PPKM Terus Dievaluasi, Berikut 4 Arahan Jokowi

Karakteristik Omicron membutuhkan penanganan yang tak biasa.

PPKM Terus Dievaluasi, Berikut 4 Arahan Jokowi
Presiden Republik indonesia, Joko Widodo. (dok.Setkab)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah terus memantau perkembangan Covid-19 varian Omicron yang terus meningkat diikuti evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia. Presiden Joko Widodo menyampaikan empat arahan utama terkait evaluasi dan kebijakan penanganan yang akan dilakukan ke depan. 

Melansir keterangan dari biro Pers Sekretariat Presiden, Berikut ini adalah 4 arahan yang disampaikan Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas di Balikpapan, Senin (31/1).

1. Penguatan penanganan Covid-19

Presiden meminta jajarannya untuk memperkuat bagian hilir dalam penanganan kasus aktif Covid-19, khususnya varian Omicron. Hal ini didasarkan pada karakteristik varian Omicron yang memiliki tingkat penyebaran cukup tinggi.

“Dalam jangka pendek, kita harus memperkuat bagian di hilir, sosialisasi, edukasi yang masif untuk masyarakat yang positif tanpa gejala, untuk melakukan karantina mandiri dengan konsultasi dokter secara mandiri di puskesmas, di fasilitas kesehatan, atau melalui telemedisin. Kemudian, stok obat-obatan yang ada di apotek juga harus dikontrol ketersediaannya,” ujar Presiden.

2. Pencegahan transmisi lokal

Meskipun para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) masih menjadi penyumbang terbesar kasus Omicron, namun dalam beberapa waktu belakangan kasus transmisi lokal semakin meningkat. Presiden meminta seluruh pihak untuk melakukan pencegahan transmisi lokal di dalam negeri, salah satunya dengan tetap memerketat protokol kesehatan. 

“Tetap tenang, tidak usah panik, tapi harus tetap waspada, kemudian juga disiplin protokol kesehatan bersama TNI dan Polri terutama 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) yang masif, dan juga pelacakan kontak erat, ini seperti yang sudah kita lakukan,” ucap Presiden.

3. Perketat pintu masuk dan keluar Indonesia

Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kasus Omicron awal di Indonesia. Untuk itu, Presiden memeprintahkan agar penjagaan pintu masuk dan keluar Indonesia harus menjadi prioritas. Terlebih ndonesia tengah bersiap mengadakan beberapa agenda internasional, seperti MotoGP dan konferensi G20.

Presiden mengingatkan pentingnya disiplin dalam memperketat pintu-pintu masuk dan pelaksanaan karantina pelaku perjalanan dari luar negeri. Hal ini dilakukan sesuai aturan yang telah ditetapkan.

4. Percepatan vaksinasi di seluruh Indonesia

Vaksinasi adalah salah satu kunci penting dalam, menahan laju penyebaran Omicron di seluruh wilayah Indonesia. Oleh sebab itu, seluruh wilayah diharapkan mencapai standar vaksin primer seperti yang sudah dilaksanakan selama setahun terakhir.

Vaksinasi dapat membuat risiko terdampak Omicron pun berkurang. “Terkait dengan vaksin, saya minta terus dipercepat, vaksinasi yang satu, dua, tetapi juga saya minta vaksinasi booster juga terus dipercepat. Utamnya capaian vaksinasi bagi anak 6-11 tahun dan bagi lansia,” tutur Presiden Jokowi.

Pada Senin (31/1), data Kementerian Kesehatan mencatat terdapat tambahan 10.185 kasus baru Covid-19, dengan total pasien sembuh 3.290 dan 17 kasus meningal.  Dengan demikian, secara akumulatif hingga saat ini terdapat 4.353.370 orang terkonfirmasi positif terinfeksi virus Covid-19. 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Pialang Adalah: Pengertian, Tugas, dan Cara Kerjanya
Harga Eceran Tertinggi (HET): Pengertian dan Aturannya
United Tractors (UNTR) Bagi Dividen Rp5,7 Triliun, Ini Tanggalnya
DANA Gandeng Microsoft Integrasikan Teknologi AI Dalam Bisnis
Tips Keluar Memutus Rantai Jebakan Generasi Sandwich
Sido Muncul Bukukan Kenaikan Laba Bersih Hingga Rp390 Miliar