5 Tips Membeli Tiket Kereta dan Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran

Jangan sampai tidak kebagian.

5 Tips Membeli Tiket Kereta  dan Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran
Sejumlah calon penumpang pesawat antre di loket lapor diri Terminal 2 keberangkatan domestik Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (30/4). (ANTARAFOTO/Fauzan)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Lebaran baru datang lebih dari sebulan lagi, namun pemesanan tiket mudik untuk merayakan Hari Raya Idulfitri telah dibuka dan banyak dicari oleh masyarakat yang tahun ini berencana untuk pulang kampung. Karena momen penting ini hanya terjadi sekali dalam setahun, banyak orang sangat ingin berkumpul bersama keluarga dan kerabat dekat. 

Jika Anda masih belum membeli tiket kereta atau pesawat, berikut adalah beberapa tips untuk membeli tiket dengan lebih efektif:

1. Rencanakan dan pesan tiket dari jauh hari

Cobalah untuk memesan tiket sejak jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Biasanya, maskapai dan operator kereta api menawarkan diskon untuk model pemesanan seperti ini.

Hindari bepergian pada puncak musim liburan atau pada hari-hari besar nasional, karena harga tiket cenderung lebih mahal pada masa-masa tersebut.

2. Gunakan aplikasi untuk mencari promo terbaik

Ada banyak aplikasi perbandingan harga tiket pesawat dan kereta api yang dapat membantu Anda menemukan penawaran terbaik. Manfaatkanlah aplikasi tersebut untuk membandingkan harga tiket dari berbagai maskapai penerbangan dan operator kereta api.

Selain itu, cari penawaran promo menarik untuk libur Lebaran dari berbagai bank. Anda dapat memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan dengan menggunakan kartu kredit demi beroleh berbagai diskon menarik. 

Beberapa maskapai penerbangamn dan operator kereta api menawarkan paket tiket pesawat/kereta api dan penginapan yang lebih terjangkau. Coba cari informasi tentang penawaran ini.

3. Pasang alarm sebagai pengingat

Biasanya pemesanan tiket kereta atau pesawat dapat dilakukan tepat pada pukul 00.00 WIB.

Karena itu, agar tidak ketinggalan momentum, Anda dapat memasang alarm yang menyala sebelum tengah malam. Pasang alarm setidaknya 30 menit sebelum slot pemesanan dibuka, karena biasanya tiket dengan harga murah akan habis dalam waktu cepat.

Selain itu, pertimbangkan pula untuk memesan tiket perjalanan satu arah, yang kadang-kadang lebih murah ketimbang harga tiket pergi–pulang. Coba periksa dulu harga tiket satu arah untuk perjalanan Anda.

4. Pesan tiket secara daring

Jika Anda termasuk tipe orang yang harus pergi ke stasiun kereta atau bandar udara untuk mendapatkan tiket, sudah saatnya memanfaatkan kanal pemesanan online untuk mengamankan tiket. Anda lebih bisa mengirit waktu, tenaga, juga dapat melakukan pembayaran dengan berbagai metode yang ditawarkan.

Pemesanan daring bisa dilakukan via situs web resmi atau lewat berbagai aplikasi perjalanan. Kuncinya adalah akses terhadap koneksi internet yang stabil. Karena pada saat pemesanan, Anda akan bersaing dengan banyak orang lain yang mencoba melakukan pemesanan bersamaan dengan Anda.

 

5. Bergabung dengan program loyalitas

Anda dapat bergabung dengan program loyalitas maskapai penerbangan atau operator kereta api untuk mendapatkan diskon atau penawaran khusus yang biasanya menyasar pelanggan yang sering bepergian.

Anggota program loyalitas selain biasanya mendapat harga khusus juga kemungkinan akan dikirimkan informasi terbaru mengenai penawaran khusus atau diskon tiket kereta api dan pesawat.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia
Laba PTRO Q1-2024 Amblas 94,4% Jadi US$163 Ribu, Ini Penyebabnya
Waspada IHSG Balik Arah ke Zona Merah Pascalibur
Laba Q1-2024 PTBA Menyusut 31,9 Persen Menjadi Rp790,9 Miliar
Laba Q1-2024 Antam Tergerus 85,66 Persen Menjadi Rp238,37 Miliar