Ini 6 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Mulai dari rendang, bakso hingga rawon jadi makanan khas RI.

Ini 6 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia
Ilustrasi Masyarakat Adat Minang memasak Rendang/ ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/hp
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bicara tentang makanan khas Indonesia, jumlahnya tentu sangat banyak. Lihat saja, Indonesia kini memiliki 38 provinsi yang pastinya memiliki kuliner khas masing-masing. 

Dari berbagai olahan makanan khas Indonesia, sebagian bahkan telah dikenal oleh masyarakat dari seluruh dunia. Makanan-makanan tersebut berasal dari berbagai daerah, yang menggambarkan budaya khas Nusantara.

Tentu sebagai pencinta kuliner, Anda perlu tahu sebenarnya makanan khas Indonesia yang sudah terkenal sampai ke penjuru dunia itu apa saja, penasaran? Simak beberapa daftarnya di bawah ini, ya.

Rendang hingga nasi padang

Ilustrasi Rendang/Pixabay

Siapa yang tidak tahu makanan khas dari Sumatera Barat yang satu ini. Irisan daging sapi yang dimasak dengan rempah khas padang yang gurih. Namun, ada juga rendang berbahan dasar lainnya, seperti jengkol dan telur. 

Selain itu, terdapat menu lain seperti nasi padang. Siapa yang tidak tergoda menyantap Nasi Padang saat makan siang? Baru mendengar namanya saja sudah menerbitkan air liur ya. Nasi Padang sebenarnya adalah nasi putih yang disajikan bersama aneka jenis lauk khas Padang seperti rendang, gulai ikan, ayam bakar, ayam pop, telor dadar, kering tempe, daging cincang, daun singkong rebus dan sambal ijo. 

2. Sate dan nasi goreng

Ilustrasi Nasi Goreng/Pixabay.com

Kuliner khas Indonesia yang menggunakan daging ayam, sapi, kambing, kelinci, ataupun kerbau sebagai bahan bakunya rasanya sangat lezat. Uniknya, setiap pulau memiliki sate dengan versi yang berbeda- beda. Mulai dari Sate Padang dari Minangkabau, Sate Madura, Sate Tegal, Sate Klathak, Sate Lilit, Sate Ponorogo, Sate Ambal, dan Sate Buntal.

Tak hanya itu, nasi goreng sendiri banyak versinya, ada nasi goreng kampung, nasi goreng ijo, nasi goreng jawa, nasi goreng teri, nasi goreng seafood, nasi goreng, nasi goreng sunda, nasi goreng mawut, dan lain-lain. Nah setiap jenis memiki rasa dan campuran yang berbeda.

Rawon dan Bakso

Ilustrasi rawon/Pixabay

Rawon merupakan makanan khas dari Kota Surabaya, Jawa Timur. ini mirip dengan sup daging namun memiliki kuah hitam pekat. Warna hitam pada rawon disebabkan oleh pemakaian kluwek pada kuahnya. Biasanya makan rawon dilengkapi dengan telor asin atau kerupuk udang sesuai selera.

Bakso merupakan makanan berbahan dasar daging sapi ini mudah ditemukan di hampir setiap wilayah Indonesia. Selain orang Indonesia, hidangan bakso juga menjadi kuliner favorit mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Itulah daftar 6 makanan khas Indonesia yang mendunia. Dari daftar tersebut, makanan apa yang menjadi favorit Anda?

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

17 Film Termahal di Dunia, Memiliki Nilai yang Fantastis
Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
Bahlil: Apple Belum Tindak Lanjuti Investasi di Indonesia
Medco Rampungkan Divestasi Kepemilikan di Blok Ophir Vietnam
Stanchart: Kemenangan Prabowo Tak Serta Merta Tingkatkan Investasi
Rumah Tapak Diminati, Grup Lippo (LPCK) Raup Marketing Sales Rp325 M