Pertebal Rasa Nasionalis, Pahami Asal Usul Nama Indonesia

Miliki arti gugusan kepulauan hindia.

Pertebal Rasa Nasionalis, Pahami Asal Usul Nama Indonesia
ilustrasi bendera Indonesia (unsplash.com/Anggit Rizkianto)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Indonesia dipilih sebagai nama sebuah bangsa sejak puluhan tahun silam. Namun, banyak kalangan masyarakat yang belum mengetahui asal usul nama Indonesia. 

Dikutip dari berbagai sumber, kata Indonesia berasal dari bahasa Yunani, yaitu indo dan nesos. Indo artinya 'India' atau 'Hindia', sedangkan nesos berarti 'Kepulauan'. Nesos mirip dengan kata nusa yang berarti 'pulau' atau 'kepulauan' dalam bahasa Melayu Austronesia.

Miliki arti gugusan kepulauan hindia

Shutterstock/Resni Aswita

Sementara itu, orang yang pertama kali melontarkan kata 'Indonesia' adalah etnolog berkebangsaan Inggris, George Samuel Earl. Ia menyebut 'Indunesia' untuk nama gugusan pulau di Lautan Hindia.

Sejarawan Peter Carey menyebut, pada awalnya nama Indonesia diperkenalkan oleh James Richardson Logan tahun 1850 dalam Jounar of Indian Archipelago and Eastewrn Asia. Nama itu merujuk pada kepulauan jajahan Belanda yang kemudian disebut Hindia Belanda. 

Selain itu, sejarawan Didi Kwartanada menyebut ada nama George Windsor Earl dalam Karya ilmial berjudul On The Leading Characteristics of the Papuan, Australian dan Malaypolynesian Nations (1850) yang menyebut nama “Indunesia atau Malayunesia” untuk orang-orang yang tinggal di kepulauan Malayu dan Hindia Belanda. 

Peter Carey dan Didi Kwartanada juga menyebutkan tokoh lain yaitu ilmuan Jerman Adolf Bastian (1826-1905), Guru Besar Etnologi di Universitas Berlin  mempopulerkan nama Indonesia di kalangan sarjana Belanda. Bastian mempopulerkan nama Indonesia dalam bukunya berjudul Indonesien; oder, Die inseln des Malayischen archipel terbitan 1884. 

Miliki 17 ribu pulau

ilustrasi pulau di Papua (unsplash.com/Ridho Ibrahim)

Saat ini, istilah Indonesia dipakai sebagai nama negara di kawasan Asia Tenggara berpenduduk lebih dari 271 juta jiwa yang tersebar di 37 provinsi. Selain itu, Indonesia adalah negara kepulauan dengan jumlah 17 ribu pulau yang disepakati pada 2021.

Indonesia terletak pada titik 6 derajat Lintang Utara (LU)-11 derajat Lintang Selatan (LS) dan 95 derajat Bujur Timur (BT)-141 derajat BT. Negara ini juga terletak di antara dua benua, yaitu Asia dan Australia, serta di antara dua samudera, Pasifik dan Hindia.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen