Jokowi: Tol Pekanbaru-Padang Tumbuhkan Daya Saing Produk di Riau

Keberadaan jalan tol akan persingkat waktu tempuh.

Jokowi: Tol Pekanbaru-Padang Tumbuhkan Daya Saing Produk di Riau
Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang, Seksi Pekanbaru-Bangkinang, Rabu (4/1). (dok. Setpres)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi), optimistis keberadaan infrastruktur Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang akan menumbuhkan daya saing produk-produk yang ada di Riau.

Jokowi berharap dengan keberadaan jalan tol yang ada ini, maka kecepatan mobilitas orang, barang, dan jasa semakin baik. Dengan demikian, daya saing produk-produk yang ada di provinsi Riau pun akan semakin tumbuh.

“Kita harapkan juga bisa menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, dan pada akhirnya nanti akan membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan pada masyarakat,” ujar Jokowi saat meresmikan Seksi Pekanbaru-Bangkinang, Rabu (4/1).

Terus menyambung

Presiden Jokowi saat memberikan keterangan kepada media usai meresmikan ruas tol Pekanbaru-Bangkinang, Rabu (4/1). (Tangkapan layar)

Jokowi mengatakan, jalan tol Pekanbaru-Dumai yang terlebih dahulu dioperasikan di Riau memiliki volume lalu lintas yang cukup tinggi, hingga di atas 8.000 kendaraan per hari. “Nanti akan disambungkan lingkar Pekanbaru, sehingga Dumai-Pekanbaru-Bangkinang akan sambung, terus ke arah Padang,” katanya.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan bahwa ruas Pekanbaru-Bangkinang terbentang sepanjang 30,9 km dan menghabiskan anggaran Rp4,8 triliun. Dengan adanya ruas baru ini, waktu tempuh Pekanbaru-Bangkinang yang biasa ditempuh dalam waktu 1,5 jam, kini bisa dicapai hanya dalam 23 menit.

Ekonomi menggeliat

Kunjungan Jokowi ke Pasar Bawah, Pekanbaru, Riau. Rabu (4/1). (dok. Setpres)

Presiden juga menyempatkan meninjau Pasar Bawah di Kota Pekanbaru Riau untuk menyapa para pedagang, membagikan bantuan sosial, sekaligus melihat langsung geliat ekonomi yang ada di sana. Jokowi ingin memastikan optimisme para pedagang dapat terus terjaga dan meningkat tahun ini.

Jokowi mengungkapkan, omzet para pedagang pada 2022 lebih baik dari tahun sebelumnya. Para pedagang pun berharap pencabutan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dapat lebih meningkatkan omzet mereka.

“Setelah PPKM dicabut para pedagang berharap omzetnya lebih baik, artinya di tahun 2023 semuanya berharap dan optimisme lebih baik dari tahun 2022,” ujarnya.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M