Shell, Meta hingga Google, Ini 10 Perusahaan yang Hengkang dari Rusia

Tindakan hengkang dari Rusia bentuk dukungan ke Ukraina.

Shell, Meta hingga Google, Ini 10 Perusahaan yang Hengkang dari Rusia
Tinta merah dioleskan ke foto Presiden Rusia Vladimir Putin saat protes anti perang di luar Kedubes Rusia, setelah Rusia meluncurkan operasi militer besar terhadap Ukraina, di Bucharest, Romania, Sabtu (26/2/2022). ANTARA FOTO/Inquam Photos/Octav Ganea.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menginvasi Ukraina berbuntut pada sanksi ekonomi negara-negara barat. Tak hanya itu, dampak dari tindakan negeri beruang merah itu membuat sejumlah perusahaan multinasional hengkang satu per satu.

Tindakan perusahaan-perusahaan tersebut untuk memutuskan hubungan bisnis dengan Rusia merupakan bentuk dukungan terhadap Ukraina. Lantas apa saja perusahaan-perusahaan yang telah angkat kaki dari Rusia? Berikut daftaranya:

Apple

Mengutip Fortune.com Apple mengumumkan bakal menghentikan semua penjualan produk di Rusia, setelah menghentikan semua ekspor ke negara itu minggu lalu. Apple Pay juga akan dibatasi di sana, dan RT News dan Sputnik News--kantor berita pelat merah Rusia--tidak akan tersedia App store.

Apple juga menonaktifkan lalu lintas dan insiden langsung di Apple Maps Ukraina. Ini, menurut perusahaan, merupakan tindakan pencegahan dan keselamatan bagi warga Ukraina.

"Kami sangat prihatin dengan invasi Rusia ke Ukraina dan berdiri bersama semua orang yang menderita akibat kekerasan," tulis Apple dalam sebuah pernyataan. "Kami mendukung upaya kemanusiaan, memberikan bantuan untuk krisis pengungsi yang sedang berlangsung, dan melakukan semua yang kami bisa untuk mendukung tim kami di wilayah ini."

Maersk

Raksasa pengiriman Denmark Maersk mengatakan pada Selasa (1/3) bahwa mereka akan berhenti menerima pesanan baru yang tidak penting dari dan menuju Rusia. "Pemesanan dari dan menuju Rusia akan ditangguhkan sementara, dengan pengecualian bahan makanan, medis, dan pasokan kemanusiaan," kata Maersk dalam sebuah pernyataan seperti dikutip AFP.

Perusahaan juga menambahkan pihaknya akan mencoba untuk menghormati pemesanan yang dilakukan sebelum sanksi ekonomi diberlakukan.

Sebagai catatan, Maersk menghasilkan sekitar 2,5 persen dari total pendapatannya dari Rusia tahun lalu dan mengoperasikan rute pengiriman peti kemas ke dan dari St. Petersburg dan Kaliningrad di Laut Baltik, Vladivostok dan Vostochny di pantai timur Rusia, dan Novorossiysk di Laut Hitam.

Maersk mengatakan penangguhan akan "mencakup semua port gerbang Rusia sampai pemberitahuan lebih lanjut."

Shell

Shell memperpanjang daftar perusahaan minyak dan gas yang meninggalkan kepentingan mereka di Rusia. Baru-baru ini, baron energi Inggris-Belanda ini mengumumkan akan keluar dari usaha patungan dengan perusahaan energi milik negara Rusia Gazprom dan entitas terkait lainnya, yang secara total bernilai sekitar $3 miliar.

Penjualan atas saham usaha patungan tersebut terutama mencakup 10 persen saham ekuitas Shell dalam proyek pipa Nord Stream 2 yang kontroversial. Pipa US$10 miliar itu mulanya akan melintang dari Rusia ke Jerman untuk menggandakan impor gas Eropa dari Rusia. Namun, proyek dihentikan oleh Jerman pada 22 Februari setelah invasi Ukraina.

Hal lain yang termasuk dalam penjualan Shell adalah 27,5 persen saham mereka di fasilitas gas alam cair (LNG) Sakhalin-II, dan 50 persen sahamnya di Salym Petroleum Development dan usaha energi Gydan.

Mastercard dan Visa

Mastercard dan Visa sama-sama memblokir aktivitas Rusia tertentu dari jaringan pembayaran mereka pada hari Selasa untuk mematuhi sanksi internasional.

“Visa mengambil tindakan segera untuk memastikan kepatuhan terhadap sanksi yang berlaku, dan siap untuk mematuhi sanksi tambahan yang mungkin diterapkan,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan kemarin.

Sanksi tersebut mengharuskan Visa untuk menangguhkan akses ke jaringannya untuk entitas yang terdaftar sebagai Warga Negara yang Ditunjuk Khusus, atau dikenal sebagai perusahaan atau individu yang bertindak atas nama negara yang terkena sanksi.

Sementara itu, Mastercard mengatakan dalam pernyataan serupa bahwa “sebagai akibat dari perintah sanksi, kami telah memblokir beberapa lembaga keuangan dari jaringan pembayaran Mastercard. Kami akan terus bekerja dengan regulator di hari-hari mendatang untuk sepenuhnya mematuhi kewajiban kepatuhan kami saat mereka berkembang.”

Jaguar Land Rover

Jaguar Land Rover telah menghentikan pengiriman mobilnya ke Rusia karena "tantangan perdagangan," kata pembuat mobil itu dalam sebuah pernyataan, menyinggung sanksi yang dikenakan pada negara tersebut.

"Konteks global saat ini juga memberi kami tantangan perdagangan, jadi kami menghentikan pengiriman kendaraan ke pasar Rusia dan terus memantau situasi atas nama basis pelanggan global kami," katanya.

Selain Jaguar Land Rover bergabung, sebelumnya Volvo juga menghentikan penjualan mobilnya ke Rusia.

Meta

Induk perusahaan Facebook, Meta, telah melarang media pemerintah Rusia menjalankan iklan atau menghasilkan uang di platformnya di seluruh dunia pada Jumat pekan lalu. Kebijakan itu diambil sebagai tanggapan atas pernyataan Moskow yang akan membatasi sebagian akses warganya ke Facebook dan menuduh raksasa media sosial itu "menyensor" media Rusia.

Selain itu, Senin (28/2) lalu Meta juga mengumumkan mereka telah menghapus jaringan disinformasi di Facebook dan Instagram setelah menemukan situs berita Rusia menyamar sebagai entitas berita independen menggunakan persona palsu untuk berbagi konten di seluruh platform media sosial termasuk Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Telegram, dan juga Odnoklassniki dan VK Rusia.

Meta kemudian membatasi akses ke outlet media pemerintah Rusia RT dan Sputnik di seluruh platform mereka di Uni Eropa.

Google

Sehari setelah larangan iklan Meta, Google Alphabet juga melakukan hal yang sama dengan melarang agensi berita milik Rusia RT dan saluran lain menerima uang untuk iklan di situs web, aplikasi, dan video YouTube mereka.

Google juga melarang media yang didanai pemerintah Rusia menggunakan teknologi iklannya untuk menghasilkan pendapatan di situs web dan aplikasi mereka sendiri.

Google mengatakan telah menghapus ratusan saluran YouTube dan ribuan video karena melanggar kebijakannya dan mencatat bahwa itu akan terus mengganggu kampanye disinformasi dan peretasan Rusia.

Regulator komunikasi negara Rusia, Roskomnadzor, sejak itu menuntut Google memulihkan akses ke saluran YouTube media Rusia, yang mencakup video yang diproduksi oleh RBC, Zvezda TV, dan Sputnik, di wilayah Ukraina.

Kemudian, dalam langkah serupa ke Facebook, YouTube mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka akan memblokir saluran yang terhubung ke RT dan Sputnik di seluruh Eropa. Perubahan sedang berlangsung, tetapi Youtube mencatat, "Ini akan membutuhkan waktu agar sistem kami sepenuhnya meningkat."

BP

BP mengumumkan hari ini melepas 19,75 persen sahamnya di raksasa energi milik negara Rusia Rosneft, yang kemungkinan akan membuat perusahaan migas asal energi Inggris itu mendapat untung US$25 miliar.

Dalam sebuah surat kepada stafnya pada Minggu (27/2), CEO BP Bernard Looney menulis bahwa perusahaan bermaksud untuk keluar dari aktivitas terkait di Rusia dengan Rosneft. Ia mengatakan bahwa dirinya dan mantan CEO BP Bob Dudley akan segera mengundurkan diri dari dewan Rosneft.

Ekuinor

Produsen minyak dan gas Norwegia Equinor mengatakan pada Senin (28/2) bahwa pihaknya akan keluar dari usaha patungan di Rusia dan akan menghentikan semua investasi baru di negara itu. Equinor memiliki kemitraan dengan Rosneft yang mencakup proyek di seluruh Siberia.

Anders Opedal, CEO Equinor, menyebut posisi perusahaan dalam situasi saat ini “tidak dapat dipertahankan." Sementara ketua Equinor Helge Lund menggambarkan invasi Rusia ke Ukraina sebagai “tindakan agresi, yang memiliki konsekuensi tragis di seluruh wilayah.”

Sebagai catata, dua pertiga saham Equinor dimiliki oleh pemerintah Norwegia.

Ford

Perusahaan mobil asal Amerika itu mengatakan pada Selasa (28/2) bahwa mereka akan menangguhkan operasi di Rusia segera sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Perusahaan itu mengatakan bahwa mereka telah "secara signifikan menghentikan" operasinya di Rusia selama bertahun-tahun, termasuk kepemilikan minoritas dalam usaha patungan Sollers Ford.

"Meskipun kami tidak memiliki operasi yang signifikan di Ukraina, kami memiliki kontingen kuat warga negara Ukraina yang bekerja di Ford di seluruh dunia dan kami akan terus mendukung mereka selama ini," tulis perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan menambahkan bahwa mereka memberikan donasi US$100,000 ke Global Giving Ukraine Relief Fund.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakan
GoTo Lepas GoTo Logistics, Bagaimana Nasib GoSend?
BTPN Syariah Bukukan Laba Rp264 miliar di Kuartal I-2024
Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia