Perhelatan Olahraga yang Mendapat Perhatian Besar Masyarakat Dunia

Olimpiade musim dingin adalah satu diantaranya.

Perhelatan Olahraga yang Mendapat Perhatian Besar Masyarakat Dunia
Olimpiade Musim Dingin. (Pixabay/Stux)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Inggris, melakukan boikot diplomatik pada Olimpiade Musim Dingin yang akan digelar di Beijing, Cina, pada Februari 2022. Gelaran acara ini adalah Olimpiade kedua yang diadakan selama pandemi setelah Olimpiade Musim Panas di Tokyo, Jepang, pada Juli. Boikot ini dilakukan sebagai upaya memprotes pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Cina.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengatakan bahwa pihaknya sangat prihatin dengan pelanggaran hak asasi manusia yang berulang kali dilakukan oleh pemerintah Cina. “Mereka seharusnya tidak terkejut kami tidak akan mengirim perwakilan diplomatik,” ujarnya seperti dilansir dari AP News (9/11).

Kelompok-kelompok hak asasi manusia telah menyerukan boikot besar-besaran terhadap Olimpiade Musim Dingin Beijing, karena pelanggaran hak asasi manusia Cina terhadap minoritas Uyghur di provinsi Xinjiang barat laut. Mereka juga menunjuk pada penindasan Beijing pada protes demokratis di Hong Kong dan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat di wilayah semi-otonom.

Sebuah perhelatan akbar olahraga tingkat dunia jelas memiliki peran yang sangat penting dalam hubungan antar negara, Bahkan, tidak jarang, gelaran ini mempengaruhi dan dipengaruhi oleh berbagai bidang lain, seperti ekonomi, politik, hingga sosial, dan budaya.

Selain Olimpiade, berikut ini adalah perhelatan akbar olahraga lainnya yang mendapat perhatian besar masyarakat dunia dan paling banyak ditonton. Ulasan ini merujuk pada situs roadtrips.com.

1. Tour de France – 3,5 miliar penonton

Sejak 1903, Tour de France menjadi salah satu acara terbesar di dunia olahraga yang ditonton oleh sekitar 3,5 miliar pemirsa setiap tahunnya. Acara unggulan ini menampilkan olahraga bersepeda pada musim panas di Prancis.

Dengan jalur pegunungan yang berkelok-kelok dan pemandangan yang indah, perlombaan terdiri dari 21 tahap dengan total sekitar 2.200 mil, dilombakan selama 23 hari. Pesaing berlomba sebagai bagian dari tim yang terdiri dari 8 orang, bekerja sama untuk mencapai waktu kumulatif tercepat. Event selanjutnya dijadwalkan pada 1-24 Juli 2022 di Prancis.

2. Piala Dunia Sepak bola – 3,3 miliar penonton

Siapa tak tahu gelaran terbesar sepak bola antar negara ini? Turnamen 32 tim ini–dan akan diperbanyak menjadi 48 tim pada tahun 2026–menampilkan tim sepak bola nasional dari seluruh dunia yang bersaing hingga akhirnya satu tim dinobatkan sebagai juara. Diadakan empat tahun sekali, Piala Dunia adalah acara puncak dalam olahraga dan membanggakan jumlah pengunjung yang besar setiap tahun.

Tidak heran, program turnamen ini pun ditonton hingga 3,3 miliar penonton. Jumlah ini, bahkan mencapai setengah dari populasi dunia. Gelaran piala dunia berikutnya akan diadakan pada 21 November-18 Dessember 2022 di Qatar.

3. Piala Dunia Kriket – 2,6 miliar penonton

Piala Dunia Kriket adalah kejuaraan internasional untuk kriket Internasional Satu Hari. Kontes ini menampilkan sepuluh tim dan berlangsung lebih dari enam minggu. Seperti Piala Dunia sepak bola, turnamen berlangsung setiap empat tahun, dengan Piala Dunia Kriket berikutnya dijadwalkan pada 2023 di India.

Piala Dunia Kriket 2019, yang diselenggarakan oleh Inggris dan Wales, mencetak rekor baru untuk pemirsa. Sejumlah 2,6 miliar orang menonton, menjadikan perhelatan ini sebagai acara kriket yang paling banyak ditonton sepanjang masa.

4. Summer Games/Olimpiade Musim Panas – 2 miliar penonton

Sebagai gelaran olahraga tingkat dunia, tak diragukan lagi, Olimpiade Musim Panas adalah salah satu acara yang ditunggu seluruh masyarakat dunia. Olimpiade tidak hanya menawarkan berbagai olahraga yang berbeda untuk ditonton, tapi juga menampilkan kemenangan pribadi yang luar biasa, cerita yang tidak diunggulkan, prestasi, kekuatan, daya tahan, pemecahan rekor, dan kesempatan untuk membanggakan negara.

Setiap empat tahun, Olimpiade Musim Panas diselenggarakan di salah satu tujuan paling menarik di dunia, yang menjadikannya salah satu acara olahraga yang paling banyak dihadiri. Dengan jangkauan rata-rata global 2 miliar pemirsa, itu juga salah satu yang paling banyak ditonton di TV. Setelah telat setahun pada Olimpiade Tokyo yang lalu, gelaran selanjutnya akan diadakan di Prancis, pada 26 Juli-11 Agustus 2024.

5. Winter Games/Olimpiade Musim Dingin – 1,92 miliar penonton

Meskipun mungkin tidak sepopuler Olimpiade Musim Panas, Olimpiade Musim Dingin masih jadi acara yang sangat populer yang menarik minat dari seluruh dunia. Dengan olahraga populer termasuk ski figur, ski alpine, hoki es, dan snowboarding, Olimpiade ini pun menjangkau khalayak luas. Acara akan berlangsung selama 17 hari, setiap empat tahun sekali.

Walau diterpa kabar boikot dari Inggris, AS, Kanada, dan Australia, namun Olimpiade Musim Dingin tetap menjadi acara yang menarik bagi seperempat populasi dunia. Sekitar 1,92 miliar penonton tercatat di gelaran Olimpiade Musim Dingin 2018. Olimpiade Musim Dingin berikutnya akan diadakan pada 4-20 Februari 2022 di Beijing, Cina.

6. Piala Dunia Sepak bola Perempuan – 1,12 miliar penonton

Mengikuti format yang sama seperti turnamen putra, tim nasional berkompetisi dalam turnamen putri selama sebulan yang dimulai dengan pertandingan penyisihan grup dan diakhiri dengan babak sistem gugur (babak playoff). Turnamen 2019 memecahkan rekor tontonan sebelumnya, dengan 1,12 miliar tontonan yang luar biasa di seluruh dunia.

Piala Dunia sepak bola perempuan adalah salah satu acara yang paling ditunggu masyarakat dunia. Piala dunia perempuan selanjutnya akan diadakan 20 Juli-20 Agustus 2023 di Australia dan Selandia Baru.

7. Tinju – 1 miliar penonton

Tinju adalah olahraga yang menarik. Gaung olahraga ini memang tidak selalu terdengar, namun saat pertandingan besar diumumkan, hal ini akan menarik perhatian besar dari seluruh dunia. Pemirsa sering diukur dengan pembelian bayar per tayang dan pertarungan nama besar ini menghasilkan jumlah yang sangat besar.

Muhammad Ali, yang dikenal sebagai "The Greatest", adalah salah satu petinju paling populer yang pernah ada dan bahkan dinobatkan sebagai ‘Sportsman of the Century’. Pertarungannya mendapat perhatian besar dan merupakan salah satu acara olahraga yang paling banyak ditonton sepanjang masa, dengan angka mencapai satu miliar.

8. UEFA Champions League – 380 juta penonton

Sepak bola adalah olahraga besar yang disukai berbagai lapisan masyarakat. Selain piala dunia, Liga Champion Eropa adalah penyelenggaraan besar yang mempertemukan berbagai klub besar di Eropa. Mereka akan salin bertanding demi menjadi klub sepak bola terbesar di Eropa.

Final Liga Champions secara konsisten menjadi salah satu acara olahraga yang paling banyak ditonton di dunia. Untuk Final Liga Champion 2018 di Kiev, 380 juta orang menonton di seluruh dunia. Di AS, edisi 2021 adalah Final Liga Champions yang paling banyak ditonton dalam enam tahun. Final Liga Champions berikutnya adalah 28 Mei 2022 di St. Petersburg, Rusia.

9. Super Bowl – 96,4 juta penonton

Setiap tahun, penggemar sepak bola Amerika menghitung mundur hari sampai pertandingan besar: The Super Bowl. Pertandingan kejuaraan National Football League secara konsisten menempati urutan teratas dalam hal acara olahraga di AS. Bahkan debat presiden tidak dapat bersaing dengan Super Bowl.

Super Bowl terbaru, yang menampilkan Tampa Bay Buccaneers dan Kansas City Chiefs, menarik 96,4 juta pemirsa, turun dari 102 juta tahun sebelumnya. Super Bowl berikutnya akan diadakan pada 13 Februari 2022 di Los Angeles, California

10. World Series Major League Baseball (MLB) – 14,35 juta penonton

Setiap bulan Oktober, musim Major League Baseball (MLB) memuncak dengan World Series. Juara dari American League menghadapi juara dari National League dalam best of seven series untuk menjadi juara World Series. Seri Dunia 2020 adalah edisi ke-116 dari acara tersebut, dan dimenangkan oleh Los Angeles Dodgers.

Meskipun mungkin tidak menarik jumlah besar seperti dulu, acara ini masih salah satu superstar dalam sebagai acara olahraga yang paling banyak ditonton. Penayangan TV World Series 2020 memuncak untuk game enam dengan 14,35 juta orang menonton.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Maret 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

17 Film Termahal di Dunia, Memiliki Nilai yang Fantastis
Ada Modus Bobol Akun Bank via WhatsApp, Begini Cara Mitigasinya
Bea Cukai Kembali Jadi Samsak Kritik Warganet, Ini Respons Sri Mulyani
Rumah Tapak Diminati, Grup Lippo (LPCK) Raup Marketing Sales Rp325 M
Bahlil: Apple Belum Tindak Lanjuti Investasi di Indonesia
Stanchart: Kemenangan Prabowo Tak Serta Merta Tingkatkan Investasi