Live Streaming jadi Cara Baru Jualan dan Promosi Bisnis

Live streaming memberikan keuntungan pada bisnis.

Live Streaming jadi Cara Baru Jualan dan Promosi Bisnis
Sesi pertama di stage Trifecta, Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022, Kamis (29/9). (IDN Media/Riyo Medsos)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perkembangan teknologi membuat dunia makin tak berbatas. Live streaming merupkana cara baru menjangkau audience yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang bisnis sekaligus promosi produk baru di era ini.

Live streaming adalah platform yang bisa dimanfaatkan untuk membuka peluang bisnis secara makro ekonomi, tanpa batasan,” ujar Head of Live Streaming Lazada Indonesia, Ogie Baringbing, di Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022, Kamis (29/9).

Dari sisi e-commerce ada dua akselerator perkembangan teknologi live streaming saat ini, yakni kemajuan teknologi yang membuat semakin banyak platform hadir dengan fitur yang beragam, dan kebutuhan orang yang harus terpenuhi sekalipun dalam situasi yang tak baik, seperti pandemi.

“Karena ada kebutuhan, jadinya orang masih bisa menikmati hidupnya dengan berbelanja walaupun dalam situasi terkurung. Akhirnya, untuk memenuhi kebutuhan, orang mau nggak mau harus melek live streaming,” katanya.

Engagement dengan audiens

Sesi pertama di stage Trifecta, Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022, Kamis (29/9). (IDN Media/Riyo Medsos)

Senada dengan Ogi, salah satu Content Creator & Streamer di IDN Live, Bangpen, mengatakan teknologi memudahkan para kreator konten dalam mencari engagement dengan audiensnya. “Mencari engagement itu tidak sulit sekarang, yang penting adalah nilai branding dan kenyamanan penonton saat melihat konten kalian," ujarnya.

Menurutnya, nilai adalah sesuatu yang penting untuk diperhatikan oleh para kreator konten. Selain itu, kedekatan konten dengan gaya hidup audiens akan menentukan daya tarik materi yang ditawarkan konten tersebut. Hal ini pun akan berdampak pada self-branding dari sang kreator, yang lebih ‘mengikat’ daripada isi konten itu sendiri.

Penghubung antarmasyarakat

Sesi pertama di stage Trifecta, Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022, Kamis (29/9). (IDN Media)

CEO dari platform Noice, Rado Ardian, menyatakan platform live streaming semakin luas dan berkembang. Tak hanya menjadi saluran penyiaran, tapi jadi penghubung antarmasyarakat dengan berbagai topik aktual seputar kehidupan, mulai dari yang ringan seperti aktivitas kehidupan sehari-hari, sampai pandangan politik atau opini atas peristiwa nasional yang terjadi.

Menurut Rado, ada dua keunikan yang dimiliki oleh platform live streaming. “Keunikannya itu, pertama ketika konten yang dibawakan benar-benar memiliki value yang tinggi, maka livestream sangat berguna untuk itu. Kedua, di mana livestream ini bisa mengubah sesuatu yang tidak ada menjadi nyata,” katanya.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Saat Harga Turun, Edwin Soeryadjaya Borong Saham SRTG Lagi
Lampaui Ekspektasi, Pendapatan Coinbase Naik Hingga US$1,6 Miliar
Mengenal Apa Itu UMA pada Saham dan Cara Menghadapinya