6 Kunci Sukses Warren Buffett Jadi Milliarder yang Wajib Ditiru

Rahasia jadi miliarder.

6 Kunci Sukses Warren Buffett Jadi Milliarder yang Wajib Ditiru
ilustrasi Warren Buffett (Reuters.com/Jonathan Stemple)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Warren Buffett adalah merupakan orang terkaya kelima di dunia versi majalah Forbes 2022. Beliau dikenal sebagai Oracle of Omaha (penyihir dari Omaha) karena kesuksesannya dalam berinvestasi.

Sejak umur 11 tahun ia sudah mengambil langkah berani berinvestasi dengan membeli saham. Bahkan, di usia Buffett saat menyentuh 13 tahun, ia sudah mengajukan pajak pertamanya.

Terbukti, di usianya yang kini hampir 91 tahun, ia telah berhasil menjadi seorang miliarder dan mempunyai lebih dari 60 perusahaan. 

Di tahun 2021, majalah Forbes merilis harta kekayaan Buffett mencapai 96 miliar dolar AS. 

Pada tahun 2022, CEO Berkshire Hathaway ini naik peringkat menjadi orang terkaya kelima dengan total kekayaannya 118 miliar dolar AS.

Meski bergelimangan harta, Buffett adalah sosok yang tidak sombong dan dermawan. 

Total pada tahun ini ia telah mendonasikan lebih dari 45 miliar dolar AS dari hartanya untuk yayasan anak-anak dan Gates Foundation. Tak sampai disitu, ia juga berjanji akan menyumbangkan 99 persen harta kekayaannya untuk kegiatan amal lainnya.

Tentu saja kesuksesan ini tidak ia bangun dalam waktu semalam. Banyak rintangan dan beragam perjuangan yang Buffett lewati. Berikut kunci sukses Warren Buffett hingga bisa menjadi miliarder

1. Investasi pada diri sendiri

ilustrasi pelatihan (unsplash.com/Kenny Eliason)

Kiat untuk meraih kesuksesan yang diajarkan oleh Buffett adalah investasi pada diri sendiri. Menurutnya, aset terbesar pada setiap orang adalah kemampuan dirinya sendiri.

Ada berbagai bentuk investasi diri sendiri, seperti mengikuti pelatihan keterampilan untuk bisnis, menambah ilmu pengetahuan, serta bentuk pengembangan diri lainnya.

Hal ini adalah sebagai modal awal bagi Anda untuk mencapai tujuan-tujuan hidup tertentu.

2. Hidup sederhana dan berhemat

ilustrasi uang (unsplash.com/Annie Spratt)

Meski memiliki kekayaan yang berlimpah, Buffett memiliki prinsip untuk hidup sederhana atau membiasakan dirinya berhemat. Ia senang berbelanja mobil yang memiliki berbagai penawaran atau potongan dengan harga menarik. Bahkan, ia masih tetap tinggal dirumah lamanya yang ia bangun sejak tahun 1958.

Sederhananya, Warren Buffett lebih memilih untuk mengalihkan uang yang ia miliki untuk berinvestasi daripada digunakan berbelanja untuk kebutuhan yang sebenarnya bisa ditunda.

3. Tidak hidup berhutang

ilustrasi pusing (unsplash.com/Sander Sammy)

Kunci sukses Warren Buffett menjadi miliarder selanjutnya adalah tidak membiasakan diri untuk terjebak ke dalam berhutang. Laki-laki 91 tahun ini sama sekali tidak pernah menggunakan kartu kredit atau mengambil cicilan mobil.

Buffett membiasakan dirinya untuk tidak berhutang. Apabila sudah terlanjur, biasanya ia akan sesegera mungkin melunasinya. 

Di samping ketidaksukaan Buffett dalam berhutang, tentu saja ini dilakukan agar menghemat bunga yang dibayarkan nantinya. Kebiasaan ini sebenarnya telah menjadi kebiasaan investor lainnya juga.

4. Perencanaan kehidupan

ilustrasi perencanaan (unpslash.com/Marten Bjork)

Buffett pernah menantang semua orang untuk membuat 25 daftar hal yang ingin dilakukan beberapa tahun mendatang. 

Meski terdapat 25 hal yang ingin dilakukan, orang terkaya kelima di dunia ini menekankan untuk melakukan lima daftar teratas sebagai prioritas utama untuk dikerjakan.

Buffett pernah bertanya pada pilot pribadinya mengapa sang pilot masih bekerja untuknya. Ia menyarankan sang pilot untuk memilih untuk mengejar impian atau tujuannya.

5. Berkomitmen

ilustrasi bersikap optimis (unsplash.com/Peggy Anke)

Hal yang membuat Buffett sukses adalah ia berkomitmen atau berpegang teguh pada lima hal yang menjadi prioritas utama. Akan lebih baik jika Anda fokus mengerjakan kelima hal tersebut dahulu, kemudian berlanjut ke 20 hal lainnya.

Sebenarnya, mencoba banyak hal tidak ada salahnya. Akan tetapi, menurut Buffett, terlalu banyak mengerjakan hal secara sekaligus akan memberikan tekanan pada masa mendatang.

6. Keberanian mengambil peluang

ilustrasi yakin (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Hal yang membuat ia berbeda dengan para investor lainnya adalah Buffett berani mengambil peluang. Saat para investor di seluruh dunia memilih untuk melepaskan investasi, ia tidak melakukan hal serupa.

Pada tahun 2008–2009, terjadi krisis keuangan yang membuat investor menjadi panik dan takut. CEO Berkshire Hathaway berani masuk mendukung Goldman Sachs dengan kesepakatan senilai 5 miliar dolar AS. 

Hasilnya, saat Goldman dan bank kembali pulih, Berkshire berhasil menjaring miliaran dollar.

Itulah tadi enam rahasia sukses Warren Buffett hingga bisa menjadi orang terkaya kelima di dunia. Untuk bisa sukses, pasti membutuhkan kerja keras dan kesabaran dalam meraihnya. Apakah Anda ingin mencobanya?

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra Otoparts Bagi Dividen Rp828 Miliar, Simak Jadwalnya
IKN Menjadi Target Inovasi yang Seksi bagi Investor Luar Negeri
Pemerintah Sudah Tarik Utang Rp104,7 Triliun Hingga 31 Maret 2024
Museum Benteng Vredeburg Lakukan Revitalisasi Senilai Rp50 Miliar
Pemerintah Realisasikan Rp220 T Untuk 4 Anggaran Prioritas di Q1 2024
ERAL Kolaborasi dengan DJI dan Fujifilm di Kampanye Motion Creativity