ESDM, dan Menteri Perdagangan, bersama delegasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin), serta pengusaha Indonesia, melaksanakan misi perdagangan dan investasi di Papua Nugini dalam waktu dekat.

Kerja sama penguatan ketahanan di bidang kesehatan

Presiden Jokowi terima kunjungan resmi PM Papua Nugini James Marape, di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Kamis (31/3). (Tangkapan Layar)

Kerja sama lain yang diharapkan dapat terwujud antara kedua negara adalah di bidang kesehatan.

Presiden Jokowi menyatakan Indonesia siap mendukung upaya Papua Nugini untuk memperkuat ketahanan kesehatan negaranya.

Hal ini, dilakukan melalui kemitraan antara otoritas obat dan makanan kedua negara. “Perusahaan farmasi Indonesia juga menunjukkan minat untuk masuk, memasarkan produknya di Pasar Papua Nugini.

Tindak lanjut kerja sama sektor lain

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, saat menyampaikan keterangan pers seusai pertemuan dengan PM dan delegasi Papua Nugini, Bogor, Kamis (31/3). (Tangkapan layar YouTube Setpres)

Kerja sama lain yang diharapkan terwujud antara Indonesia dan Papua Nugini, menurut Jokowi terkait penguatan konektivitas kedua negara di laut, darat, maupun udara.

“Saya berharap akan terbuka peluang bagi perusahaan-perusahaan konstruksi Indonesia untuk membangun sarana konektivitas dan infrastruktur di Papua Nugini,” katanya.

Kemudian, kerja sama di bidang pertahanan diharapkan akan semakin membuka kerja sama militer antar kedua negara. Hal ini termasuk potensi kerja sama yang berhubungan dengan industri pertahanan Indonesia.

Jokowi dan PM James Marappe pun turut menbahas kerja sama dengan negara-negara kepulauan di kawasan Pasifik Selatan. Ada pun bidang-bidang kerja sama mencakup pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim, energi terbarukan, kelautan, manajemen penanggulangan bencana.

PM James apresiasi berbagai kerja sama yang direncanakan

Perdana Menteri Papua Nugini, James Marappe, saat menyempaikan keterangan pers, Kamis (31/3). (Tangkapan Layar YouTube Setpres)

PM James Marappe mengapresiasi berbagai kerja sama yang direncanakan. Ia menantikan implementasi dan tindak lanjut atas kerja sama yang telah dibangun, pada level pemerintah maupun korporasi.

“Kami ingin meningkatkan lebih banyak pertukaran, terutama di tingkat komersial dan bisnis. Sudah sejak lama, selama ini hanya fokus pada masalah perbatasan, namun diskusi saya bersama Presiden akan ditingkatkan pada perdagangan, layanan public, hingga pendidikan,” kata James.

Dia pun menyambut baik undangan Indonesia kepada negara-negara Pasifik untuk ikut terlibat dalam KTT G20. “Kami berharap yang terbaik untuk Indonesia dalam memegang Presidensi G20 tahun ini. Kami juga berterima kasih Indonesia telah mengundang anggota Kepulauan Pasifik untuk ikut serta dalam KTT G20,” kata PM Marape dalam sambutannya.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Buka Rekening Bank Mandiri Online, Praktis dan Cepat!
4 Cara Download Video CapCut Tanpa Watermark Terbaru 2024
Cara Cek Sertifikat Tanah secara Online, Tak Usah Pergi ke BPN
Apa itu Monkey Business? Ini Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya
Memasuki 39 Tahun, MSIG Life Kenalkan Budaya Kerja Baru
Omnicom Media Group Angkat Rohan Mahajan Jadi COO–Layanan Media