Jokowi Sentil Mendag yang Sibuk Kampanye: Saya Minta Fokus Bekerja

Presiden berharap harga migor berada pada kisaran Rp14 ribu.

Jokowi Sentil Mendag yang Sibuk Kampanye: Saya Minta Fokus Bekerja
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers usai menyerahkan bantuan sosial di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (12/07). (BPMI Setpres/Muchlis Jr).
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta menterinya untuk fokus bekerja. Secara khusus dia menyinggung Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, yang videonya viral sedang mengampanyekan putrinya saat membagikan minyak goreng di Lampung.

Joko Widodo menyampaikan hal tersebut usai menyerahkan bantuan sosial di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (12/07).

“Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan, ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi berharap harga minyak goreng curah bisa berada pada kisaran Rp14 ribu atau di bawahnya.

“Tugas dari saya itu, jadi ke pasar-pasar mengecek. Karena saya juga sama mengecek minyak goreng utamanya yang kita cek itu minyak curah, jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium,” ujar Jokowi.

Presiden menjelaskan dari sejumlah pasar yang ia kunjungi, harganya memang sudah berada di kisaran tersebut.

“Kalau di luar Jawa masih ada yang di atas Rp14 ribu, satu per satu akan kita selesaikan,” kata Jokowi.

Menteri lain juga harus fokus

Presiden juga menekankan agar para menteri, utamanya yang mengurusi bidang energi dan pangan, agar bisa berfokus menangani dua hal tersebut. Menurutnya, saat ini situasi dunia sedang terdisrupsi di dua bidang tersebut.

“Ini saya urus terus urusan yang berkaitan dengan BBM, urusan yang berkaitan dengan energi itu misalnya batu bara semuanya karena dunia terdisrupsi di energi dan pangan sehingga kita harus konsentrasi dan jangan sampai kita terpeleset di dua bidang ini,” katanya.

Mendag Zulhas ikut bagikan minyak goreng di Lampung

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) bersama Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (kanan) memperlihatkan minyak goreng kemasan saat peluncuran minyak goreng kemasan rakyat (MinyaKita) di kantornya, Rabu (6/7). (Antara/Galih Pradipta)

Zulkifli Hasan jadi sorotan saat membagikan minyak goreng besutan Kementerian Perdagangan Minyakita secara gratis. Pembagian dilakukan dalam acara PAN-SAR Murah di Telukbetung Timur, Bandar Lampung, pada Sabtu (9/7).

Dalam potongan video yang beredar, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu tampak disambut meriah oleh warga setempat. Kedatangannya diketahui untuk meninjau kondisi harga minyak goreng di pasaran. 

Minyak goreng curah yang diperjualbelikan saat itu dengan harga Rp10.000 untuk 2 liter. Namun, Zulkfli meminta warga yang datang membeli untuk tak membayar, karena minyak tersebut akan ditebus oleh anaknya, Futri Zulya Savitri.

"Nah, uangnya enggak usah diberikan. Di kantong saja, dikantongin! Rp10 ribu yang tanggung Futri tuh Futri," katanya dalam video yang beredar.

Tak sampai di sana, ia secara terang-terangan meminta warga untuk memilih anaknya saat pemilu nanti. "Diterima dari mba Futri, tepuk tangan dong ibu-ibu gratis! Tapi milih Futri ya! Oke? Nah kalau milih Futri entar tiap dua bulan ada deh ginian (minyak goreng gratis)," ujar Zulkifli.

Zulkifli baru dilantik Jokowi menjadi menteri pada 15 Juni lalu menggantikan Muhammad Lutfi. Jokowi pun mengingatkan tugas Zulkifli untuk menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp14 ribu per liter atau di bawahnya. "Paling penting itu, tugas dari saya itu," kata dia.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra Otoparts Bagi Dividen Rp828 Miliar, Simak Jadwalnya
IKN Menjadi Target Inovasi yang Seksi bagi Investor Luar Negeri
Pemerintah Sudah Tarik Utang Rp104,7 Triliun Hingga 31 Maret 2024
Museum Benteng Vredeburg Lakukan Revitalisasi Senilai Rp50 Miliar
Pemerintah Realisasikan Rp220 T Untuk 4 Anggaran Prioritas di Q1 2024
ERAL Kolaborasi dengan DJI dan Fujifilm di Kampanye Motion Creativity