Pemerintah Sediakan Layanan Mudik Gratis, Cek Ketentuannya

Kemenhub menyediakan 350 bus gratis untuk 10.500 pemudik.

Pemerintah Sediakan Layanan Mudik Gratis, Cek Ketentuannya
Menhub Budi Karya Sumadi mendampingi Menko PMK, Muhadjir Effendy, melakukan inspeksi angkutan Lebaran 2022. (dok. Kemenhub)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah akan menyelenggarakan program mudik gratis dengan kereta api dan bus. Selain itu, ada pula angkutan truk untuk membawa sepeda motor secara gratis.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menyarankan agar layanan angkut kendaraan disediakan dalam gerbong khusus kreta api.

“Sehingga nanti mengurangi kepadatan di jalan raya terutama yang berkendara sepeda motor, karena banyak kecelakaan pada masa mudik melibatkan sepeda motor,” ujarnya seperti dikutip dari laman Kemenhub, Jumat (8/4).

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menambahkan layanan angkut sepeda motor dengan kereta api akan diberikan gratis. “Hanya orangnya saja yang bayar tiket kereta,” ucapnya. “Kalau bus ada kita sediakan untuk penumpangnya gratis, dan kendaraan truk untuk motornya juga.”

Ditjen Perkeretaapian dan PT KAI diminta lakukan persiapan

Menhub saat melakukan inspeksi uji coba pengoperasian jalur ganda kereta api Stasiun Paledang Bogor–Stasiun Cicurug Sukabumi pada Minggu (3/4). (dok. Kemenhub)

Menhub meminta Ditjen Perkeretaapian dan PT KAI mempersiapkan layanan angkutan dengan baik. Terlebih diprediksi akan ada 8 jutaan penumpang pada musim mudik tahun ini.

“Seperti rampcheck, inspeksi jalur, membuat posko-posko, menambah perjalanan dan meningkatkan SDM. Hal itu merupakamn upaya yang baik dan Insya Allah kita bisa mengawal itu," kata Menhub.

Layanan kesehatan di sejumlah lokasi

Warga mengantre untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga Covid-19 atau booster di Mall Botania Dua, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (24/3). (ANTARAFOTO/Teguh)

Tidak hanya transportasi mudik gratis, Direktur Jenderal Hubdat, Budi Setiyadi, mengatakan bahwa Kemenhub bersama instansi lain akan memberikan layanan kesehatan di sejumlah lokasi, seperti bandara, stasiun, terminal, rest area jalan tol, dan jembatan timbang.

“Pelayanan tidak hanya untuk kelancaran lalu lintas saja, tetapi pelayanan kesehatan, termasuk booster,” kata Dirjen Budi dalam konferensi pers daring, Jumat (8/4)

Juru bicara Kemenhub, Adita Irawati, yang menyebutkan bahwa layanan ini ditujukan bagi masyarakat yang belum memenuhi syarat mudik vaksin booster. “Kita tidak akan mengecek satu-persatu, kalau ada yang membutuhkan vaksin, akan dilayani, tetapi dalam jumlah terbatas,” ujarnya.

Perincian program bus mudik gratis

Petugas kesehatan melakukan skrining kepada warga dan penumpang bus yang akan disuntikkan vaksin COVID-19 dosis ketiga saat vaksinasi presisi serentak di Terminal Mengwi, Badung, Bali, Selasa (22/2/2022). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/foc.

Terkait bus mudik gratis, Sekretaris Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Marta Hardisarwono, mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 350 bus yang diperkirakan akan menampung hingga 10.500 penumpang.

Sedangkan truk pengangkut sepeda motor disiapkan sebanyak 34 unit dan mampu mengangkut 1.200 motor. “Perinciannya, 270 bus untuk mudik 8.500 penumpang dan 80 bus untuk arus balik 2.400 penumpang,” katanya seperti dikutip dari Antara, Kamis (7/4).

Dirjen Hubdat juga akan melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan perusahaan besar terkait penyediaan armada mudik gratis. “Kalau dulu ada PT Air Mancur untuk tukang jamu pulang. Seperti Honda, dulu menyediakan bus untuk mudik gratis,” tuturnya.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra Otoparts Bagi Dividen Rp828 Miliar, Simak Jadwalnya
IKN Menjadi Target Inovasi yang Seksi bagi Investor Luar Negeri
Pemerintah Sudah Tarik Utang Rp104,7 Triliun Hingga 31 Maret 2024
Museum Benteng Vredeburg Lakukan Revitalisasi Senilai Rp50 Miliar
Pemerintah Realisasikan Rp220 T Untuk 4 Anggaran Prioritas di Q1 2024
ERAL Kolaborasi dengan DJI dan Fujifilm di Kampanye Motion Creativity