Kemendag Dorong Pembahasan 6 Isu Prioritas Ekonomi Global di TIIWG G20

Ministerial Statement G20 mencari solusi tantangan global

Kemendag Dorong Pembahasan 6 Isu Prioritas Ekonomi Global di TIIWG G20
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong pertemuan ketiga Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) G20 fokus  membahas pada enam isu prioritas ekonomi global. Pencapaian Ministerial Statement G20 berperan mencari solusi untuk mengatasi tantangan ekonomi global.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono, mengatakan, enam isu prioritas tersebut adalah reformasi World Trade Organization (WTO) dan peran sistem  perdagangan multilateral untuk memperkuat pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Selain itu, respons perdagangan, investasi, dan industri terhadap pandemi dan arsitektur kesehatan global; perdagangan digital dan rantai nilai global yang berkelanjutan; investasi berkelanjutan untuk pemulihan ekonomi global; serta industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan melalui industri 4.0.

Keenam isu prioritas ini terangkum dalam agenda utama pertemuan, yaitu sesi penyusunan Ministerial Statement G20 tentang perdagangan, investasi, dan industri. “Kami berharap seluruh delegasi G20 dapat berkontribusi aktif dalam  membahas  enam  isu  prioritas  untuk  mempercepat  pemulihan  ekonomi  dan  mengatasi tantangan ekonomi global,” ujarnya seperti dikutip dari laman Kemendag, Selasa (20/9).

Mempertimbangkan masukan anggota

Ilustrasi resesi ekonomi global. (Pixabay/Elchinator)

Presidensi G20 TIIWG akan mempertimbangkan semua  pandangan dan masukan dari seluruh negara G20 secara berimbang dan fokus pada kesamaan pandangan dalam seluruh agenda prioritas.

Pihaknya akan memfokuskan diskusi pada isu-isu substansial yang terkait enam isu prioritas dan menjaga isu-isu lain yang dapat menyebabkan kontroversi di akhir diskusi. 

"Kami juga menekankan penting bagi para delegasi untuk mengemukakan alasan terkait rekomendasi perubahan substantif yang nanti akan disampaikan,” ujar Djatmiko.

Apresiasi TIIWG

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. Shutterstock/Romolo Tavani

Djatmiko juga menyampaikan apresiasi pada kontribusi dan partisipasi seluruh delegasi pada pertemuan TIIWG pertama dan kedua, yang sebelumnya diadakan pada Maret dan Juli lalu. Seluruh fokus pertemuan TIIWG ini diyakini dapat menghasilkan solusi bagi negara-negara G20 dalam menghadapi tantangan perekonomian global.

“Kami percaya  hasil  diskusi  TIIWG  dapat  memberikan  kontribusi  pada  pemulihan  ekonomi  yang  kuat, tangguh,inklusif,  dan   berkelanjutan,  serta  turut  menyukseskan  pelaksanaan  Presidensi  G20 Indonesia,” kata Djatmiko.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen