Dinamika Energi Global Jadi Fokus Bahasan Pertemuan Kedua ETWG G20

Upaya capai kesepakatan percepatan transisi energi dunia.

Dinamika Energi Global Jadi Fokus Bahasan Pertemuan Kedua ETWG G20
Shutterstock/ petrmalinak
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dinamika energi global jadi fokus utama pertemuan kedua kelompok kerja transisi energi G20 (Energy Transition Working Group/ETWG) pada 23-24 Juni mendatang.

Chair ETWG, Yudo Dwinanda Priaadi, mengatakan dinamika global berpengaruh pada percepatan transisi energi. Oleh karena itu, ketahanan energi, transisi energi, dan kerja sama antarnegara perlu segera disiapkan untuk menghadapi dampak energi global.

“Kemi ingin menyempaikan ke dunia, bagaimana ketiga isu tersebut menjawab tantangan global terkini,” ujarnya seperti dikutip dari laman Kementerian ESDM, Kamis (16/6).

Ketiga isu tersebut merupakan kunci bagi tegaknya tiga pilar ETWG Presidensi Indonesia untuk mencapai kesepakatan global dalam percepatan transisi energi, yakni aksesibilitas energi, peningkatan teknologi energi bersih, dan peningkatan pembiayaan energi.

Banyak negara amankan pasokan energi

Chair ETWG G20, Yudo Dwinanda Priaadi. (Tangkapan layar)

Dalam menghadapi dinamika global, menurut Yudo, banyak negara tengah berjuang mengamankan pasokan dan mengatasi kenaikan harga energi, baik gas, minyak dan listrik. Oleh karena itu, pembahasan terkait ketahanan energi menjadi perhatian pada pertemuan kedua ETWG.

“Lonjakan harga energi primer yang salah satunya akibat dampak dari pemulihan ekonomi paska pandemi harus diimbangi dengan upaya meningkatkan ketahanan energi yang berkelanjutan. Ini yang harus segera diantisipasi oleh Indonesia,” kata Yudo.

Momentum berharga transisi energi

Ilustrasi bauran energi baru terbarukan. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Pandemi Covid-19 dan konflik geopolitik yang terjadi saat ini, sebenarnya bisa jadi momentum berharga bagi dunia untuk semakin mempercepat proses transisi energi. Hal ini pun sejalan dengan upaya pencapaian komitmen global untuk mengatasi perubahan iklim.

Forum ETWG akan mendorong percepatan pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT) sabagai pondasi sumber energi masa depan. “Kami mengupayakan untuk mengedepankan transisi yang adil, yakni memaksimalkan dampak positif sekaligus mengurangi potensi risiko yang ditimbulkan oleh transisi tersebut ke dalam perekonomian dan masyarakat,” ujarnya.

Kemitraan jadi kekuatan penting

Ilustrasi investor. (Pixabay/Sharon McCutcheon)

Demi pengimplementasian transisi energi yang optimal, Yudo mengungkapkan bahwa dukungan kemitraan atau kerja sama akan menjadi kekuatan penting. Pembahasan terkait dinamika energi global pun menjadi titik awal bagi forum G20 untuk mencapai kesepakatan antarnegara.

“Dengan kerja sama internasional, kesepakatan bersama dalam hal penggunaan teknologi dan skema pendanaan yang tepat akan mempercepat proses transisi energi,” katanya. 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakan
GoTo Lepas GoTo Logistics, Bagaimana Nasib GoSend?
BTPN Syariah Bukukan Laba Rp264 miliar di Kuartal I-2024
Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia