Respons Masalah Gagal Ginjal Akut, Jokowi: Ini Masalah Besar

Rasio kematian akibat gagal ginjal akut mencapai 57,6%.

Respons Masalah Gagal Ginjal Akut, Jokowi: Ini Masalah Besar
Presiden Jokowi memimpin rapat terkait kasus gagal ginjal akut di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (24/10). (dok. Setkab)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons temuan kasus gagal ginjal akut yang banyak menyerang anak-anak beberapa waktu terakhir. Ia meminta masalah tersebut tak dianggap sepele dan memerlukan sejumlah tindakan. 

"Jangan menganggap ini masalah kecil. Ini adalah masalah besar,” katanya dalam rapat internal yang dihadiri sejumlah menteri di Istana Negara, Senin (25/10). 

Kasus ini diduga disebabkan oleh tingginya cemaran bahan pelarut di atas ambang batas yang ditetapkan, seperti propilen glikol, polietilen glikol, dan lain-lainnya. Berdasarkan data hingga 23 Oktober 2022, tercatat sudah 245 kasus gagal ginjal akut di 26 provinsi. 

Jokowi menginstruksikan Menteri Kesehatan untuk menghentikan sementara peredaran obat sirup yang diduga mengandung bahan kimia penyebab gagal ginjal, sembari menunggu investigasi lanjutan yang dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). “Lakukan ini secara terbuka, transparan, tapi juga hati-hati dan objektif,” katanya.

Tarik dari peredaran

Presiden Jokowi dalam rapat tentang kasus gagal ginjal akut di Istana Bogor, (24/10). (Tangkapan layar)

Jokowi juga menginstruksikan BPOM untuk segera menarik dan menghentikan peredaran obat yang terbukti mengandung bahan kimia penyebab gangguan ginjal tersebut. Ia juga menginginkan nama produk yang berbahaya bagi kesehatan tersebut diumumkan secara luas.

Ia juga minta Kementerian Kesehatan untuk mengeksplorasi dan memastikan berbagai penyebab kasus gagal ginjal. “Kita ini harus pastikan betul. Uji klinis harus dilakukan. Laboratorium seluler pada organ ginjal yang terdampak juga betul-betul dilihat betul, sehingga kita bisa memastikan apa yang menjadi penyebab dari gagal ginjal, terutama pada anak,” ucapnya.

Pengobatan gratis

ilustrasi obat sirup (freepik.com/user18526052)

Terakhir, mantan Walikota Solo ini juga menginstruksikan  jajarannya menyiapkan pelayanan kesehatan termasuk pengadaan obat-obatan yang dapat mengatasi dan menangani masalah gagal ginjal di tanah air.

“Saya minta diberikan pengobatan gratis kepada pasien-pasien yang dirawat. Saya kira ini penting sekali,” ujarnya.

Berdasarkan data Kemenkes dan BPOM per (24/10), dari 245 kasus gagal ginjal akut yang dilaporkan pada 26 Provinsi, terdapat 141 kematian. Dengan demikian, rasio kematian akibat penyakit ini mencapai 57,6 persen. Sekitar 80 persennya terjadi di DKI Jakarta, Jawa Barat, Aceh, Jawa Timur, Sumatera Barat, Bali, Banten, dan Sumatera Utara.

Langkah konservatif

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. (dok. Setkab)

Mengenai tingginya rasio kematian, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, meminta jajarannya untuk mengambil langkah konservatif dengan menerbitkan edaran yang meminta apotek untuk sementara tidak menjual obat bebas dan/atau bebas terbatas dalam bentuk cair/sirop kepada masyarakat.

“Sejak kita berhentikan, itu sudah kita amati penurunan yang drastis dari pasien baru masuk ke rumah sakit. Jadi kalau tadinya RSCM itu penuh, satu tempat tidur ICU anak itu bisa diisi dua atau tiga, sekarang penambahan barunya sejak kita larang itu turun drastis pasien barunya,” katanya. 

Ketersediaan obat

ilustrasi obat sirup (freepik.com/Gpointstudio)

Kemenkes akan mempercepat kedatangan obat Fomepizole untuk pasien gangguan ginjal akut. Dari 10 pasien, sebanyak 7 orang sudah pulih, sehingga obat ini telah terbukti berdampak positif pada pasien gangguan ginjal akut.

“Kami sudah menerima 20 vial dari Singapura, kami menunggu mungkin dari Australia akan masuk 16 lagi, either malam malam ini atau besok pagi. Kami sedang proses untuk beli dari Amerika, mereka punya stok enggak terlampau banyak di sana, kami juga sekarang sedang dalam proses untuk beli dari Jepang, stoknya sekitar 2.000-an,” katanya (24/10).

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

IDN Media Channels

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan