10 Negara Penghasil Minyak Terbesar di Dunia, Mana Saja?

Pemimpin industri minyak dunia

10 Negara Penghasil Minyak Terbesar di Dunia, Mana Saja?
Ilustrasi pabrik minyak (unsplash/Andre robillard)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Minyak bumi merupakan salah satu hasil tambang yang penting dalam kehidupan manusia. Pasalnya, minyak bumi banyak dipakai dalam kehidupan masyarakat, seperti bahan bakar minyak, bensin, dan produk kimia lainnya.

Tidak heran, jenis petroleum ini diproduksi dalam jumlah yang besar untuk memenuhi kebutuhan pasar. Di antara negara lainnya, ternyata ada Negara Penghasil Minyak Terbesar di dunia. Bahkan, produksi minyaknya bisa sampai puluhan juta barel.

Dilansir dari laman resmi Energy Information Administration (EIA), setidaknya ada 10 negara produsen minyak terbesar di dunia. Adapun daftar negara yang dimaksud sebagai berikut.

1. Amerika Serikat

Dikenal dengan julukan Negara Paman Sam, Amerika Serikat ternyata unggul dalam produksi minyak. Pada tahun 2023, Amerika Serikat sukses memproduksi minyak sebanyak 21,91 juta barel per harinya. Angka tersebut setara dengan 22 persen produksi minyak global.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, volume produksi mengalami peningkatan dari 18,9 juta barel per hari. Amerika Serikat memang sudah lama dikenal sebagai produsen minyak bumi di dunia sejak tahun 2013.

Dengan volume produksi tersebut, Amerika Serikat mengamankan tempat teratas di posisi pertama sebagai negara penghasil minyak terbesar di dunia.

2. Arab Saudi

Menyusul Amerika Serikat, Arab Saudi sukses mengamankan tempatnya di peringkat kedua. Untuk volume produksi minyak, Arab Saudi sukses mencapai angka 11,13 juta barel per hari atau setara dengan 11 persen produksi minyak dunia.

Sentra ladang minyak Arab Saudi terbesar di beberapa tempat, yaitu Ghawar, Safaniya, Khurais, Manifa, Shaybah, Qatif, Khursaniyah, Zuluf, dan Abqaiq.

Selain sebagai produsen minyak terbesar, negara ini juga merupakan eksportir minyak mentah terbesar pada tahun 2020. Maka dari itu, negara ini ermasuk ke dalam Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC).

3. Rusia

ilustrasi kilang minyak (unsplash.com/Robin Sommer)

Rupanya, Rusia termasuk negara yang menghasilkan minyak bumi dalam jumlah besar. Pasalnya, negara ini berhasil menempati posisi ketiga sebagai produsen minyak terbesar di dunia.

Berbicara tentang jumlah produksinya, Rusia tidak mau kalah dengan negara lainnya. Di tahun 2023, Rusia berhasil memproduksi sekitar 10,75 juta barel per harinya.

Wilayah pertambangan minyak bumi di Rusia juga tersebar di beberapa tempat. Untuk wilayah utamanya, produksi minyak banyak dilakukan di Western Siberia, Urals-Volga, West Siberia, dan Far East. Produksi minyak juga banyak mengandalkan ladang Priobskoe dan Samotlorskoe di West Siberia.

4. Kanada

Pada posisi keempat dalam daftar negara penghasil minyak terbesar di dunia berhasil ditempati oleh Kanada. Pada tahun 2023, Kanada mampu memproduksi minyak bumi sebesar 5,67 juta barel per harinya.

Negara ini juga turut memberikan sumbangsih kebutuhan minyak bumi dunia sebesar 6 persen. Dilansir Investopedia, produksi minyak Kanada bisa mengalami pertumbuhan sekitar 6.9 juta barel per hari pada tahun 2025. 

Sebagai informasi, hampir sebagian besar produksi minyak Kanada bersumber pada pasir minyak di Alberta.

5. China

Selanjutnya posisi kelima diduduki oleh China dengan jumlah produksi minyak 5,26 juta barel per hari. Dengan volume produksi tersebut, negara ini mampu berkontribusi sekitar 5 persen produksi minyak dunia.

Sejak tahun 1960-an, ladang minyak Daqing telah banyak ditambang dan menghasilkan minyak bumi untuk kebutuhan domestik maupun global. Sebagian besar produksi minyak dalam negeri, banyak mengandalkan di wilayah timur laut dan utara-tengah negara ini.

6. Irak

Ilustrasi barel minyak (unsplash/Robert Laursoo)

Dikenal dengan julukan Negeri 1001 Malam, Irak berhasil mengamankan posisinya pada peringkat keenam. Negara ini bisa berkontribusi sebanyak 4 persen produksi minyak di dunia atau setara dengan jumlah produksi sebesar 4,42 juta barel per hari.

7. Uni Emirat Arab (UEA)

Negara penghasil minyak terbesar di dunia berikutnya adalah Uni Emirat Arab (UEA). Dengan mampu memproduksi minyak 4,28 juta barel per hari, negara ini berhasil melambungkan namanya di posisi ketujuh.

Dilansir International Trade Administration, sekitar 96 persen dari 100 miliar barel cadangan minyak berada di Abu Dhabi. Salah satu perusahaan industri migas, yaitu Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC) merupakan pemimpin industri migas dunia.

8. Brazil

ilustrasi kilang minyak (unsplash.com/Ehud Neuhaus)

Setelah Uni Emirat Arab, negara penghasil minyak terbesar selanjutnya adalah Brazil. Pada tahun 2023, negara ini berhasil memproduksi minyak sebanyak 4,16 juta barel per hari. Maka dari itu, Brazil mampu berkontribusi sebanyak 4 persen untuk produksi minyak dunia.

Produksi minyak Brazil sebagian besar dari lepas pantai sebanyak 96,7 persen. Selain itu, ada perusahaan minyak nasional Petrobras menyumbangkan 73 persen produksi migas.

9. Iran

Bersama dengan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, Iran berhasil masuk ke daftar negara produsen minyak terbesar sebagai bagian dari OPEC.

Di posisi kesembilan, ada negara Iran yang mampu menghasilkan minyak hampir 4 juta barel. Tepatnya produksi minyak berhasil mencapai 3,99 juta barel per hari. Dengan begitu, Iran mampu menyumbangkan sekitar 4 persen dari produksi minyak global.

10. Kuwait

Kuwait menjadi penutup dalam daftar negara penghasil minyak terbesar di dunia. Pada tahun 2023, negara in mampu menghasilkan minyak sebesar 2,91 juta barel per hari. Hal tersebut membuat Kuwait menduduki posisi kesepuluh.

Di tahun 2022 lalu, perusahaan eksplorasi minyak Kuwait Foreign Petroleum Exploration Company KSC (KUFPES) berhasil menemukan cadangan migas terbaru di Natuna.

Itu dia beberapa negara penghasil minyak terbesar di dunia dengan jumlah produksi minyak  terbanyak dari negara lainya. Bahkan, negara yang masuk ke daftar tersebut penyumbang minyak global terbesar. Semoga artikel ini bermanfaat!

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu