Mendag: Kenaikan Migor Curah Tak Terhindarkan Saat DMO Minim

Minimnya realisasi DMO disebabkan oleh turunnya ekspor.

Mendag: Kenaikan Migor Curah Tak Terhindarkan Saat DMO Minim
Mendag Zulkifli Hasan saat membuka Jakarta X Beauty 2023, Kamis (14/12). (dok. Kemendag).

Fortune Recap

  • Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, mengungkap pemicu tingginya harga minyak goreng curah di tingkat konsumen hingga mencapai Rp15.600 per liter pada Ramadan 2024.
  • Lonjakan harga minyak goreng dipicu oleh menurunnya realisasi domestic market obligation (DMO) Februari 2024, yang hanya mencapai 41,2 persen dari target pemenuhan 300.000 ton.
  • Pemerintah meminta produsen untuk memenuhi distribusi DMO guna mengantisipasi tingginya permintaan selama Ramadan dan Idulfitri 2024.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, mengungkap pemicu tingginya harga minyak goreng curah di tingkat konsumen hingga mencapai Rp15.600 per liter pada Ramadan tahun ini.  

Harga dimaksud telah melewati patokan yang ditetapkan oleh pemerintah, yang dikenal dengan harga eceran tertinggi (HET), yakni Rp14.000 per liter. 

Dia mengatakan lonjakan harga minyak goreng curah dalam negeri ini dipicu oleh penurunan realisasi domestic market obligation atau DMO Februari 2024. Realisasi ini rendah karena ekspor crude palm oil (CPO) dan turunannya turun.

“Realisasi DMO hingga akhir Februari 2024 sebesar 123.536 ton atau mencapai 41,2 persen dari target pemenuhan 300.000 ton,” kata Zulkifli dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (13/3).

Berdasarkan kondisi tersebut, Zulkifli mengatakan pemerintah telah meminta para produsen minyak goreng untuk memenuhi distribusi DMO sesuai alokasi masing-masing guna mengantisipasi tingginya permintaan selama bulan puasa dan Lebaran mendatang. 

"Target DMO pada momen puasa dan Idulfitri tetap 300.000 ton, dan Kemendag bersama K/L akan melakukan pengawasan terpadu lebih intensif untuk memastikan program minyak goreng rakyat terimplementasi dengan baik di lapangan," ujarnya.

Penurunan realisasi DMO

Menurut catatan Kementerian Perdagangan (Kemendag), penurunan realisasi DMO Minyak Goreng terjadi sejak Desember 2023.

Pada bulan tersebut, realisasi DMO mencapai 249.044 ton atau 83 persen dari target bulanan. Kemudian pada Januari 2024, realisasinya turun menjadi 212.115 ton atau 70,7 persen dari target bulanan.

Sementara itu, Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Penting Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Bambang Wisnubroto, menyatakan penurunan realisasi DMO terjadi lantaran rendahnya permintaan ekspor CPO dan produk turunannya.

Salah satu indikasinya, hak ekspor minyak sawit sebagai insentif atas pemenuhan DMO masih menumpuk, yakni 5,58 juta ton atau setara kebutuhan ekspor 2,5 bulan.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan minimnya permintaan ekspor minyak sawit tersebut. Saat ini, harga CPO dunia lebih tinggi dibandingkan dengan harga minyak nabati lain. Hal ini membuat negara pengimpor minyak sawit Indonesia, termasuk Cina dan India, melakukan substitusi minyak sawit dengan minyak nabati lain yang harganya lebih rendah.

“Selain itu, penerapan undang-undang produk bebas deforestasi Uni Eropa (EUDR) turut memberikan sentimen negatif terhadap permintaan minyak sawit,” kata dia dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang digelar Kementerian Dalam Negeri secara virtual, Rabu (13/3).

Kemendag telah bertemu dengan 78 produsen CPO dan minyak goreng yang memiliki kewajiban DMO pada 4 Maret 2024.

Dalam pertemuan itu, Kemendag mendorong mereka mendistribusikan DMO minyak goreng paling banyak dalam bentuk Minyakita. Pemenuhan DMO itu minimal harus 70 persen dari total jumlah DMO setiap perusahaan.


 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
TDS 3 in Jakarta: NCT Dream, Sebuah Ikon Pertumbuhan
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Ulang Tahun ke-22, Starbucks Indonesia Donasi Rp5 Miliar ke Gaza
Perkuat Ekosistem Kuliner Jepang, J Trust Gandeng Kushikatsu Daruma
Saat Bos Starbucks Bicara Persaingan dengan Brand Kopi Lokal