Ini Isi Lengkap Deklarasi KTT G20 Bali, Ada Poin Soal Rusia-Ukraina

Isi lengkap Deklarasi KTT G20 Bali total 1186 halaman.

Ini Isi Lengkap Deklarasi KTT G20 Bali, Ada Poin Soal Rusia-Ukraina
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII) yang digelar di Hotel The Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Selasa (15/11). (Dok. Biro Setpres)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20) Bali sudah usai. Para pemimpin dunia telah berkumpul menyepakati deklarasi G20 Bali. Deklarasi ini memuat poin yang dihasilkan lewat diskusi alot, yakni soal perang Rusia versus Ukraina. Bagaimana isi lengkap deklarasi KTT G20 Bali?

"Diskusi mengenai hal ini berlangsung sangat alot sekali dan akhirnya para pemimpin G20 menyepakati isi deklarasi, yaitu condemnation (kecaman) perang di Ukraina karena telah melanggar batas wilayah, melanggar integritas wilayah," kata Jokowi dalam konferensi pers, Rabu (16/11).

Deklarasi KTT G20 Bali terdiri atas 52 paragraf. Paragraf yang dihasilkan lewat diskusi pelik adalah poin nomor 3 soal kondisi geopolitik Ukraina versus Rusia. Istilah yang digunakan tergolong lugas, yakni 'agresi Rusia' dan memuat seruan agar Rusia menarik pasukannya dari Ukraina.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengumumkan isi Deklarasi ini di situs resminya dalam bahasa Inggris. Ada lima poin yang disampaikan langsung di laman situs, dan versi lengkap yang memuat 52 paragraf dan keterangan lain dengan total 1186 halaman ada dalam tautan dokumen PDF. Berikut ini isi lima poin Deklarasi KTT G20 Bali dalam terjemahan bahasa Indonesia.

Isi deklarasi KTT G20 Bali poin 1-5

Deklarasi Para Pemimpin G20 Bali

Bali, Indonesia, 15-16 November 2022

1. Empat belas tahun yang lalu, para pemimpin G20 bertemu untuk pertama kalinya, menghadapi krisis keuangan yang paling parah selama generasi kita. Sebagai pihak ekonomi global yang besar, kami mengakui bahwa secara kolektif kami memikul tanggung jawab dan bahwa kerja sama kami diperlukan untuk pemulihan ekonomi global, untuk mengatasi tantangan global, dan meletakkan dasar yang kuat, berkelanjutan, seimbang,

dan pertumbuhan inklusif. Kami menetapkan G20 sebagai forum utama untuk kerja sama ekonomi global, dan hari ini kami menegaskan kembali komitmen kami untuk bekerja sama saat sekali lagi kami membahas tantangan ekonomi global yang serius.

2. Kami bertemu di Bali pada 15-16 November 2022, pada saat krisis multidimensi yang tak tertandingi berlangsung. Kita telah mengalami kehancuran akibat pandemi COVID-19, dan tantangan lainnya termasuk perubahan iklim, yang telah menyebabkan kelesuan ekonomi, meningkatnya kemiskinan, memperlambat pemulihan global, dan menghambat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

3. Tahun ini, kita juga menyaksikan perang di Ukraina yang berdampak lebih buruk terhadap ekonomi global. Ada diskusi tentang masalah ini. Kami menegaskan kembali posisi nasional kami sebagaimana diungkapkan dalam forum lain, termasuk Dewan Keamanan PBB dan Majelis Umum PBB, yang dalam Resolusi No. ES-11/1 tanggal 2 Maret 2022, sebagaimana diadopsi oleh suara mayoritas (141 suara setuju, 5 menentang , 35 abstain, 12 absen) sangat menyesalkan agresi Federasi Rusia terhadap Ukraina dan menuntut penarikan penuh dan tanpa syarat dari wilayah Ukraina. Sebagian besar anggota mengecam keras perang di Ukraina dan menekankan hal itu menyebabkan penderitaan manusia yang luar biasa dan memperburuk kerentanan yang ada dalam ekonomi global - menghambat pertumbuhan, meningkatkan inflasi, mengganggu rantai pasokan, meningkatkan kerawanan energi dan pangan, dan meningkatkan risiko stabilitas keuangan. Ada pandangan lain dan penilaian berbeda terhadap situasi dan sanksi. Menyadari bahwa G20 bukanlah forum untuk menyelesaikan masalah keamanan, kami mengakui bahwa masalah keamanan dapat memiliki konsekuensi yang signifikan bagi ekonomi global.

4. Sangat penting untuk menegakkan hukum internasional dan sistem multilateral yang menjaga perdamaian dan stabilitas. Ini termasuk membela semua Tujuan dan Prinsip yang diabadikan dalam Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan mematuhi hukum humaniter internasional, termasuk perlindungan warga sipil dan infrastruktur dalam konflik bersenjata. Penggunaan atau ancaman penggunaan senjata nuklir tidak dapat diterima. Penyelesaian konflik secara damai, upaya mengatasi krisis, serta diplomasi dan dialog, sangat penting. Zaman sekarang tidak boleh perang.

5. Pada saat krisis ekonomi global saat ini, G20 harus mengambil tindakan yang nyata, tepat, cepat, dan perlu, menggunakan semua alat kebijakan yang tersedia. Untuk mengatasi tantangan bersama, termasuk melalui kerja sama kebijakan makro internasional dan kolaborasi nyata. Denga demikian, kami tetap berkomitmen untuk mendukung negara-negara berkembang. Khususnya negara-negara yang kurang berkembang, dan pulau kecil berkembang, dalam menanggapi tantangan global ini dan mencapai SDGs. Sejalan dengan tema Presidensi G20 Indonesia- Pulih Bersama, Pulih Lebih Kuat, kami akan mengambil tindakan terkoordinasi untuk memajukan agenda pemulihan global yang kuat, inklusif, dan tangguh serta pembangunan berkelanjutan yang menghasilkan lapangan kerja dan pertumbuhan. Dengan Tetap gesit dan fleksibel dalam respons dan kerja sama kebijakan ekonomi makro kami. Kami akan melakukan investasi publik dan reformasi struktural, mempromosikan investasi swasta, danmemperkuat perdagangan multilateral dan ketahanan rantai pasokan global, untuk mendukung jangka panjang pertumbuhan, transisi yang berkelanjutan dan inklusif, hijau dan adil. Kami akan memastikan jangka panjang
kesinambungan fiskal, dengan bank sentral kami berkomitmen untuk mencapai stabilitas harga.

- Melindungi stabilitas ekonomi makro dan keuangan dan tetap berkomitmen untuk menggunakan semuanya alat yang tersedia untuk memitigasi risiko penurunan, mencatat langkah-langkah yang diambil sejak Global
Krisis Keuangan untuk memperkuat ketahanan keuangan dan mempromosikan keuangan berkelanjutan dan aliran modal.

- Mengambil tindakan untuk mempromosikan ketahanan pangan dan energi dan mendukung stabilitas pasar, memberikan dukungan sementara dan terarah untuk meredam dampak kenaikan harga, memperkuat dialog antara produsen dan konsumen, serta meningkatkan perdagangan dan investasi untuk kebutuhan ketahanan pangan dan energi jangka panjang, pangan yang tangguh dan berkelanjutan,pupuk dan sistem energi.

- Membuka investasi lebih lanjut untuk negara berpenghasilan rendah dan menengah serta negara berkembang lainnya, melalui berbagai sumber dan instrumen pembiayaan yang inovatif, termasuk untuk mengkatalisasi investasi swasta, untuk mendukung pencapaian SDGs. Kami meminta Bank Pembangunan Multilateral untuk memajukan tindakan untuk memobilisasi dan menyediakan pembiayaan tambahan dalam mandat mereka, untuk mendukung pencapaian SDG termasuk melalui pembangunan berkelanjutan dan investasi infrastruktur, dan menanggapi tantangan global.

- Berkomitmen kembali untuk mempercepat pencapaian SDGs, mencapai kemakmuran untuk semua pembangunan berkelanjutan

Silakan klik tautan Kemlu RI ini untuk mengakses versi lengkap deklarasi KTT G20 Bali.

Isi deklarasi KTT G20 Bali poin 6-10

6. Kami sangat prihatin dengan tantangan terhadap ketahanan pangan global yang diperburuk oleh arus konflik dan ketegangan. Karena itu kami berkomitmen untuk mengambil tindakan mendesak untuk menyelamatkan nyawa, mencegah kelaparan dan malnutrisi, khususnya untuk mengatasi kerentanan negara-negara berkembang, dan menyerukan transformasi yang dipercepat menuju pertanian yang berkelanjutan dan tangguh dan sistem pangan dan rantai pasokan.

Kami berkomitmen untuk melindungi yang paling rentan dari kelaparan menggunakan semua alat yang tersedia untuk mengatasi krisis pangan global. Kami akan mengambil koordinasi lebih lanjut tindakan untuk mengatasi tantangan ketahanan pangan termasuk lonjakan harga dan kekurangan pangan komoditas dan pupuk secara global. Mengingat upaya G20 seperti Pertanian Global dan Program Ketahanan Pangan, kami menyambut inisiatif global, regional, dan nasional sebagai dukungan ketahanan pangan, dan khususnya perhatikan kemajuan yang dibuat oleh Sekretaris Jenderal PBB Global Crisis Response Group on Food, Energy and Finance, serta Grup Bank Dunia dan tanggapan ketahanan pangan IMF.

Kami menekankan pentingnya membangun di atas G20 Deklarasi Matera, bekerja sama untuk memproduksi dan mendistribusikan makanan secara berkelanjutan, memastikan hal itu sistem pangan berkontribusi lebih baik untuk adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim, dan berhenti dan membalikkan hilangnya keanekaragaman hayati, diversifikasi sumber makanan, mempromosikan makanan bergizi untuk semua, memperkuat rantai nilai pangan global, regional, dan lokal, serta mempercepat upaya pengurangan pangan kerugian dan pemborosan. Kami juga akan menerapkan pendekatan One Health, mengintensifkan penelitian tentang makanan sains dan teknologi, dan meningkatkan kapasitas pemangku kepentingan di sepanjang rantai pasokan pangan, khususnya perempuan, pemuda, petani kecil, dan petani marjinal serta nelayan.

7. Kami mendukung upaya internasional untuk menjaga agar rantai pasokan makanan tetap berfungsi di bawah tantangan keadaan. Kami berkomitmen untuk mengatasi kerawanan pangan dengan memastikan aksesibilitas, keterjangkauan, dan keberlanjutan pangan dan produk pangan bagi masyarakat yang membutuhkan, khususnya di negara berkembang dan negara kurang berkembang. Kami menegaskan kembali dukungan kami untuk keterbukaan, perdagangan pertanian berbasis aturan yang transparan, inklusif, dapat diprediksi, dan tidak diskriminatif berdasarkan aturan WTO. Kami menyoroti pentingnya meningkatkan prediktabilitas pasar, meminimalkan distorsi, meningkatkan kepercayaan bisnis, dan memungkinkan pertanian dan pangan perdagangan mengalir lancar. Kami menegaskan kembali perlunya memperbarui aturan perdagangan pangan pertanian global dan untuk memfasilitasi perdagangan produk pertanian dan makanan, serta pentingnya tidak memberlakukan larangan atau pembatasan ekspor pangan dan pupuk secara tidak konsisten dengan ketentuan WTO yang relevan.

Kami berkomitmen untuk pasokan yang berkelanjutan, sebagian berbasis lokal sumber pangan, serta diversifikasi produksi pangan dan pupuk untuk mendukung secara maksimal rentan terhadap gangguan rantai pasok perdagangan pangan. Kami akan menghindari dampak buruk ketahanan pangan dengan sengaja. Kami berkomitmen untuk memfasilitasi pasokan kemanusiaan untuk memastikan akses makanan dalam situasi darurat dan memanggil Negara-negara Anggota PBB dan semua pemangku kepentingan yang relevan dengan sumber daya yang tersedia untuk memberikan sumbangan dalam bentuk barang dan sumber daya untuk mendukung negara paling terpengaruh oleh krisis pangan, seperti yang dipersyaratkan dan berdasarkan kebutuhan yang dinilai oleh pemerintah dari negara-negara yang terkena dampak. Kami terus mendukung mengukir kegiatan kemanusiaan dari sanksi dan meminta semua negara untuk mendukung tujuan ini, termasuk melalui upaya saat ini di PBB. Kami akan terus memantau secara ketat keadaan ketahanan pangan dan nutrisi global.

8.Kami menyambut baik dua Perjanjian Istanbul yang ditengahi oleh Turki dan PBB yang ditandatangani pada 22 Juli 2022 dan terdiri dari Prakarsa Transportasi Gabah dan Pangan yang Aman dari Pelabuhan Ukraina (Inisiatif Butir Laut Hitam) dan Nota Kesepahaman antara Federasi Rusia dan Sekretariat Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Mempromosikan Pangan Rusia Produk dan Pupuk ke Pasar Dunia, pada pengiriman biji-bijian tanpa hambatan, bahan makanan, dan pupuk/input dari Ukraina dan Federasi Rusia, untuk meredakan ketegangan dan mencegah kerawanan pangan global dan kelaparan di negara-negara berkembang.

Kami menekankan pentingnya penerapan penuh, tepat waktu dan berkelanjutan oleh semua pemangku kepentingan terkait, seperti serta seruan Sekretaris Jenderal PBB untuk melanjutkan upaya ini oleh Para Pihak. Di dalam konteks kami menyoroti upaya lain yang memastikan aliran barang pertanian pangan seperti UE Solidarity Lanes dan sumbangan pupuk Rusia yang difasilitasi oleh World Food Program. Selain itu, kami mencatat berbagai inisiatif untuk mengatasi kerawanan pangan seperti inisiatif Kelompok Koordinasi Arab

9. Kami berkomitmen untuk mendukung penerapan praktik dan teknologi inovatif,
termasuk inovasi digital dalam pertanian dan sistem pangan untuk meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan selaras dengan alam dan mempromosikan mata pencaharian petani dan nelayan dan meningkatkan pendapatan, khususnya petani kecil dengan meningkatkan efisiensi, dan akses yang sama terhadap pangan rantai pasokan. Kami akan mempromosikan investasi yang bertanggung jawab dalam penelitian dan sains pertanian dan pendekatan berbasis bukti.

Kami akan terus memperkuat Pasar Pertanian Sistem Informasi (AMIS) sebagai alat peringatan dini, untuk peningkatan pangan dan pupuk/sabun transparansi pasar, mengurangi ketidakpastian pasar, dan mendukung tanggapan kebijakan yang terkoordinasi
untuk ketahanan pangan dan gizi, melalui berbagi data dan informasi yang andal dan tepat waktu

10. Kami meminta Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) dan Grup Bank Dunia (WBG) untuk berbagi dengan kami hasil latihan pemetaan mereka tentang kerawanan pangan, yang akan konsolidasi di masa depan dengan masukan dari para ahli teknis dan internasional lainnya yang relevan organisasi, dan akan memberikan analisis respon sistemik untuk mengatasi ketahanan pangan. Ini akan mengidentifikasi kesenjangan besar dalam respons global; memeriksa variabel makanan dan gizi dan pendanaan; mengkaji pasokan dan permintaan pupuk; dibangun di atas Pertanian G20
Sistem Informasi Pasar (AMIS); dan mengidentifikasi masalah jangka menengah yang membutuhkan lebih lanjut analisis teknis dan sistemik. FAO dan WBG akan melaporkan kembali pada Pertemuan Musim Semi 2023.

Isi deklarasi KTT G20 Bali poin 11-15

11. Kami bertemu pada saat krisis iklim dan energi, ditambah dengan tantangan geopolitik. Kita sedang mengalami volatilitas harga dan pasar energi serta kekurangan/gangguan energi Pasokan. Kami menggarisbawahi urgensi untuk mengubah dan mendiversifikasi sistem energi dengan cepat, maju ketahanan dan ketahanan energi serta stabilitas pasar, dengan mempercepat dan memastikan transisi dan aliran energi yang berkelanjutan, adil, terjangkau, dan inklusif investasi.

Kami menekankan pentingnya memastikan bahwa permintaan energi global diimbangi oleh pasokan energi yang terjangkau. Kami menegaskan kembali komitmen kami untuk mencapai nol bersih global emisi gas rumah kaca/netralitas karbon pada atau sekitar pertengahan abad, sambil mempertimbangkan memperhitungkan perkembangan ilmiah terbaru dan keadaan nasional yang berbeda. Kami meminta
dukungan berkelanjutan untuk negara-negara berkembang, terutama di negara-negara yang paling rentan, di dalam hal menyediakan akses ke kapasitas energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern membangun, teknologi terbaru yang terjangkau dalam domain publik, saling menguntungkan kerja sama teknologi dan pembiayaan aksi mitigasi di sektor energi.

12. Kami menegaskan kembali komitmen kami untuk mencapai target SDG 7 dan berupaya menutup kesenjangan energi akses dan untuk memberantas kemiskinan energi. Menyadari peran kepemimpinan kami, dan dipandu oleh Bali Compact dan Peta Jalan Transisi Energi Bali, kami berkomitmen untuk mencari solusi untuk mencapai stabilitas pasar energi, transparansi, dan keterjangkauan. Kami akan mempercepat transisi dan mencapai tujuan iklim kita dengan memperkuat rantai pasokan energi dan energi, dan diversifikasi bauran dan sistem energi. Kami akan dengan cepat meningkatkan penyebaran pembangkit listrik nol dan rendah emisi, termasuk energi terbarukan sumber daya, dan langkah-langkah untuk meningkatkan efisiensi energi, teknologi pengurangan serta penghilangan, dengan mempertimbangkan keadaan nasional.

Kami mengenali pentingnya untuk mempercepat pengembangan, penyebaran dan penyebaran teknologi, dan penerapan kebijakan, menuju transisi menuju sistem energi rendah emisi, termasuk dengandengan cepat meningkatkan penyebaran pembangkit listrik bersih, termasuk energi terbarukan, seperti serta langkah-langkah efisiensi energi, termasuk upaya percepatan menuju penurunan bertahap berkurang , sejalan dengan kondisi nasional dan mengakui kebutuhan akan mendukung transisi yang adil. Kami akan meningkatkan upaya kami untuk mengimplementasikan komitmen tersebut
dibuat pada tahun 2009 di Pittsburgh untuk menghapus dan merasionalisasi, dalam jangka menengah, tidak efisien fosil yang mendorong konsumsi boros dan berkomitmen untuk mencapainya tujuan , sambil memberikan dukungan yang ditargetkan untuk yang paling miskin dan paling rentan. Kami akan memperkuat kerja sama internasional serta dialog produsen-konsumen yang relevan mengamankan keterjangkauan dan aksesibilitas energi dengan membatasi volatilitas harga energi dan meningkatkan teknologi yang bersih, aman, inklusif, dan berkelanjutan, termasuk mengembangkan kawasan interkoneksi energi.

Kami berkomitmen untuk mempromosikan investasi secara berkelanjutan infrastruktur dan industri, serta teknologi inovatif dan berbagai kebijakan fiskal, pasar dan regulasi untuk mendukung transisi energi bersih, termasuk, sebagai sesuai , penggunaan mekanisme harga karbon dan non-harga dan insentif, sementara memberikan dukungan yang ditargetkan untuk yang paling miskin dan paling rentan.

13. Mengingat peran kepemimpinan kami, kami menegaskan kembali komitmen teguh kami, dalam mengejar tujuan UNFCCC, untuk mengatasi perubahan iklim dengan memperkuat penuh dan efektif implementasi Perjanjian Paris dan sasaran suhunya, yang mencerminkan ekuitas dan
prinsip tanggung jawab bersama tetapi dibedakan dan kemampuan masing-masing mengingat keadaan nasional yang berbeda . Kami akan memainkan peran kami sepenuhnya dalam mengimplementasikan Glasgow Pakta Iklim dan hasil yang relevan dari COP dan CMA sebelumnya, khususnya COP 26, termasuk seruan untuk meninjau kembali dan memperkuat target 2030 di NDC kami, sebagaimana diperlukan untuk menyelaraskan dengan Perjanjian Paris. Dalam hal ini, kami menyambut baik peningkatan aksi iklim yang dihasilkan dari NDC baru atau yang diperbarui dan mengundang para pihak untuk segera meningkatkan mitigasi dan adaptasi dan sarana implementasi serta membuat kemajuan pada kerugian dan kerusakan pada COP 27 yang diadakan di Afrika.

Memperhatikan penilaian IPCC yang berdampak perubahan iklim akan jauh lebih rendah pada kenaikan suhu 1,5°C dibandingkan dengan 2°C, kami memutuskan untuk melakukan upaya untuk membatasi kenaikan suhu hingga 1,5°C. Ini akan membutuhkan bermakna dan efektif oleh semua negara, dengan mempertimbangkan pendekatan yang berbeda, melalui pengembangan jalur nasional yang jelas yang menyelaraskan ambisi jangka panjang dengan tujuan jangka pendek dan menengah, dan dengan kerjasama internasional dan dukungan , termasuk keuangan dan teknologi, dan konsumsi yang berkelanjutan dan bertanggung jawab dan produksi sebagai pendukung penting, dalam konteks pembangunan berkelanjutan.

14. Kami menyambut kemajuan hingga saat ini menuju pencapaian Keanekaragaman Hayati Global Pasca 2020 Kerangka Kerja (GBF). Kami mendesak semua pihak dan negara untuk menyelesaikan dan mengadopsi GBF dengan pandangan mewujudkan Visi 2050 “Hidup Harmoni dengan Alam” pada bagian kedua dari COP15 CBD sebagai kerangka tindakan dan akuntabilitas yang kuat untuk menghentikan dan membalikkan keanekaragaman hayati pada tahun 2030 dan, sebagaimana mestinya, memperbarui Strategi Keanekaragaman Hayati Nasional dan Rencana Tindakan yang sesuai. Kami menekankan pentingnya mencapai dan mensinergikan tujuan dari ketiga Konvensi Rio. Kami menekankan perlunya tujuan yang jelas dan terukur dan target untuk keanekaragaman hayati dan sarana implementasi dan akuntabilitas.

Kami berkomitmen untuk memperkuat tindakan untuk menghentikan dan memulihkan hilangnya keanekaragaman hayati pada tahun 2030 dan meminta Pihak CBD untuk mengadopsi pasca-2020 yang ambisius, seimbang, praktis, efektif, kuat, dan transformatif Kerangka Keanekaragaman Hayati Global pada COP-15 di Montreal. Kami mendesak untuk peningkatan sumber daya mobilisasi dari semua sumber, termasuk dari negara dan entitas, untuk menyediakan layanan baru dan tambahan untuk pelaksanaan GBF, setelah dinegosiasikan, termasuk untuk membantu mengaktifkan dan mendukung pihak negara berkembang, dan untuk menyelaraskan sektor swasta dan arus keuangan publik dengan tujuan keanekaragaman hayati.

Kami akan meningkatkan upaya untuk memerangi keanekaragaman hayati, penggundulan hutan, penggurunan, degradasi lahan dan kekeringan, serta memulihkan lahan terdegradasi untuk mencapai netralitas degradasi lahan pada tahun 2030, dan untuk mendukung Ambisi G20 untuk mengurangi degradasi lahan sebesar 50% pada tahun 2040 secara sukarela. Kita mengakui upaya yang dilakukan oleh sejumlah negara untuk memastikan bahwa setidaknya 30% dari lahan global dan setidaknya 30% lautan dan lautan global dilestarikan atau dilindungi pada tahun 2030 dan kita akan membantu untuk membuat kemajuan menuju tujuan ini sesuai dengan keadaan nasional. Kami berkomitmen untuk mengurangi dampak lingkungan dengan mengubah konsumsi yang tidak berkelanjutan dan produksi serta meningkatkan pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan termasuk dengan mencegah lalu lintas sampah lintas batas secara ilegal.

15. Kami akan meningkatkan upaya untuk menghentikan dan memulihkan hilangnya keanekaragaman hayati, termasuk melalui berbasis alam Solusi dan Pendekatan Berbasis Ekosistem, mendukung mitigasi dan adaptasi iklim, meningkatkan konservasi dan perlindungan lingkungan, penggunaan dan restorasi yang berkelanjutan, menanggapi bencana alam, mengurangi degradasi ekosistem, meningkatkan layanan ekosistem dan untuk mengatasi masalah yang mempengaruhi lingkungan laut dan pesisir. Kami akan lebih mempromosikan berkelanjutan dan gaya hidup, efisiensi sumber daya dan ekonomi sirkular meningkat keberlanjutan dan bekerja sama dalam berbagi pengetahuan ilmiah, meningkatkan kesadaran, dan peningkatan kapasitas , khususnya untuk memajukan aksi iklim berbasis laut.

Kita berkomitmen untuk mengakhiri penangkapan ikan ilegal, tidak dilaporkan dan tidak diatur. Kami menyambut WTO multilateral tentang Subsidi Perikanan dan mendorong pemberlakuannya secara cepat. Di barisan dengan Resolusi UNEA 5/14, kami berkomitmen untuk mengembangkan hukum internasional yang mengikat instrumen pencemaran plastik, termasuk di lingkungan laut, dengan ambisi menyelesaikan pekerjaan pada akhir tahun 2024. Kami menyoroti kemajuan yang dicapai dan meminta berpartisipasi untuk mencapai kesepakatan yang ambisius dan seimbang tanpa penundaan instrumen internasional yang mengikat secara hukum di bawah UNCLOS tentang konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan keanekaragaman hayati laut di wilayah di luar yurisdiksi nasional, sebagaimana disebut untuk dalam Resolusi UNGA 69/292. Kami juga mengakui bahwa ekosistem, termasuk hutan, namun , terumbu karang, ekosistem lahan basah dengan segala keanekaragamannya, termasuk lahan gambut dan mangrove , mendukung upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Isi deklarasi KTT G20 Bali poin 16-20

16. Kami mengakui kebutuhan mendesak untuk memperkuat kebijakan dan memobilisasi pembiayaan, dari semua pihak dengan cara yang dapat diprediksi, memadai dan tepat waktu untuk mengatasi perubahan iklim, keanekaragaman hayati kerugian , dan degradasi lingkungan termasuk peningkatan dukungan yang signifikan untuk pembangunan negara. Kami mengingatkan dan selanjutnya mendesak negara-negara maju untuk memenuhi komitmen mereka mencapai tujuan untuk bersama-sama memobilisasi US$ 100 miliar per tahun segera pada tahun 2020 dan seterusnya hingga 2025 dalam konteks aksi mitigasi yang bermakna dan transparansi implementasi.

Kami juga mendukung musyawarah lanjutan untuk tujuan terukur kolektif baru yang ambisius iklim dari batas bawah US$ 100 miliar per tahun untuk mendukung negara-negara berkembang, itu membantu dalam memenuhi tujuan UNFCCC dan implementasi Perjanjian Paris. Kami menekankan pentingnya transparansi dalam pelaksanaan janji. Kami juga ingat Pakta Iklim Glasgow yang mendesak negara-negara maju untuk setidaknya menggandakan kolektif mereka penyediaan pendanaan iklim untuk adaptasi ke negara-negara berkembang, dari tingkat 2019, hingga 2025, dalam rangka mencapai keseimbangan antara mitigasi dan adaptasi dalam penyediaan
meningkatkan sumber daya keuangan, mengingat Pasal 9 Perjanjian Paris.

17. Dalam rangka memperkuat upaya global untuk mencapai tujuan PBB Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) dan tujuan Perjanjian Paris, serta melaksanakan komitmen COP26, kami tegaskan kembali bahwa bauran kebijakan kami menuju karbon dan nol bersih harus mencakup berbagai fiskal, pasar dan peraturan mekanisme termasuk, jika sesuai, penggunaan penetapan harga karbon dan non-penetapan harga mekanisme dan insentif, dan penghapusan bertahap dan rasionalisasi, dalam jangka menengah, tidak efisien fosil yang mendorong konsumsi boros dan berkomitmen untuk mencapainya tujuan , sambil memberikan dukungan yang ditargetkan kepada yang paling miskin dan paling rentan, dan sejalan dengan keadaan nasional. Kami mengakui risiko ekonomi makro yang berasal dari iklim dan akan melanjutkan diskusi tentang biaya dan manfaat yang berbeda transisi.

18. Kami berkomitmen untuk mengambil tindakan dalam mendukung transisi yan tertib, adil dan terjangkau mencapai tujuan Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan sejalan dengan UNFCCC dan Perjanjian Paris serta dengan konvensi Keanekaragaman Hayati. Kita
menyambut kemajuan yang dibuat di seluruh G20, organisasi internasional, internasional lainnya jaringan dan inisiatif, dan sektor swasta dalam menangani prioritas G20
Peta Jalan Keuangan Berkelanjutan, yang bersifat sukarela dan fleksibel, dan membutuhkan lebih jauh upaya untuk memajukan tindakan yang direkomendasikan Roadmap yang akan meningkatkan keberlanjutan pembiayaan . Kami menyambut baik pembentukan Kelompok Kerja Keuangan Berkelanjutan secara online dashboard dan repositori pekerjaan yang relevan, untuk menggambarkan kemajuan yang sedang berlangsung dan masa depan dibuat, dan mendorong anggota untuk berkontribusi secara sukarela, mengambil negara keadaan menjadi pertimbangan. Kami mendukung Laporan Keuangan Berkelanjutan G20 2022 yang mengartikulasikan rekomendasi praktis dan sukarela untuk yurisdiksi dan relevan pemangku kepentingan dalam mengembangkan kerangka keuangan transisi, meningkatkan kredibilitas
keuangan dan meningkatkan instrumen keuangan berkelanjutan, dengan fokus pada peningkatan aksesibilitas dan keterjangkauan. Kami juga menyambut yang berharga diskusi selama Forum Kepresidenan tentang pengungkit kebijakan yang memberi insentif pembiayaan daninvestasi untuk mendukung transisi

19. Kami tetap berkomitmen untuk mendorong pemulihan yang sehat dan berkelanjutan yang menuju mencapai dan mempertahankan Cakupan Kesehatan Universal di bawah SDGs. Sedangkan COVID-19 pandemi belum berakhir, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini menyatakan cacar monyet sebagai Kepedulian Internasional Darurat Kesehatan Masyarakat (PHEIC) lainnya,memperkuat hal itu internasional selalu ada dan bahwa G20 dan komunitas global yang lebih luas harus bersatu untuk meningkatkan pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons kolektif kita kemampuan . Kami menegaskan kembali pentingnya penguatan sistem kesehatan nasional dengan menempatkan orang di pusat kesiapsiagaan dan memperlengkapi mereka untuk merespons secara efektif.

Kita menekankan perlunya akses yang adil terhadap penanggulangan medis pandemi, dan menyambut upaya ACT-A, dan perhatikan bahwa hasil evaluasi eksternal ACT-A bisa menjadi pelajaran yang berguna untuk diskusi selanjutnya. Kami menegaskan kembali komitmen kami untuk memperkuat global kesehatan , dengan peran memimpin dan koordinasi WHO dan dukungan dari pihak lain internasional . Kami mendukung kerja Badan Perundingan Antarpemerintah (INB) yang akan menyusun dan menegosiasikan instrumen yang mengikat secara hukum yang harus memuat keduanya secara hukum mengikat dan tidak mengikat secara hukum untuk memperkuat PPR pandemi dan kelompok kerja tentang Peraturan Kesehatan Internasional yang akan mempertimbangkan amandemen Internasional Peraturan Kesehatan (IHR) (2005) mengingat bahwa keputusan akan dibuat oleh Kesehatan Dunia Perakitan.

20. Panel Independen Tingkat Tinggi G20, serta WHO dan Bank Dunia telah melakukan estimasi ada kesenjangan pembiayaan PPR pandemi tahunan sekitar US$ 10 miliar. Seperti yang diprakarsai oleh Presidensi G20 Arab Saudi, Presidensi G20 Italia dan dilanjutkan oleh Presidensi G20 Indonesia, kami menyambut baik penyediaan sumber daya keuangan tambahan, untuk membantu dalam pembiayaan kesenjangan kritis dalam melaksanakan IHR (2005) dan meningkatkan kapasitas PPR. Di dengan ini, kami menyambut baik pembentukan Dana Perantara Keuangan baru untuk PPR Pandemi ('Dana Pandemi') yang diselenggarakan oleh Bank Dunia. Ini bertujuan untuk mengatasi kritis pandemi dan membangun kapasitas di tingkat nasional, regional dan global, membawa penambahan sumber daya keuangan untuk PPR pandemi, mengkatalisasi investasi pelengkap, dan memfasilitasi pendekatan yang terkoordinasi dan koheren untuk penguatan PPR pandemi.

Kita menyambut keanggotaan inklusif dan representasi Dana Pandemi dari rendah dan berpenghasilan menengah, organisasi masyarakat sipil dan donor, dan pengakuan WHO teknis dan peran koordinasi sentral dalam upaya ini, yang mencerminkan kepemimpinannya peran dalam arsitektur kesehatan global. Kami mengapresiasi kerja Sekretariat yang diselenggarakan oleh Bank Dunia, dengan WHO sebagai technical lead dan sebagai chair of Technical Advisory Panel. Kita nantikan peluncuran panggilan pertama Dana Pandemi untuk proposal sesegera mungkin.

Kami berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas negara berkembang untuk PPR pandemi melalui Dana Pandemi, dan nantikan tinjauan inventarisasi Dana Pandemi di bagian akhir tahun pertama untuk memanfaatkan pelajaran yang dipetik dan menggabungkan setiap perubahan yang diperlukan untuk memastikannya sesuai dengan dokumen yang mengaturnya dan efektif dalam mengisi PPR kritis kesenjangan , dan terus memiliki peran koordinasi sentral untuk WHO, mempertahankan kuat  koneksi ke G20, dan termasuk perspektif berpenghasilan rendah dan menengah negara dan mitra non-G20 tambahan dalam pengambilan keputusannya. Kami memuji janji oleh donor saat ini, berjumlah lebih dari US$ 1,4 miliar, dan mendorong tambahan sukarela janji. Kami meminta donor baru untuk bergabung dengan Dana Pandemi, karena mereka mampu.

Isi deklarasi KTT G20 Bali poin 21-25

21. Sangat penting untuk melanjutkan kolaborasi antara Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan untuk pandemi PPR. Kami menyampaikan mandat Satgas, dan meminta Sekretariat Satgas untukbbekerja dengan ketua bersama Satuan Tugas, Presidensi G20 India yang akan datang, Troika G20, dan Anggota G20 menyepakati rencana kerja Satuan Tugas untuk tahun 2023, dengan mempertimbangkan multi-tahun cakrawala perencanaan . Kami berterima kasih kepada WHO karena terus menjadi tuan rumah Sekretariat, dengan dukungan dari Bank Dunia. Pada tahun 2023 Gugus Tugas akan terus diketuai bersama oleh Indonesia dan Italia, yang mewakili perspektif ekonomi maju dan berkembang, dan akan terus memanfaatkan keahlian WHO, Lembaga Keuangan Internasional dan organisasi terkait lainnya, dengan dukungan Presidensi G20 India 2023.

Memperluas suara masyarakat berpenghasilan rendah negara kami mengundang organisasi regional utama untuk bergabung dalam pertemuan Gugus Tugas, sebagaimana mestinya. Kami akan bekerja sama dengan WHO untuk memastikan Satuan Tugas terus melengkapi global dan tidak ada lagi duplikasi dan fragmentasi sistem tata kelola kesehatan global. Menyampaikan mandat dari G20 Rome Leaders' Deklarasi, pada tahun 2023 Gugus Tugas akan terus mengembangkan pengaturan koordinasi antara Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan, dan berbagi praktik dan pengalaman terbaik dari masa lalu keuangan-kesehatan untuk mengembangkan tanggapan bersama terhadap pandemi, sebagaimana mestinya. Gugus Tugas akan melakukan pekerjaan untuk lebih memahami risiko dan kerentanan ekonomi dari pandemi, dan cara memitigasinya, dengan fokus pada koordinasi keuangan dan kesehatan dalam menanggapi pandemi baru, dengan mempertimbangkan keadaan khusus negara dan mengenali pentingnya pekerjaan lebih lanjut pada mobilisasi sumber daya. Kami meminta Satgas untuk melaporkan kembali ke Menteri Keuangan dan Kesehatan pada tahun 2023 tentang perkembangannya.

22. Kami menyadari bahwa imunisasi COVID-19 yang ekstensif adalah barang publik global dan kami akan melakukannya tingkatkan upaya kami untuk memastikan akses yang tepat waktu, merata, dan universal terhadap kualitas yang aman, terjangkau dan vaksin, terapi dan diagnostik (VTD) yang efektif. Mengakui adopsi Deklarasi Menteri tentang Tanggapan WTO terhadap Pandemi COVID-19 dan Kesiapsiagaan Pandemi Mendatang dan Keputusan Menteri tentang Perjanjian TRIPS di Konferensi Menteri ke-12 WTO (MC12), kami mencatat bahwa, tidak lebih dari enam bulan sejak Keputusan Menteri tentang Perjanjian TRIPS, anggota WTO akan memutuskan perpanjangannya untuk mencakup produksi dan pasokan diagnostik dan terapeutik COVID-19. Kami tetap berkomitmen untuk menanamkan dan meningkatkan pendekatan One Health multisektoral global , termasuk pengawasan genomik, untuk mendeteksi patogen dan antimikroba (AMR) yang dapat mengancam kesehatan manusia. Untuk mengaktifkan patogen global pengawasan sebagai bagian dari komitmen kami untuk menerapkan IHR (2005), kami mendorong berbagi data patogen secara tepat waktu pada platform bersama dan tepercaya bekerja sama dengan WHO. Kami mendorong pembagian manfaat yang timbul dari pemanfaatan patogen secara konsisten dengan hukum nasional yang berlaku.

23. Kami menyadari perlunya memperkuat pembuatan produk kesehatan lokal dan regional kapasitas dan kerjasama serta penelitian global dan regional yang berkelanjutan dan jaringan pengembangan untuk memfasilitasi akses yang lebih baik ke VTD secara global, terutama di negara berkembang negara , dan menggarisbawahi pentingnya kemitraan publik-swasta, dan teknologi transfer dan berbagi pengetahuan dengan syarat sukarela dan disepakati bersama. Kami mendukung Pusat Transfer Teknologi Vaksin mRNA WHO serta semua sebagai juru bicara di semua wilayah dunia dengan tujuan berbagi teknologi dan pengetahuan teknis secara sukarela dan disepakati bersama.

Kami menyambut penelitian bersama dan produksi bersama vaksin, termasuk peningkatan kerjasama antar negara berkembang. Kami mengakui pentingnya bersama , di bawah kerangka IHR (2005), untuk memfasilitasi perjalanan internasional tanpa hambatan, interoperabilitas, dan mengenali solusi digital dan solusi non-digital, termasuk bukti vaksinasi. Kami mendukung lanjutan internasional dialog dan kolaborasi tentang pembentukan jaringan kesehatan digital global yang tepercaya sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat pencegahan dan respons terhadap pandemi di masa depan, yang seharusnya memanfaatkan dan membangun keberhasilan standar yang ada dan COVID-19 digital sertifikat.

Demikian cuplikan isi deklarasi KTT G20 Bali. Untuk mengakses versi lengkap deklarasi KTT G20 Bali dapat diunduh pada laman Kemlu RI kemlu.go.id. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Related Topics

KTT G20 BaliKTT G20

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

TDS 3 in Jakarta: NCT Dream, Sebuah Ikon Pertumbuhan
Perluas Basis Nasabah, Maybank Rilis Kartu Kredit Manchester United
Elon Musk Resmikan Layanan Starlink di Puskemas Bali
Perbedaan Kelebihan Jaminan Untuk Meminjam Uang di Pegadaian
8 Tips Memulai Bisnis Fashion untuk Brand Sendiri
7 Perusahaan Makanan Terbesar di Indonesia, Pimpin Industri!