Libur Panjang, Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta

Mulai dari Pulau Payung hingga Galeri Indonesia Kaya.

Libur Panjang, Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta
ilustrasi Tempat Wisata di Bandung (instagram.com/farmhouselembang)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Jakarta menawarkan beragam tempat wisata yang dapat memenuhi berbagai minat dan selera. Mulai dari landmark ikonik hingga taman rekreasi.  Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta memiliki warisan budaya dan sejarah yang kaya. Anda dapat mengunjungi museum-museum yang memiliki koleksi lengkap di Jakarta. 

Jakarta juga menjadi surga bagi para pecinta kuliner. Dari makanan jalanan yang terkenal hingga restoran mewah, Anda dapat menemukan berbagai masakan yang lezat dan autentik di Jakarta.  Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi saat mengisi waktu luang kita saat libur Idul Adha 2023 di Jakarta. Simak ulasan selengkanya!
 

Galeri Indonesia kaya

Galeri Indonesia Kaya/Dok Galeri Indonesia Kaya

Galeri Indonesia Kaya merupakan ruang edutainment budaya persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation yang berbasis teknologi digital dari Indonesia untuk Indonesia yang menyuguhkan informasi kekayaan budaya nusantara.

Mulai dari alat musik tradisional, mainan tradisional, baju adat, sampai informasi tentang kuliner, pariwisata, tradisi dan kesenian dikemas secara digital dan interaktif di tempat ini. Terletak di Grand Indonesia, Galeri Indonesia Kaya menawarkan alternatif dalam mempelajari tradisi budaya Indonesia dengan cara yang lebih modern, menyenangkan, mudah dan gratis. Untuk jam operasional yakni 10.00 - 21.30 WIB.

Pulau payung

Pulau Payaung/Dok Pulau Seribu Trip

Penduduk pulau Payung memang tidak sepadat pulau Tidung dan pulau Pari. Sehingga kondisinya tenang dan lebih damai bila berada di sana. Bila Anda menginginkan wisata yang jauh dari keramaian, bisa memilih pulau Payung.

Keindahan pulau ini pun berhasil memikat para wisatawan, meski belum sebanyak pulau di kepulauan seribu yang lainnya. Namun, sesampainya di pulau yang mungil ini, Anda akan dibuat takjub dengan pesona alam dan sekitarnya yang begitu indah. 

Bagi Anda yang penasaran dengan apa yang ada di payung island, Anda bisa segera membuat agenda liburan ke pulau kecil ini. Jumlah penduduk yang sedikit, yaitu sekitar 40 kepala keluarga (KK) saja membuat pulau ini tidak begitu ramai, sehingga cocok untuk menghilangkan penat setelah beraktivitas di kota metropolitan.

Berdasarkan website resminya, trip ke pulau ini bisa one day tour atau menginap. Untuk biaya one day tour, rata-rata tarif berkisar antara Rp450 ribu hingga Rp800 ribu dengan berbagai fasilitas sesuai dengan jumlah peserta. Sedangkan untuk tarif menginap, berkisar antara Rp350 ribu hingga Rp750 ribu.

Museum seni rupa dan keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik/Dok Dinas Kebudayaan DKI Jakarta

Museum ini telah berdiri sejak tahun 1870. Di sini, Anda bisa menyaksikan beragam koleksi seni rupa, keramik, perpustakaan, studio gerabah, serta toko cindera mata. Koleksi karya seninya beragam, mulai dari patung, totem kayu, sketsa, batik lukis, grafis, keramik lokal, hingga keramik asing.

Menariknya Anda bisa ikut workshop membuat gerabah. Workshop dilaksanakan setiap Selasa-Minggu, pukul 09.00-14.00 WIB. Lokasi dari museum ini berada di Kota Tua Jakarta. Sedangkan untuk biaya, tiket perorangan untuk dewasa Rp5.000, mahasiswa Rp3.000 dan pelajar Rp2.000.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya
Ketahui Apa Bedanya Imigrasi dan Bea Cukai, Jangan Keliru!