Telkomsel Hadirkan Robocall untuk Mempermudah Rumah Sakit

Solusi digitalisasi layanan kesehatan. Apa kelebihannya?

Telkomsel Hadirkan Robocall untuk Mempermudah Rumah Sakit
Dok. Telkomsel
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Operator seluler Telkomsel menghadirkan Robocall, layanan yang memungkinkan rumah sakit melakukan panggilan kepada pelanggan secara bersamaan secara digital atau tanpa memerlukan agen.

Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel, Dharma Simorangkir, mengatakan adanya gap antara kebutuhan layanan digital yang dikehendaki oleh konsumen dengan layanan rumah sakit saat ini, membuat semua rumah sakit berlomba-lomba melakukan transformasi digital.

"Untuk itu Telkomsel datang memberikan berbagai macam solusi dan menjadi your partner digital transformer. Harapannya agar perusahaan atau rumah sakit bisa berfokus pada peningkatan kualitas layanan utama mereka," katanya, dalam keterangan pers Minggu (10/10).

Apa saja manfaat Robocall?

Meningkatnya permintaan layanan dan jumlah pasien di masa pandemi Covid-19 memaksa rumah sakit harus bertransformasi ke arah digital, baik dari sisi manajemen hingga pelayanannya.

Dharma mengatakan, hadirnya Robocall mempermudah pelayanan rumah sakit. Dalam satu aplikasi, bisa digunakan untuk mengingatkan jadwal check up pasien, jadwal dokter, dan sebagainya.

Di samping itu, upaya ini sejalan dengan adanya Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 20 tahun 2019 tentang penyelenggaraan pelayanan telemedicine antarfasilitas pelayanan kesehatan juga menjadi salah satu faktor percepatan transformasi digitalisasi rumah sakit di Indonesia.

Menjawab kebutuhan pasien

Di sisi lain, Direktur Utama RS Ananda Purwokerto Widayanto memberikan apresiasi kepada Telkomsel atas terobosan Robocall ini. "Terima kasih kepada Telkomsel yang sudah membantu kami dengan layanan Robocall, sehingga kami bisa menghubungi 300 orang pelanggan kami secara bersamaan," ujarnya.

"Terus terang kebutuhan untuk berkomunikasi dengan pasien di masa pandemi ini meningkat jauh di luar ekspektasi kami. Semoga ke depan Telkomsel dan RS Ananda Purwokerto bisa terus bekerja sama," katanya, menambahkan.

Selain menyediakan layanan Robocall, Telkomsel juga menghadirkan layanan Orbit, yaitu solusi wi-fi kapan saja dan di mana saja, layanan video conference Cloud-X dan juga paket internet dengan harga spesial untuk RS dan instansi bisnis lainnya.

Mendukung digitalisasi layanan kesehatan

Sebelumnya, Telkomsel juga berkolaborasi dengan Halodoc untuk mengakselerasi pemerataan akses pelayanan kesehatan yang mudah dan nyaman bagi masyarakat luas. Salah satunya melalui program peduli sehat yang membantu memberi edukasi kepada konsumen mengenai cara mencari pertolongan jika mengalami gejala Covid-19. 

Termasuk pula layanan telemedis atau konsultasi jarak jauh, terkait kondisi kesehatan, atau bertanya seputar penanganan Covid-19 yang dapat diakses lebih leluasa melalui platform Halodoc.

"Di program ini, kami turut membantu mempercepat pembentukan herd immunity dengan membantu menyediakan prasarana, sarana dan tenaga ahli medis yang diperlukan untuk memberi vaksinasi Covid-19 yang didistribusikan pemerintah kepada masyarakat," kata Abdullah Fahmi dalam siaran pers, Sabtu (24/7).

Dalam public expose awal September lalu, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya memaparkan, bahwa pihaknya gencar mendorong kerja sama dengan pemain digital. Upaya tersebut sekaligus strategi perusahaan agar tetap unggul dalam berkompetisi. 

"Kami bisa meluncurkan produk-produk digital sesuai kebutuhan pelanggan dan kami juga bisa membuat proses-proses internal yang lebih efisien dengan adanya digitalisasi di internal TelkomGrup," kata Budi.

Dia menambahkan, ke depannya diharapkan TelkomGrup bisa memberikan produk-produk digital terbaik kepada pelanggan dan juga bisa mengefisienkan proses-proses internal. Upaya tersebut, termasuk dengan mendorong berbagai macam platform digital, sehingga mampu menjadi operator yang efisien.

Selain itu, berbagai upaya digitalisasi juga diharapkan mampu meningkatkan kinerja keuangan dan operasional di seluruh TelkomGrup. Pada saat ini Telkom juga tengah menjalin kerja sama dengan Microsoft, dengan harapan kerja sama akan memberikan manfaat maksimal bagi perusahaan.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Pialang Adalah: Pengertian, Tugas, dan Cara Kerjanya
Lima Anak Bernard Arnault Jadi Direksi, Penerus LVMH Diragukan
Daftar Produk Paling Laris Dibeli di Tokopedia dan Tiktok Saat Ramadan
Pelaku Usaha dan UMKM Kini Bisa Daftar Sertifikasi Halal Lewat Shopee
Peringatan Bank Dunia: Harga Minyak Global Bakal Naik ke US$100
Astra Otoparts Bagi Dividen Rp828 Miliar, Simak Jadwalnya