Daftar 10 YouTuber Terkaya di Dunia

YouTuber terkaya di dunia meraup cuan lewat konten viral.

Daftar 10 YouTuber Terkaya di Dunia
ilustrasi pengguna YouTube (unsplash.com/CardMapr.nl)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Predikat YouTuber terkaya di dunia menjadi sorotan setelah profesi pembuat konten alias content creator menjelma menjadi salah satu profesi yang menjanjikan penghasilan fantastis. 

Forbes belum lama ini merilis daftar content creator di YouTube berpenghasilan tertinggi di dunia sepanjang tahun 2021. Daftar memuat para YouTuber dari beragam profesi, mulai dari petinju profesional hingga pengusaha berusia tujuh tahun.

YouTuber dengan bayaran tertinggi ini telah membangun kerajaan sendiri di platform media sosial. Siapa saja mereka? Berikut daftar 10 YouTuber dengan penghasilan tertinggi, dirangkum dari Lifestyle Asia.

1. Jimmy Donaldson

Jimmy Donaldson, juga dikenal sebagai MrBeast menjadi salah satu YouTuber terkaya di dunia dengan lebih dari 88,3 juta pengikut di YouTube. Di platform tersebut, dia membuat ulang setiap set dari Game Squid hingga mengatur permainan tag yang mahal. 

Jimmy juga kerap membuat konten yang viral seperti dikubur hidup-hidup selama 50 jam dan menawarkan hadiah utama kepada siapa pun yang mau duduk di bak mandi berisi ular.

Ia berada di puncak daftar YouTuber dengan bayaran tertinggi, dengan penghasilan US$54 juta atau sekitar Rp775 miliar. Dengan pendapatannya ini, dia resmi mengambil alih posisi YouTuber berusia 10 tahun, Ryan Kanji, yang biasanya bertengger di posisi puncak. 

2. Jake Paul

YouTuber terkaya di dunia di urutan kedua adalah Jake Paul. Petinju profesional ini memulai karirnya di YouTube dengan membuat sketsa komedi dan vlogging tentang berbagai aspek kehidupannya. Paul berada di urutan ke-2 dalam daftar YouTuber dengan bayaran tertinggi dengan 20 juta pengikut.

Menariknya, Paul pernah di-demonetisasi oleh YouTube pada tahun 2017 karena video kontroversial saudara laki-lakinya, Logan Paul, yang juga seorang seorang Youtuber. 

Paul kini sudah bisa meraup penghasilan lagi dari iklan YouTube, tetapi tidak seaktif dulu. Meskipun demikian, ia tetap mengantongi US$45 juta atau sekitar Rp645 miliar sepanjang tahun lalu.

3. Mark Edward Fischbach

YouTuber terkaya di dunia berikutnya dikenal di internet sebagai Markiplier, Mark menghibur 31,5 juta pengikutnya dengan sketsa komedi, parodi animasi, dan video game

Sebagian besar pendapatannya berasal dari skill marketing-nya yang luar biasa. Mark berhasil menjual banyak merchandise, mulai dari t-shirt, hoodies, dan barang dagangan lainnya yang semakin menambah pundi-pundi kekayaannya. 

Sebagai salah satu YouTuber terkaya di dunia, sepanjang tahun 2021 Mark berhasil mengantongi US$38 juta atau sekitar Rp545 miliar. Meskipun acara kolaborasinya dengan sesama YouTuber Ethan Nestor-Darling dibatalkan, merchandise untuk acara tersebut tetap terjual.

4. Rhett dan Link

Duo YouTuber Rhett dan Link menghasilkan US$30 juta atau sekitar Rp430 miliar dari mengunggah video mencicipi makanan aneh sampai menggelar adu menyanyi lagu rap. 

YouTuber terkaya di dunia ini memulai karier di YouTube dengan talk show berjudul Good Mythical Morning, yang membahas segala hal mulai dari tren makanan hingga krisis internet. Berkat konten viral itu, dia menjadi tuan rumah bagi tamu-tamu istimewa yang membuat duo ini terkenal di internet dan memiliki 10 juta pengikut.

Tak cuma itu, duo YouTuber ini juga pernah membuat streaming langsung selama dua jam dan berhasil menjual lebih dari 70.000 tiket dengan harga masing-masing US$50.

5. Nathan

Dikenal dengan nama Unspeakable di YouTube, Nathan membuat dan berbagi video tentang game, tantangan, dan komedi untuk menghibur pengikutnya yang saat ini berjumlah lebih dari 1 juta orang.

Salah satu videonya yang viral adalah video yang menunjukkan Nathan mengisi rumah dengan salju dan kamar dengan buaya. Dari ketenarannya di YouTube, Nathan mendapat US$28,5 juta atau sekitar Rp409 miliar dan menjadi salah satu YouTuber terkaya di dunia 

6. Anastasia Yuryevna Radzinskaya

Akun 'Like Nastya' mulanya berisi konten unboxing mainan, tetapi sekarang berkembang menjadi salah satu saluran YouTube anak-anak terbesar di dunia. Bintang YouTube berusia tujuh tahun ini sering berbagi video tentang bagaimana menavigasi kehidupan di sekolah, menghabiskan waktu sendirian di rumah, dan belajar tentang panca indera. 

Gadis kecil ini memiliki 85 juta pengikut dan menjadi salah satu YouTuber terkaya di dunia. Anastasia dilaporkan menghasilkan US$28 juta atau sekitar Rp401 miliar sepanjang tahun lalu.

7. Ryan Kaji

YouTuber muda lainnya yang juga masuk daftar YouTuber terkaya di dunia memulai karirnya pada usia empat tahun adalah Ryan Kaji. Ia memulai karir di YouTube dengan mengulas mainan dan bermain dengan mainannya. 

Ryan sekarang membuat video tentang eksperimen sains dan tantangan-tantangan unik. Karena kepopulerannya, Ryan bahkan sudah memiliki produk mainannya sendiri. Memiliki 31 juta pengikut di YouTube, dia dilaporkan mendapat US$27 juta atau Rp387 miliar.

8. Coby and Cory Cotton, Garrett Hilbert, Cody Jones, dan Tyler Toney

Grup komedi Dude Perfect, yang dibintangi oleh si kembar Coby dan Cory Cotton, Garrett Hilbert, Cody Jones, dan Tyler Toney memiliki 57 juta pengikut di YouTube. 

Dalam platform itu, mereka sering berbagi video tentang hal-hal berbahaya seperti berjalan di atas sayap pesawat di tengah penerbangan. Predikat YouTuber terkaya di dunia diraih karena viralnya video-video mereka. Grup ini sukses menghasilkan US$20 juta atau sekitar Rp287 miliar tahun lalu.

9. Logan Paul

Kakak laki-laki Jake Paul, Logan Paul, membuat comeback tahun ini setelah video kontroversinya di tahun 2017. Lebih dari 23 juta pengikut Logan Paul senang menonton videonya yang membahas kartu Pokemon dan mendengarkan musiknya.

Tak hanya itu, Paul juga berinvestasi di NFT dan memiliki podcast berjudul Impaulsive. Ia dilaporkan memiliki penghasilan US$18 juta atau sekitar Rp258 miliar dan menjadi salah satu YouTuber terkaya di dunia. 

10. Preston Arsement

Di urutan terakhir ada Preston Arsement dengan akun YouTube PrestonPlayz. YouTuber terkaya di dunia yang satu ini membuat konten saat dia memainkan video game, terutama minecraft untuk lebih dari 12 juta pengikutnya. 

Ia juga pandai menarik perhatian penonton dengan membuat konten dengan tema yang lagi viral seperti Squid Game. Tahun lalu, Preston menghasilkan US$16 juta atau sekitar Rp229 miliar dan penghasilannya terus bertambah.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen