Jokowi Ungkap Tiga Agenda Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023

ASEAN Matters, Epicentrum of Growth.

Jokowi Ungkap Tiga Agenda Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023
Presiden Jokowi dalam Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Minggu (29/1). (dok. Setpres)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, Indonesia akan mengusung tiga agenda penting dalam keketuaan ASEAN 2023 ini.

“Yang pertama ASEAN harus relevan terhadap kepentingan-kepentingan rakyat, juga kawasan, dan juga dunia. Yang kedua, stabilitas dan perdamaian di Indo-Pasifik, ASEAN harus berkontribusi besar. Dan, yang ketiga, ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi,” kata Presiden usai Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Minggu (29/1).

Sebagai Ketua ASEAN, Indonesia harus menumbuhkan optimisme, terutama di kawasan, meskipun situasi global tidak mendukung, situasi dunia masih belum pasti, geopolitik, krisis ekonomi, krisis pangan dan krisis energi. 

Komitmen

Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Minggu (29/1). (dok. Kemlu)

Presiden mengatakan bahwa melalui pengalaman presidensi G20, keketuaan Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan kontribusi ASEAN, baik dalam bidang perdamaian maupun pertumbuhan ekonomi.

“ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik. Bahwa ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan ASEAN Matters, Epicentrum of Growth,” katanya.

Dua elemen utama

Menlu Retno LP Marsudi di acara Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Minggu (29/1). (Dok. Kemlu)

Pada kesempatan terpisah, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menyampaikan keketuaan Indonesia dalam ASEAN 2023 memiliki dua elemen besar, yakni ASEAN Matters dan Epicentrum of Growth. Dua hal ini terangkum dalam satu tema besar keketuaan ASEAN yang diemban Indonesia pada 2023 ini.

ASEAN Matters, kata Retno, menggambarkan bahwa Indonesia tetap menjadikan ASEAN itu relevan dan penting. Bukan saja bagi Indonesia atau masyarakat ASEAN, namun juga bagi negara-negara lain di luar ASEAN. Selain itu, Presiden juga menginginkan ASEAN adalah sebuah aset yang kerap mengalami pertumbuhan ekonomi lebih dari negara-negara lain di luar kawasan.

“Kita ingin menjadikan ASEAN memegang peran yang sangat penting, menjadi lokomotif untuk menggerakkan agar Indo-Pasifik tetap menjadi kawasan yang damai dan stabil,” kata Menlu. “Akan terus kita tingkatkan agar Asia Tenggara, ASEAN dapat menjadi epicentrum of growth atau pusat pertumbuhan ekonomi.”

Soal Myanmar

Jalan santai dalam rangkaian acara Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Minggu (29/1). (dok. Setpres)

Terkait situasi Myanmar yang masih bergumul dengan masalah internal politik dalam negerinya, Retno menyampaikan bahwa ASEAN bisa membantu melalu penerapan five point consensus. “Sejarah Myanmar sangat kompleks, tapi kita sebagai keluarga kita siap bantu,” ujarnya. “Yang dapat menolong Myanmar itu adalah bangsa Myanmar sendiri.”

Namun sayangnya, kata Menlu, Myanmar belum mengimplementasikan lima poin ini. “Sampai saat ini masih belum ada kemajuan signifikan. Kita akan berusaha terus, mencoba mengajak semua pihak yang ada di Myanmar untuk mengimplementasikan poin konsensus," katanya.

Meski demikian, prioritas dari keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023 diharapkan dapat mempercepat pembangunan komunitas ASEAN demi kepentingan rakyat ASEAN untuk terus maju. Indonesia tidak ingin isu Myanmar menyandera semua proses lain yang sedang berjalan di ASEAN.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia
Laba PTRO Q1-2024 Amblas 94,4% Jadi US$163 Ribu, Ini Penyebabnya
Waspada IHSG Balik Arah ke Zona Merah Pascalibur
Laba Q1-2024 PTBA Menyusut 31,9 Persen Menjadi Rp790,9 Miliar
Laba Q1-2024 Antam Tergerus 85,66 Persen Menjadi Rp238,37 Miliar