Menparekraf: Uji Coba Tarif Baru TNK Dimulai Sebelum 1 Januari 2023

Komunikasi dengan berbagai pihak di TNK harus dikedepankan.

Menparekraf: Uji Coba Tarif Baru TNK Dimulai Sebelum 1 Januari 2023
Shutterstock/Nico Wijaya
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menagtakan uji coba  tiket masuk Taman Nasional Komodo (TNK) akan dimulai sebelum 1 Januari 2023. Hal ini dilakukan untuk sosialisasi dan memberi kesempatan bagi stakeholder mencoba sistem baru ini.

"Ini nanti akan kita siapkan, tinggal diumumkan periode uji cobanya sebelum 1 Januari 2023,” ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (15/8).

Menurutnya, saat ini pelaku usaha sudah satu suara mendukung pemberlakuan biaya kontribusi konservasi TNK, demi meningkatkan kualitas dan keberlanjutan di sektor pariwisata, khususnya yang berorientasi pada kekayaan alam dan kelestarian makhluk hidup. 

Pentingnya upaya komunikasi antarpihak

Menparekraf, Sandiaga S. Uno, dalam Weekly Press Briefing, Senin (15/8). (Tangkapan layar).

Sandiaga mendorong komunikasi dan sosialisasi tarif baru. “Kami akan buka peluang untuk dialog dengan para pelaku pariwisata, kita akan mencatat, menampung, dan semua keluhan dan masukan, agar nanti transisi menuju tarif baru bisa berlangsung mulus,” katanya.

Kemenparekraf akan terus mengupayakan solusi terbaik dan perbaikan sistem, supaya konservasi dan pemulihan ekonomi di TNK bisa dilakukan secara beriringan. Semula, tarif baru ini berlaku 1 Agustus lalu sebesar Rp3,75 juta per orang per tahun. Namun, karena ramai penolakkan, kebijakan itupun ditangguhkan sementara dan akan kembali diberlakukan pada awal 2023.

Situasi di Labuan Bajo dan TNK sudah kondusif

Zona C Kawasan Waterfornt City Labuan Bajo. (Dok. Kemenparekraf)

Sebelumnya, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu, menyampaikan bahwa saat ini situasi kegiatan pariwisata dan perekonomian di Labuan Bajo, termasuk wilayah TNK sudah kembali kondusif. 

Para pelaku usaha pariwisata sempat melakukan unjuk rasa dengan mogok kerja, dalam rangka memprotes penerapan tarif konservasi yang dirasa terlalu mahal dan tak masuk akal.

“Kemenparekraf dan stakeholder terkait juga akan menyusun mekanisme dan pengawasan pelaksanaan komunikasi publik, sehingga meminimalisir miskomunikasi di media dan masyarakat,” kata Vinsensius.

Kini, harga tarif masuk TNK kembali mengacu pada PP Nomor 12 Tahun 2014, tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian kehutanan. Adapun besaran tarifnya kini adalah sekitar Rp150 ribu per kunjungan.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia
Laba PTRO Q1-2024 Amblas 94,4% Jadi US$163 Ribu, Ini Penyebabnya
Waspada IHSG Balik Arah ke Zona Merah Pascalibur
Laba Q1-2024 PTBA Menyusut 31,9 Persen Menjadi Rp790,9 Miliar
Laba Q1-2024 Antam Tergerus 85,66 Persen Menjadi Rp238,37 Miliar