Daftar Situs Web Global Pencari Kerja Freelance Populer di Indonesia

Pekerjaan freelance makin banyak diminati generasi muda.

Daftar Situs Web Global Pencari Kerja Freelance Populer di Indonesia
ilustrasi freelance writer (unsplash.com/Brooke Cagle)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dinamika ekonomi, sosial, dan teknologi dunia mempengaruhi pergerakan angkatan kerja yang kini terus bermunculan. Pekerjaan lepas atau yang biasa dikenal sebagai freelance job pun semakin diminati generasi milenial maupun Gen-Z yang kini sedang memuncaki masyarakat usia kerja, termasuk di Indonesia.

Pencarian pekerja lepas mengalami peningkatan selama pandemi Covid-19. Bagi sebagian generasi pekerja, jenis pekerjaan ini menjadi salah satu solusi untuk bisa bertahan dan berkarya di tengah berbagai disrupsi yang terjadi.

Memasuki 2023, freelancer pun tak lagi dipandang sebelah mata, bahkan banyak masyarakat Indonesia yang sudah tak malu lagi untuk menyebutkan dirinya sebagai berprofesi sebagai freelancer. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), freelancer di Indonesia telah mencapai angka 34 juta orang. Bahkan angka ini mencominasi sebesar 24 persen dari jumlah angkatan kerja di Indonesia yang berjumlah 144 juta orang pada Februari 2022.

Namun demikian, menjadi freelancer seringkali menghadapi hambatan karena harus mencari pekerjaan lepas dalam kurun waktu tertentu. Untuk memudahkan para freelancer, banyak sekali situs web pencarian kerja lepas yang tersebar di dunia maya. Oleh sebab itu, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa di antaranya, dengan mengutip dari hostinger.com.

1. Freelance.com

ilustrasi bekerja di kafe (dok.unsplash)

Situs web ini semacam marketplace yang mempertemukan pencari kerja maupun penyedia kerja. Jenis pekerjaan yang banyak tersedia di aplikasi ini beragam, seperti penerjemah konten, pengembangan web, pemasaran media sosial.

Anda dapat mendaftar sebagai pekerja lepas atau pemilik bisnis yang beroperasi secara global. Anda  hanya perlu mengisi mengisi formulir pendaftaran singkat dengan memberi informasi terperinci, termasuk keahlian, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja kita.

Setiap freelancer akan menerima pembayaran penuh setelah menyelesaikan pekerjaan. Penyedia platform hanya mengutip 10 persen dari total dana yang Anda hasilkan sebagai pekerja lepas dari setiap pekerjaan.

Kelebihan situs ini memiliki fasilitas pencari yang cukup aktif, menyediakan fitur obrolan langsung, dan servis konsumen 24 jam penuh. Sayangnya, hostinger menyebut freelance.com cukup rumit, banyak pelamar spam, dan klien palsu.

2. Upwork

ilustrasi freelance writer (pexels.com/Vlada Karpovich)

Platform ini menyediakan berbagai kategori, mulai dari desain web dan pengembangan perangkat lunak, pemasaran merek, pemrograman, hingga layanan pelanggan dan akuntansi.

Klien dapat memilih untuk memposting pekerjaan dan merekrut talenta atau membeli layanan yang telah ditentukan sebelumnya dari katalog proyek. Demikian pula, pekerja lepas dapat mengakses papan pekerjaan dan menawarkan layanan untuk ditawarkan.

Upwork memiliki skala geser, artinya semakin banyak kita bekerja, semakin sedikit uang yang harus kita bayarkan. Misalnya, biaya komisi dimulai dari 20 persen untuk tagihan pertama sebesar US$500, namun secara bertahap bisa berkurang saat kita menerima lebih banyak pekerjaan dan pendapatan.

Adapun kelebihan platform ini adalah perlindungan pembayaran, klien yang kredibel, dan proyek berbasis anggaran. Namun, kelemahannya ada pada proses seleksi yang panjang serta biaya layanan yang cukup tinggi.

3. LinkedIn

Logo LinkedIn. (Pixabay/chan mina)

LinkedIn adalah salah satu situs pekerjaan paling populer yang menyediakan cara mudah untuk mencari pekerjaan di berbagai bidang. LinkedIn juga merupakan platform jejaring sosial bagi para profesional untuk terhubung dan berinteraksi satu sama lain.

Cukup daftar dan buat profil untuk memulai, cantumkan informasi sebanyak mungkin, seperti keahlian, pendidikan, dan pengalaman kerja kita. Profil LinkedIn yang komprehensif dapat membuka lebih banyak peluang kerja. Selain itu, menambahkan postingan baru juga dapat membuat profil kita lebih terekspos.

Menjelajahi posting pekerjaan LinkedIn juga merupakan cara yang bagus untuk menemukan peluang freelance. Untuk menemukan pekerjaan freelance yang diinginkan, pastikan untuk menggunakan kata kunci terkait dan urutkan hasilnya dari yang terbaru.

Kelebihan platform ini adalah biaya yang cukup hemat, peluang jaringan yang cukup luas, dan pembaruan berita terkini. Sedangkan kelemahannya terdapat pada konten spam yang berpotensi menghadirkan banyak akun palsu dengan berbagai maksud jahat.

Itu tadi situs web pencari pekerjaan freelance di atas cukup populer dan banyak digunakan oleh para freelancer asal Indonesia. Semoga menginspirasi dan bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari atau sedang membutuhkan pekerjaan serupa.  Selamat mencoba!

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI