Pos Indonesia Targetkan Penyaluran BLT BBM Tersalur Dalam 2 Pekan

Penyaluran BLT BBM dilakukan dengan tiga cara.

Pos Indonesia Targetkan Penyaluran BLT BBM Tersalur Dalam 2 Pekan
Dirut PT Pos Indonesia, Faisal R Djoemadi/ANTARA
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Pos Indonesia (Persero) menargetkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) akan sampai kepada 20,6 juta penerima manfaat dalam dua pekan. 

Direktur Utama PT Pos Indonesia, Faizal R. Djoemadi, mengatakan untuk mempercepat proses penyaluran, perusahaan akan bekerja sama dengan sejumlah pihak. “Seperti merekrut mahasiswa dan masyarakat sebagai tenaga juru bayar. Kami juga menggandeng Pemda, dinas sosial, aparat setempat, kepolisian dan TNI agar penyaluran bisa cepat dan aman,” ujarnya seperti dikutip dari lama resmi Pos Indonesia, Kamis (1/9).

Terkait data penerima, Pos Indonesia akan mengintensifkan koordinasi dan komunikasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos). “Saat ini, data yang masuk sudah ada 1,5 juta orang dan kami langsung mengirimkan undangan ke alamat masing-masing dengan keterangan jadwal dan lokasi poengambilan,” ucapnya.

Tiga cara penyaluran

Pos Indonesia. (dok. Pos Indonesia)

Faizal mengungkapkan, untuk proses penyaluran, Pos Indonesia akan melayani dengan tiga cara. Pertama, para penerima manfaat yang tinggal dengan radius 500 meter dari Kantor Pos bisa mengambilnya langsung di Kantor Pos.

Kedua, Pos Indonesia akan menyalurkan BLT BBM melalui komunitas seperti RT/RW, kelurahan dan kecamatan. Ketiga, dengan mengantar langsung ke rumah bagi penerima disabilitas, orang tua, dan warga yang bermukim di wilayah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terluar).

Pos Indonesia sebagai ujung tombak

Dok. Istimewa

Pemerintah menunjuk PT Pos Indonesia untuk membantu penyaluran BLT BBM bagi masyarakat, sebagai pengalihan subsidi BBM. Kebijakan ini untuk menjaga daya beli masyarakat seiring rencana kenaikan harga BBM imbas krisis global.

Menteri BUMN, Erick Thohir, optimis penyaluran BLT BBM akan tepat sasaran dan tepat waktu. “Pos Indonesia sebagai ujung tombak penyaluran dan berpengalaman dalam mendistribusikan bantuan sosial tunai dan kartu sembako beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Pemberian BLT BBM

Presiden Jokowi menyerahkan BLT BBM Perdana di Jayapura. (dok. Pos Indonesia)

Dalam kunjungannya ke Papua, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa bantuan subsidi BBM juga diberikan kepada para pekerja dengan jumlah nominal yang sama. “Jadi, selain pemberian BLT BBM kepada 20,6 juta penerima manfaat, juga diberikan subsidi BBM bagi para pekerja, juga sebesar Rp600.000 untuk kurang lebih 16 juta pekerja,” katanya.

BLT pengalihan subsidi BBM ini, kata Jokowi, dibagikan untuk periode empat bulan dengan besaran bantuan Rp150.000 setiap bulan. Pembagiannya dilakukan dalam dua tahap, menjadi sebesar Rp300.000 per tahap,” ucapnya.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Buka Rekening Bank Mandiri Online, Praktis dan Cepat!
4 Cara Download Video CapCut Tanpa Watermark Terbaru 2024
Cara Cek Sertifikat Tanah secara Online, Tak Usah Pergi ke BPN
Apa itu Monkey Business? Ini Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya
Memasuki 39 Tahun, MSIG Life Kenalkan Budaya Kerja Baru
Omnicom Media Group Angkat Rohan Mahajan Jadi COO–Layanan Media