10 Negara Terkecil di Dunia, Cek Daftarnya!

Vatikan jadi negara paling kecil menurut Worldatlas.

10 Negara Terkecil di Dunia, Cek Daftarnya!
Ilustrasi negara di dunia
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Negara-negara terkecil di dunia menarik untuk disimak. Terutama karena keterbatasan luas wilayah tak membuat negara-negara tersebut menjadi terbelakang dan terisolasi dari dunia. Beberapa negara terkecil di dunia bahkan punya daya tarik tersendiri, entah itu karena religiusitasnya, kebudayaannya, atau bahkan pariwisatanya.

Berikut daftar negara terkecil di dunia berdasarkan Worldatlas.

Vatikan

Negara yang wilayahnya hanya seluas 0,44 kilometer persegi ini menempati posisi pertama sebagai negara terkecil di dunia. Tak hanya dari segi luas wilayah, ukuran populasi yang cuma sekitar 800-900 jiwa juga menempatkan Vatikan sebagai salah satu negara dengan penduduk paling sedikit do dunia.

Terletak di tengah kota Roma, Italia, negara ini merupakan tempat bersejarah dan rumah bagi Tahta Suci (The Holy See) atau merupakan nama lain dari pemerintahan Gereja Katolik Roma. Paus adalah kepala administrasi dari Vatikan dan mempunyai otoritas mencakup semua orang Katolik di seluruh dunia.

Monako

Setelah Vatikan, Monako menempati posisi kedua sebagai negara terkecil di dunia dengan wilayah seluas 2,02 kilometer persegi. Negara ini merupakan kerajaan berdaulat yang terletak di sepanjang Laut Mediterania, di Riviera Perancis.

Selain dikenal sebagai surga pajak untuk orang kaya, Monako juga terkenal antara lain oleh pariwisatanya, kasino judi, pantai mewah, dan balapan mobil Grand Prix de Monaco.

Nauru

Nauru mungkin nama negara yang terdengar asing di telinga Anda. Namun ia menempati posisi ketiga negara terkecil di dunia. Luas wilayahnya hanya 21 kilometer persegi serta memiliki populasi sekitar 12.000-13.000 jiwa.

Negara ini bertempat di sebuah pulau yang berada di barat daya Samudra Pasifik. Dari segi ekonomi, penambangan fosfat merupakan salah satu yang mendominasi pendapatan Nauru sejak abad ke-20.

Tuvalu

Tuvalu juga salah satu negara yang namanya jarang terdengar di telinga orang Indonesia. Meski demikian, negara ini sebenarnya bertetangga tak jauh dengan Indonesia. Ia merupakan kepulauan kecil yang terletak di barat-tengah Samudra Pasifik.

Tuvalu menempati posisi keempat sebagai negara terkecil di dunia dengan wilayah seluas 26 kilometer persegi. Negara inj memiliki populasi sekitar 11.500 jiwa yang sebagian besar memilih untuk bermigrasi ke negara-negara terdekat seperti Selandia Baru.

San Marino

Setelah Tuvalu, ada San Marino yang menempati posisi kelima sebagai negara terkecil di dunia. Dengan wilayah seluas 61 kilometer persegi, negara ini hanya memiliki populasi sekitar 33.785 jiwa orang Sammarinese.

Letak San Marino terkurung oleh daratan di tengah Italia. Pariwisata dan pertanian merupakan dua unsur penting bagi negara ini. Meski demikian, San Marino sudah ada sebelum zaman Renaisans dan merupakan sisa dari negara/kota yang memiliki pemerintahan sendiri di Italia.

Liechtenstein

Liechtenstein menempati posisi keenam sebagai negara terkecil di dunia. Luas wilayahnya hanya  160 kilometer persegi dan memiliki populasi sekitar 38.000-39.000 jiwa.

Negara ini menganut sistem pemerintahan monarki konstitusinoal, dan juga memiliki ciri khas pegunungan Alpen. Pariwisata merupakan kekuatan ekonomi utama dari Liechtenstein, selain itu juga terdapat perbankan asing yang dikenal dapat menjaga kerahasiaan kliennya.

Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall menempati posisi ketujuh sebagai negara terkecil di dunia dengan wilayah seluas 181 kilometer persegi dan populasi sekitar 58.000 jiwa. Terletak di dekat garis Khatulistiwa, negara ini merupakan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 1.000 pulau.

Amerika Serikat memberi bantuan untuk Kepulauan Marshall dengan mengontrol kemanan dan pertahanan negara tersebut, sambil menggunakannya sebagai pangkalan militer.

Saint Kitss-Nevis

St Kristoforus-Nevus menempati posisi kedelapan dengan wilayah seluas 261 kilometer persegi. Negara ini merupakan surga tropis yang terletak di timur Laut Karibia dan memiliki dua pulau. Produksi tebu merupakan industri yang dulu pernah terkenal bagi ekonomi negara ini sebelum digantikan dengan pariwisata.

Maladewa

Di posisi ke-9, ada Maladewa menempati sebagai negara terkecil di dunia. Luas wilayahnya hanya 298 kilometer persegi dengan populasi sekitar 500.000 jiwa. Negara ini terletak di Samudra Hindia antara Indonesia dan benua Afrika, serta terdiri dari 1.000 lebih pulau, yang kurang dari sepertiganya dihuni oleh manusia.

Selain itu, Maladewa juga mengklaim bahwa negaranya memiliki posisi dataran terendah di dunia dengan hanya 4 kaki di atas permukaan air laut.

Malta

Malta menempati posisi kesepuluh sebagai negara terkecil di dunia dengan wilayah seluas 316 kilometer persegi. Negara ini terletak di tengah Laut Mediterania. Sebagai sebuah pulau, Malta pernah diperintah berbagai macam etnis, dari mulai Romawi, Yunani, Arab, Sisilia, Perancis, Inggris, dan banyak lagi.

Perekonomian Malta ditunjang dari beragam sektor, mulai dari pembuatan dan perbaikan kapal, keuangan, pariwisata, pertanian, perikanan, dan manufaktur.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia
Laba PTRO Q1-2024 Amblas 94,4% Jadi US$163 Ribu, Ini Penyebabnya
Waspada IHSG Balik Arah ke Zona Merah Pascalibur
Laba Q1-2024 PTBA Menyusut 31,9 Persen Menjadi Rp790,9 Miliar
Laba Q1-2024 Antam Tergerus 85,66 Persen Menjadi Rp238,37 Miliar