5 Musisi Terkaya di Dunia, Berapa Jumlah Kekayaannya?

Dari Jay Z hingga Taylor Swift masuk daftar musisi terkaya.

5 Musisi Terkaya di Dunia, Berapa Jumlah Kekayaannya?
ilustrasi Taylor Swift (instagram.com/taylorswift)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Siapa musisi terkaya di dunia menjadi pertanyaan banyak orang. Industri musik dunia kian berkembang pesat usai pandemi global dan tentu berdampak pada pertumbuhan ekonnomi serta kekayaan para musisi.

Musisi berbakat yang berasal dari Amerika Serikat, Taylor Swift, dikatakan memiliki dampak yang signifikan terhadap ekonomi negaranya. Bahkan, pertunjukan konsernya di berbagai negara juga memberikan dampak positif bagi perekonomian tersebut.

Menurut laporan CNBC International, ekonom dari Nomura, Si Ying Toh, menyatakan bahwa konser-konser Taylor Swift berhasil meningkatkan penjualan ritel di Amerika Serikat sebesar 0,03 persen dan berkontribusi terhadap pertumbuhan produk domestik bruto sekitar 0,02 persen pada kuartal I dan III tahun lalu.

Tidak hanya itu, konser-konser Taylor Swift sepanjang tahun 2023 juga tercatat memberikan kontribusi sebesar 0,5 persen terhadap pertumbuhan konsumsi nasional. Negara-negara lain yang menjadi tuan rumah konsernya juga mendapatkan manfaat ekonomis yang signifikan.

Menurut data National Australia Bank (NAB), konser Taylor Swift di Australia berkontribusi dengan lebih dari 300 juta dolar Australia atau setara dengan Rp3 triliun (perkiraan nilai tukar Rp10.230 per dolar Australia). Sementara itu, pertunjukan Swift di Singapura diperkirakan meraup keuntungan antara US$260,3 juta hingga US$371,9 juta, atau sekitar Rp4,09 triliun hingga Rp5,84 triliun (perkiraan nilai tukar Rp15.700 per dolar AS) untuk ekonomi lokal. Meskipun telah meraih kesuksesan ini, Taylor Swift tetap tercatat sebagai salah satu musisi terkaya di dunia, seperti dilaporkan oleh The Richest

Berikut adalah lima musisi terkaya di dunia versi The Richest. Siapa saja mereka?

5. Sean "Diddy" Combs

Sean "Diddy" Combs, yang sebelumnya dikenal sebagai Puff Daddy, memiliki kekayaan bersih sebesar US$1 miliar atau setara dengan Rp15,7 triliun pada tahun 2023.

Musisi ini tidak hanya pencipta musik rap, penyanyi, aktor, dan produser rekaman, tetapi juga seorang pengusaha. Tak heran ia menjadi musisi terkaya di dunia di urutan kelima.

Dalam perjalanan karier musiknya, Diddy berhasil meraih tiga Grammy Awards dan dua MTV Video Music Awards. Sebanyak sebelas lagunya bahkan mencapai posisi teratas dalam tangga lagu musik.

4. Taylor Swift

Pada urutan keempat musisi terkaya di dunia, ada Taylor Swift dengan kekayaan bersih sebesar US$1,1 miliar atau setara dengan Rp17,27 triliun pada bulan Januari 2024. Swift dikenal sebagai penyanyi Amerika yang paling sukses dan juga sebagai seorang eksekutif bisnis yang cerdas. Sepanjang karier musiknya, dia telah meraih sejumlah penghargaan prestisius, termasuk 13 Grammy Awards, 29 Billboard Music Awards, dan 40 American Music Awards.

Menurut Guinness World Record, Taylor Swift merupakan satu-satunya artis perempuan yang berhasil mengumpulkan 100 juta pendengar bulanan di platform Spotify. Tahun 2023 hingga saat ini dapat dianggap sebagai puncak kesuksesannya. Dia berhasil menjual 2,4 juta tiket untuk Eras Tour dalam satu hari, menjadikannya tur live dengan pendapatan kotor tertinggi pada tahun tersebut.

Prestasinya semakin melambung dengan rilis film konser pada 13 Oktober 2023, yang mampu menghasilkan US$129 juta dalam waktu seminggu dan ditonton di seluruh dunia.

3. Paul McCartney

Kekayaan bersih Paul McCartney pada tahun 2023 mencapai US$1,2 miliar atau setara dengan Rp18,84 triliun. McCartney dikenal sebagai penyanyi legendaris yang merupakan bagian dari band ikonik, The Beatles, di mana ia bertindak sebagai pemain bass, penulis lagu utama, dan berbagi tugas vokalis dengan John Lennon.

Setelah bubar dari The Beatles, Paul McCartney berhasil membentuk band lain dan memulai karier solo yang sukses. Prestasinya terbukti dengan 32 lagunya yang menduduki posisi nomor satu di chart Billboard Hot 100. Dengan total 18 Grammy Awards, McCartney tetap aktif dalam dunia musik, tampil dalam konser bahkan pada usia 81 tahun, dan berhasil menjual habis tiket konsernya dalam hitungan menit.

Tidak hanya dari karier musiknya, McCartney juga meraih pendapatan melalui penjualan album Beatles yang terus berlanjut setiap tahun. Investasinya di MPL Ventures, perusahaan makanan nabati Tindle, dan startup teknologi musik juga turut menambah kekayaan musisi terkaya di dunia peringkat ketiga ini.

2. Rihanna

Berada di peringkat kedua dalam daftar musisi terkaya di dunia, pada tahun 2023 kekayaan bersih Robyn Rihanna Fenty mencapai US$1,4 miliar atau setara dengan Rp21,98 triliun.

Artis yang dikenal dengan nama Rihanna ini merupakan salah satu penyanyi paling terkemuka di abad ke-21 dan saat ini menjadi musisi perempuan terkaya di dunia. Prestasinya termasuk memenangkan sembilan Grammy Awards dan 13 American Music Awards.

Rihanna telah sukses menjual lebih dari 250 juta kopi lagunya secara global, dengan lebih dari 10 juta album terjual di Amerika Serikat. Kekayaannya sebagian besar berasal dari kesuksesan dalam industri musik dan perannya sebagai pemilik merek fesyen ternama, Fenty.

Keberhasilannya semakin mencuat karena Rihanna menjadi perempuan kulit hitam pertama yang memimpin merek mewah di bawah naungan LVMH, perusahaan milik Bernard Arnault, orang terkaya di dunia.

1. Jay Z

Jay Z ada di peringkat teratas dalam daftar musisi terkaya di dunia, berapa kekayaannya? Pada tahun 2023, kekayaan bersih pria bernama asli Shawn Corey Carter ini mencapai US$2,5 miliar atau setara dengan Rp39,25 triliun. 

Suami dari Beyonce ini telah meraih gelar sebagai musisi miliarder pertama pada tahun 2019 dan berhasil mempertahankan posisinya secara konsisten. Jay-Z merupakan legenda dalam industri musik, mengumpulkan 24 Grammy Awards dan memegang rekor album solo nomor satu terbanyak dengan 14 di Billboard Hot 200. Ia juga menjadi artis hidup pertama yang diakui di Rock & Roll Hall Of Fame.

Selain sebagai musisi, Jay-Z juga sukses sebagai pengusaha. Merek pakaian ritelnya, Rocawear, dan jaringan bar mewah 40/40 Club merupakan perusahaan dengan nilai jutaan dolar AS. Jay-Z juga memiliki kemitraan dengan LVMH dalam bisnis minuman keras dan pemegang saham di platform streaming terkemuka, Tidal.

Itulah tadi daftar musisi terkaya di dunia versi The Richest dengan pundi-pundi kekayaan tak sedikit yang dibangun sepanjang karier bermusik mereka.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI