Putin Batasi Visa Bagi Negara yang Tidak Bersahabat dengan Rusia

Ini balasan Rusia atas sanksi yang dijatuhkan negara barat.

Putin Batasi Visa Bagi Negara yang Tidak Bersahabat dengan Rusia
Seekor anjing berkemih ke dinding dengan grafiti bergambar Presiden Rusia Vladimir Putin. ANTARA FOTO/REUTERS/Antonio Bronic
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani dekrit pada Senin (4/4) yang menerapkan pembatasan visa bagi warga yang berasal dari negara-negara yang dianggap tidak bersahabat dengan Rusia. Hal itu merupakan tanggapan atas sanksi terkait invasi negaranya ke Ukraina.

Melansir Reuters, keputusan tersebut mulai berlaku pada Senin (4/4). Dekrit tersebut juga memerintahkan Kementerian Luar Negeri Rusia dan badan-badan lain untuk memberlakukan pembatasan masuk pribadi pada "warga negara asing dan orang-orang tanpa kewarganegaraan yang melakukan tindakan tidak bersahabat terhadap Rusia".

Indonesia tidak masuk

Aksi seruan damai di depan Kedutaan Besar Federasi Rusia, Jakarta, Rabu (30/3/2022). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Indonesia tak masuk dalam daftar negara tak bersahabat menurut Rusia. Dalam daftar tersebut mencakup Amerika Serikat, Kanada, semua negara yang masuk Uni Eropa, Inggris, Ukraina, Montenegro, Swiss, Albania, Andorra, Islandia, Liechtenstein, Monako, Norwegia, San Marino, dan Makedonia Utara. 

Ada pula Liechtenstein, Monako, Norwegia, Jepang, Korea Selatan, Australia, Mikronesia, Selandia Baru, Singapura, dan Taiwan.

Rentetan sanksi baru mengancam Rusia

Jasad lima pria dibaringkan, ditengah serbuan Rusia atas Ukraina, di kota Bucha, luar Kyiv, Ukraina, Senin (4/4/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica

Rusia mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada 24 Februari dalam apa yang mereka katakan sebagai operasi khusus untuk menurunkan kemampuan militer tetangganya dan membasmi orang-orang yang Moskow sebut nasionalis berbahaya.

Tetapi, pasukan Ukraina telah melakukan perlawanan keras, dan Barat memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Rusia demi memaksa Putin menarik pasukannya.

Rentetan sanksi baru mengancam Rusia setelah temuan mengerikan ratusan mayat berpakaian sipil yang bergelimpangan di jalanan, yang beberapa tangannya terikat dan ditembak dari jarak dekat, di kota Bucha, Ukraina, yang memicu kecaman global. Temuan itu didapat jaksa Ukraina setelah Rusia menarik pasukannya dari area tersebut.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M