Tanpa Biaya, Begini Cara Konsultasi ke Psikolog Pakai BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan dapat digunakan untuk konsultasi kejiwaan.

Tanpa Biaya, Begini Cara Konsultasi ke Psikolog Pakai BPJS Kesehatan
Shutterstock/Sukarman S.T
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - BPJS Kesehatan kerap digunakan masyarakat untuk berobat ke klinik atau rumah sakit. Badan yang menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) itu memberikan berbagai macam layanan kesehatan, termasuk konsultasi ke psikolog atau psikiater.

Konsultasi ke psikolog untuk memeriksakan kondisi kejiwaan membutuhkan biaya tidak sedikit. Dalam satu kali konsultasi, pasien mesti merogoh kocek Rp400.000–lebih dari Rp1 juta. Namun, bila telah menjadi anggota BPJS Kesehatan, urusan tarif itu tidak perlu terlalu dipikirkan. 

Bila Anda pemegang kartu BPJS Kesehatan dan datang ke psikolog, biayanya akan ditanggung. Bahkan, BPJS Kesehatan menanggung semua biaya pengobatan ke tahap lanjutan jika diagnosis menyatakan demikian.

Selama Anda tercatat sebagai peserta BPJS Kesehatan aktif, maka layanan konsultasi ke psikolog ini bisa dimanfaatkan.

Layanan kesehatan mental yang didapat pasien mencakup rehabilitasi untuk mendapat terapi serta obat-obatan, dan prosedurnya berjenjang sampai kondisi pasien membaik.

Cara konsultasi ke psikolog memakai BPJS Kesehatan

Berikut cara pakai BPJS Kesehatan untuk konsultasi ke psikolog.

1. Datang ke faskes tingkat pertama (FKTP)

Cara konsultasi ke psikolog pakai BPJS Kesehatan yaitu datang ke faskes tingkat pertama sesuai lokasi tempat pendaftaran peserta.

Faskes tingkat pertama ini bisa Puskesmas atau yang setara, praktik dokter, klinik pratama atau yang setara, dan rumah sakit kelas D atau yang setara.

2. Konsultasi di faskes tingkat pertama

Setelah di faskes pertama, Anda dapat menanyakan ke bagian administrasi mengenai Poli Jiwa untuk keperluan konsultasi ke dokter atau psikolog. Jangan lupa mempersiapkan berkas pendukung seperti kartu BPJS Kesehatan, fotokopi KTP, dan fotokopi KK. Apabila tahap administrasi selesai, pasien bisa mulai melakukan konsultasi.

Di tahap ini pasien, gejala penyakit pasien akan ditinjau. Jika kondisinya memerlukan layanan spesialis, maka ia akan dirujuk ke rumah sakit tertentu.

3. Pemeriksaan lanjutan di faskes rujukan

Jika masalah kesehatan mental pasien membutuhkan layanan spesialis yang tidak dapat ditangani di FKTP, biasanya pasien akan mendapat rujukan ke RSUD atau Rumah Sakit Jiwa.

Faskes rujukan dari dokter FKTP ini tentunya menerima klaim BPJS Kesehatan Anda sehingga tidak perlu khawatir lagi soal biaya.
 

Obat-obatan juga dapat ditanggung BPJS Kesehatan

ilustrasi obat (unsplash.com/Christine Sandu)

Pemegang kartu BPJS Kesehatan yang mengalami gangguan kesehatan mental bisa mendapatkan akses pengobatan secara gratis seperti rehabilitasi medis dan konseling dengan psikolog di fasilitas kesehatan sesuai indikasi medis dan diagnosis dokter.

Apabila Anda ingin konseling, pemegang kartu BPJS bisa melakukannya tanpa batasan waktu dengan psikolog yang menjadi bagian dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Bagi penderita gangguan jiwa yang membutuhkan perawatan psikiater, BPJS juga menanggung biaya konsultasi dan obat-obatan yang dibutuhkannya. BPJS Kesehatan pun menjamin tindakan psikoterapi dan prosedur tes diagnostik kesehatan jiwa.

Di faskes rujukan, pasien ditangani oleh psikolog yang kompeten. Pasien juga dibuatkan jadwal konsultasi mengenai berapa kali harus kontrol kesehatan hingga obat-obatan yang telah diresepkan.

Itulah cara konsultasi ke psikolog pakai BPJS Kesehatan secara gratis yang dapat dimanfaatkan oleh setiap peserta. Semoga bisa membantu.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M