7 Tempat Wisata di Jakarta saat Libur Lebaran, Ada Apa Saja?

Dari taman hiburan hingga wisata kuliner

7 Tempat Wisata di Jakarta saat Libur Lebaran, Ada Apa Saja?
Ilustrasi taman hiburan (pexels/Scott webb)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Berkunjung ke tempat wisata di Jakarta saat libur Lebaran bisa menjadi kegiatan mengisi waktu liburan yang seru. Meskipun tidak keluar kota, Anda bisa menghabiskan waktu yang menyenangkan di Jakarta. 

Terdapat sejumlah tempat wisata yang pastinya menarik dan seru untuk dikunjungi sendiri atau bersama dengan keluarga atau teman. Beberapa di antaranya juga menawarkan aktivitas seru selama bulan Ramadan dan Idulfitri. 

Penasaran, tempat wisata apa saja yang bisa Anda datangi? berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang bisa membuat libur Lebaran lebih menyenangkan.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Pantai Ancol (Wikimedia Commons/musnahterinjak)

Rekomendasi tempat wisata di Jakarta saat libur Lebaran yang bisa Anda datangi yang pertama, yaitu Ancol di Jakarta Utara.

Dikenal sebagai tempat rekreasi terbesar di Indonesia, Ancol tentunya menawarkan segudang aktivitas seru yang bisa dicoba para pengunjung. 

Dibuka setiap hari dari pukul 06.00-22.00, Anda bisa menikmati panorama pantainya yang menyejukkan. Anda juga bisa menjelajahi kehidupan bawah laut di Sea World.

Berinteraksi dengan berbagai jenis burung juga bisa dijadikan aktivitas yang seru di Jakarta Bird Land Ancol.

Dalam rangka menyambut bulan Ramadan dan Idulfitir, Ancol menggelar acara bertajuk Festival Keajaiban Ramadan dari tanggal 9 Maret hingga 14 April 2024. 

Di sana, Anda bisa menghabiskan waktu ngabuburit dengan menonton pertunjukan musik. Terlebih ada bazaar kuliner dengan lebih dari 30 tenant makanan yang akan memanjakan lidah.

2. Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan (Dok.ragunan zoo)

Bingung libur Lebaran mau kemana? Taman Margasatwa Ragunan bisa masuk dalam opsi tempat liburan di Jakarta yang seru.

Berlokasi di Jakarta Selatan, tempat wisata ini cocok bagi pencinta hewan. Di sana, Anda bisa melihat lebih dekat beragam fauna dan flora yang tinggal di sana. 

Agar Anda bisa berkeliling dengan nyaman, menyewa sepeda bisa dijadikan pilihan kendaraan yang menarik. Semabri berkeliling, Anda juga bisa menyaksikan atraksi satwa yang mengagumkan.  

Taman Margasatwa Ragunan bisa dikunjungi dari hari Selasa sampai Minggu pada pukul 07.00-16.00. Namun, pada bulan puasa ini ada perubahan jam operasional, yakni dibuka dari pukul 07.00-15.00.

Untuk tiket masuknya, pihak pengelola mulai mematok harga Rp4 ribu untuk orang dewasa.

3. Jakarta Aquarium dan Safari

Jakarta Aquarium dan Safari (Dok.jakarta aquarium safari)

Bergeser ke Jakarta Barat, Anda bisa mengunjungi Jakarta Aquarium dan Safari. Tidak harus menjelajah dasar laut untuk bisa melihat biotanya, Anda bisa menikmatinya dengan mudah di area akuarium ini.

Menjadi akuarium indoor terbesar di Indonesia, Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan bawah laut yang mengagumkan. Total ada lebih dari 3.500 biota laut yang bisa Anda lihat secara langsung. 

Selain melihat biota laut, Anda juga dapat menikmati atraksi dari berbagai hewan eksotis, seperti meerkat dan burung macaw. 

Untuk jam operasionalnya, tempat wisata Jakarta ini dibuka setiap hari pukul 10.00-21.00. Pembelian tiketnya juga bisa dilakukan via online melalui laman resminya.

4. Taman Mini Indonesia Indah

Taman mini indonesia indah (Dok. taman mini)

Daerah Jakarta Timur juga memiliki tempat wisata yang layak dikunjungi ketika libur Lebaran. Mengusung tema Nusantara, Anda bisa mengelilingi seluruh provinsi hanya di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Anda bisa mendatangi berbagai rumah adat dari Sabang sampai Merauke. Jangan lewatkan untuk mendatangi berbagai museum yang berisi koleksi warisan sejarah dan budaya Indonesia. 

Tidak hanya menawarkan berbagai atraksi yang seru, TMII juga kerap menawarkan berbagai promo menarik yang bisa Anda dapatkan. 

Maka dari itu, Taman Mini Indonesia Indah dapat Anda jadikan sebagai salah satu tempat wisata di Jakarta saat libur Lebaran yang seru.

5. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi (Dok.ancol)

Berada di kawasan Ancol. Dunia Fantasi (Dufan) cukup populer didatangi pengunjung ketika masa liburan tiba. Sebagai pusat hiburan outdoor,  Dufan menawarkan berbagai macam wahana seru yang bisa dicoba para pengunjung. 

Dari wahana anak hingga yang menantang adrenalin, siap menyambut Anda di Dufan. Tantang diri Anda menaiki wahana Halilintar, Tornado, atau Ontang-Anting.  

Untuk menunjang aktivitas pengunjung, pihak pengelola menyediakan berbagai fasilitas umum yang cukup lengkap. 

Rupanya, Ancol menawarkan promo menarik bagi pengunjung yang datang di bulan Ramadan dan Lebaran.

Pengunjung bisa masuk tanpa dipungut biaya alias gratis dari tanggal 11 Maret sampai 5 April 2024 dengan reservasi tiketnya di laman resmi Ancol.

6. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta (Wikimedia Commons/SBudiMasdar)

Termasuk ke dalam destinasi wisata favorit, Kota Tua Jakarta menawarkan suasana Jakarta masa lampau. Bangunan masa kolonial Belanda masih berdiri kokoh hingga kini. 

Di sana, Anda bisa menjelajahi jejak sejarah Jakarta dengan mengunjungi beberapa museumnya. Tidak jarang, banyak wisatawan lokal hingga luar kota yang berfoto di sekitar lokasi karena menawarkan spot foto yang instagenic.

Berlokasi di Jakarta Barat, tempat wisata ini dibuka dari pukul 06.00-22.00. Sore dan malam hari menjadi waktu terbaik untuk berkunjung. Lampu jalanan dan gemerlap lampu menawarkan suasana romantis di kawasan wisata ini.

7. Pantjoran Chinatown PIK

Pantjoran Chinatown PIK (pexels/Jeffry Surianto)

Tempat wisata di Jakarta saat libur Lebaran berikutnya adalah Pantjoran Chinatown PIK. Terkenal akan wisata kuliner Asia, tempat wisata ini kerap didatangi pengunjung setiap harinya karena kelezatannya. 

Ada banyak kuliner legendaris hingga kekinian yang bisa Anda nikmati di sana, mulai dari Hong Tang, Shihlin dan lain sebagainya. 

Tidak hanya kulinernya saja, tempat ini juga menawarkan pemandangan menarik dari arsitektur bangunannya seperti kota China zaman kerajaan. Terlebih panorama tempat ini makin ciamik ketika malam hari. 

Maka dari itu, Pantjoran Chinatown PIK bisa Anda jadikan sebagai tempat wisata kuliner malam yang seru. 

Itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata di Jakarta saat libur Lebaran yang bisa Anda datangi untuk mengisi waktu liburan. Dari rekomendasi di atas, Anda ingin mengunjungi yang mana dulu?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI