Kemenhub Buka Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022

Posko ini himpun data pergerakan transportasi Lebaran 2022.

Kemenhub Buka Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022
Petugas memeriksa pembatas jalan untuk kendaraan yang melaju di ruas jalan Tol saat uji coba ganjil genap di Tol Jakarta - Cikampek Karawang, Jawa Barat, Senin (25/4). (ANTARAFOTO/Ibnu Chazar)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka sejumlah Posko Pusat angkutan lebaran terpadu di seluruh wilayah Indonesia pada masa mudik Lebaran 2022. 

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan posko ini akan menghimpun data pergerakan transportasi umum dan penumpang, seiring animo masyarakat yang cukup tinggi pada Lebaran tahun ini.

“Masyarakat dapat lebih merencanakan perjalanannya dan bisa melakukan mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan di hari puncak mudik” ujar Budi Karya dikutip dari laman resmi Kemenhub, Selasa (26/4).

Menurut Menhub, bertempat di Kantor Kemenhub dan beroperasi mulai 25 April-10 Mei 2022. Dalam Posko ini, Kemenhub berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait, seperti Korlantas Polri, BMKG, KNKT, Basarnas, Pelni, Angakasa Pura, ASDP Indonesia Ferry, Jasa Marga, Pertamina, KAI, RAPI, hingga ORARI.

Pergerakan penumpang meningkat

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam acara peresmian Bandara Trunojoyo, Rabu (20/4). (Tangkapan layar YouTube Setpres)

Menteri Budi Karya menyampaikan bahwa terdapat peningkatan pergerakan penumpang di berbagai wilayah, menjelang Lebaran. Kondisi ini terjadi, hampir di semua moda transportasi angkutan Lebaran, di Jawa, Bali, Surabaya, Merak, dan lainnya.

“Di kereta api sampai saat ini sudah 1,5 juta penumpang dari total 8 juta yang diprediksi mudik menggunakan kereta api. Ini yang memang kita harapkan yaitu masyarakat untuk mudik lebih awal,” ujar Budi Karya.

Antisipasi animo tinggi mudik lebaran

Calon penumpang menunggu kedatangan keretanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (7/4). (ANTARAFOTO/Sigid Kurniawan)

Untuk mengantisipasi tingginya animo masyarakat ini, pihaknya sudah melakukan simulasi penerapan rekayasa lalu lintas sejak jauh hari. Hal ini dilakukan agar petugas juga siap menjalani berbagai penerapan rekayasa, seperti contra flow, one way, ganjil genap, dan pembatasan truk sumbu 3.

“Kepada para petugas posko, agar dapat memanfaatkan posko ini untuk mengkoordinasikan dengan baik data-data pergerakan yang dapat menjadi informasi yang berguna untuk melayani masyarakat, dalam rangka mewujudkan mudik yang aman dan sehat,” ujar Budi Karya.

Pemantauan pergerakan penumpang

Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022. (dok. Kemenhub)

Dengan adanya posko ini, pergerakan penumpang terpantau di banyak simpul transportasi mencakup 58 terminal, 16 pelabuhan penyeberangan, 50 bandara, 51 pelabuhan, 9 daerah operasi kereta api, dan 4 dibisi regional kereta api. Pergerakan di jalan tol dan non-tol pun padat terpantau melalui CCTV di posko ini.

Untuk mengoptimalkan pemantauan ini, Kemenhub juga telah bekerja sama dengan perusahaan teknologi google, terkait penggunaan informasi di google maps. Sehingga saling melengkapi. 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M