7 Budaya Unik Berbagai Negara Saat Ramadan, Yuk Disimak!

Setiap negara memiliki ciri khas dalam menyambut Ramadan.

7 Budaya Unik Berbagai Negara Saat Ramadan, Yuk Disimak!
ilustrasi ramadan (unsplash.com/Abdullah Arif)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ramadan merupakan momen yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Islam di dunia. Setiap negara memiliki cara unik tersendiri untuk menyambut bulan yang suci tersebut.

Berikut budaya unik berbagai negara saat Ramadan tiba yang perlu Anda ketahui. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Mesir

ilustrasi fanous (wikipedia.org/Ibrahim.ID)

Budaya unik berbagai negara saat Ramadan datang dari negara Mesir. Saat bulan suci tersebut tiba, setiap sudut kota Mesir akan dikelilingi oleh sejumlah lampion yang indah. Adapun lampion tersebut disebut dengan fanous.

Tradisi fanous sendiri sudah ada sejak 972 tahun sejak Dinasti Fatimiyah. Fanous adalah simbol persatuan serta kegembiraan datangnya bulan Ramadan.

2. Maroko

ilustrasi makanan maroko (unsplash.com/Design Wala)

Tradisi unik saat Ramadan di Maroko adalah dengan mendekorasi dan membersihkan rumah, serta mengundang para kerabat untuk berpesta.

Selain itu, para orang tua mendandani anak mereka dengan riasan yang unik sebagai bentuk apresiasi kepada sang anak karena mau berpuasa. 

Jika berkeliling ke wilayah Maroko, Anda akan melihat para penyiar atau nafar mengenakan topi tradisional, sandal, serta gandora. Para nafar akan melantunkan melodi di setiap jalan yang disusuri untuk membangunkan sahur masyarakat.

3. Qatar

ilustrasi Budaya Ramadan di Qatar (dok.iloveqatar.net)

Budaya unik berbagai negara saat Ramadan lainnya dari negara Qatar. Pada hari ke-14 Ramadan akan digelar Garangao sebagai penghargaan kepada anak-anak yang mau belajar berpuasa selama setengah bulan.

Nantinya, anak-anak akan bernyanyi dan mengenakan pakaian tradisional. Di kota Doha, festival Garangao diadakan di sekolah. Mereka nantinya juga akan bertukar kacang maupun permen.

4. Pakistan

ilustrasi budaya di Pakistan (unsplash.com/Vitaliy Lyubezhanin)

Pakistan memiliki tradisi tersendiri disebut Chaand Raat. Tradisi ini dilakukan oleh perempuan muslim saat Idul Fitri. Setelah berbuka puasa, mereka akan berkumpul dan bermain permainan bersama, membeli gelang warna-warni, serta mewarnai tangan dan kaki menggunakan inai (pacar). Saat tradisi ini berlangsung, para pemilik toko akan membuka lapak mereka hingga dini hari.

5. Turki

ilustrasi Turki (pexels.com/Arefin Shamsul)

Tradisi di Turki mirip dengan tradisi di Indonesia. Saat tengah malam atau fajar, beberapa masyarakat menabuh genderang. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun para warga untuk sahur.

6. Indonesia

ilustrasi budaya di Indonesia (unsplash.com/Artem Beliaikin)

Budaya unik saat Ramadan juga terjadi di Indonesia. Di sejumlah wilayah di nusantara, terdapat tradisi atau ritual untuk mensucikan diri sebelum Ramadan.

Contohnya, di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur tradisi bersuci ini disebut padusan. Sedangkan di Riau tradisi ini disebut dengan mandi balimau.

7. India

Taj Falaknuma Palace, India/Dok. Skyscanner

India memiliki tradisi tersendiri saat Ramadan. Para penduduk nantinya akan berjalan di kota pada waktu fajar seraya melantunkan nama Allah SWT dan Nabi untuk membangunkan sahur.

Biasanya mereka akan mulai berjalan pada pukul 02.30 waktu setempat, mengetuk pintu maupun dinding rumah warga menggunakan tongkat. Tradisi ini telah diturunkan dari generasi ke generasi selanjutnya.

Meski jumlahnya terus berkurang, tapi tradisi ini masih sering dilakukan di Old Delhi, India.

Itulah tadi sejumlah budaya unik berbagai negara saat Ramadan. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Anda.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI