5 Fakta Itaewon dan Sejarahnya Sebagai Kawasan Multikultural

Banyak dikunjungi oleh turis mancanegara.

5 Fakta Itaewon dan Sejarahnya Sebagai Kawasan Multikultural
ilustrasi Itaewon (unsplash.com/ Bundo Kim)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ada beberapa fakta Itaewon yang perlu untuk Anda ketahui sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di Korea Selatan. Daerah pemukiman ini ternyata cukup ramai di kalangan turis mancanegara.

Baru-baru ini permukiman ini menjadi perhatian dunia disebabkan tragedi Itaewon di malam perayaan Halloween, pada hari Sabtu (29/20/2022). Tragedi tersebut menewaskan setidaknya 154 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya mengalami luka-luka.

Kawasan multikultural tersebut itu memang menjadi sentra untuk merayakan perayaan Halloween di Korea Selatan. 

Setelah tiga tahun perayaan terhenti karena pandemi, kegiatan tahunan tersebut kembali diadakan. Hal ini menyebabkan terjadinya kepadatan dan kerumunan meningkat 10 kali lipat. 

Desak-desakan tidak dapat dihentikan di salah satu gang menanjak pada daerah Itaewon, sehingga terjadilah penumpukan kerumunan, terjatuh, hingga ada yang terinjak-injak.

Kawasan Itaewon memang cukup terkenal sebagai kawasan multikultural karena banyak restoran mancanegara yang buka di sana. 

Selain itu, daerah ini juga menjadi daerah yang populer bagi warga lokal. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya salah satu drama Korea berjudul Itaewon Class yang memilih setting di tempat ini. 

Lantas, apa yang membuat kawasan ini begitu menarik? Berikut lima fakta Itaewon sebagai kawasan hits yang perlu Anda ketahui.

Sejarah Itaewon menjadi kawasan multikultural

ilustrasi Itaewon (unsplash.com/ Bundo Kim)

Itaewon adalah hot spot budaya. Sejarah ini bermula ketika pasukan Amerika pindah ke daerah Pyeongtaek dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini yang membuat lingkungan tersebut tetap mempertahankan warisan multikulturalnya.

Pada tahun 1950–1953, setelah dua puluh tahun perang Korea, Itaewon menjadi distrik perbelanjaan. 

Di kawasan ini, setiap jalan dan gangnya berubah menjadi pusat perbelanjaan, seperti restoran asing, toko pakaian, toko barang bermerek, hinga grosir pasar internasional.

Di tahun 1990-an, muncul gelombang penduduk Timur Tengah dan Afrika ke daerah ini dengan memperkenalkan makanan lezatnya. Banyak pula barang-barang Eropa dan Amerika yang dijual di setiap jalannya, sehingga membuat harga di daerah ini terkenal cukup tinggi.

Menjadi kawasan anak muda

ilustrasi Itaewon (unsplash.com/bundo kim)

Itaewon menjadi salah satu tempat favorit kawula muda. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor tempat hiburan dengan berbagai item lengkap di daerah ini, seperti kafe, resotoran, dan pusat perbelanjaan.

Selain itu, Itaewon juga menjadi tempat terbaik untuk mengambil foto, sehingga cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan view instagramable.

Pusat perayaan festival tahunan

ilustrasi festival di Itaewon (wikipedia.org/Limji1234)

Banyak perayaan atau festival tahunan yang mengambil Itaewon sebagai daerah untuk merayakannya, seperti Global Village Festival, Halloween, Valentine, dan lainnya, sehingga permukiman ini selalu ramai.

Salah satu festival yang besar dan diadakan di daerah ini adalah Global Village Festival. Global Village Festival diadakan setiap musim gugur pada minggu kedua bulan Oktober.

Dalam kegiatan tersebut, Anda akan menemukan berbagai parade dari 800 peserta, peragaan busana budaya, pertunjukkan, seniman jalanan, konser gratis, dan lainnya.

Area umat muslim

ilustrasi muslim (unsplash.com/Bimbingan Islam)

Daerah Itaewon tidak hanya terkenal karena hiburannya, tapi juga menjadi pusat muslim di Korea Selatan.

Di Hannam-dong, Distrik Yogsan terdapat masjid megah dengan tiga lantai yang menjadi Masjid Raya Seoul. Tempat ibadah umat muslim ini dibuka pada tahun 1976.

Selain itu, Anda akan menemukan banyak restoran halal terbaik yang bisa Anda kunjungi di sekitaran masjid. Ada pula toko hijab dan berbagai makanan Timur Tengah lainnya yang bisa Anda santap disini.

Kawasan zona wisata

ilustrasi Itaewon (unsplash.com/GWAN-WOO PARK)

Itaewon menjadi kawasan yang dikenal oleh berbagai turis asing dari mancanegara. Hal tersebut yang membuat daerah ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat Anda berpergian ke Korea Selatan.

Selain itu, daerah ini juga terkenal akan kehidupan malamnya yang cukup semarak dan suasa internasionalnya.

Itulah tadi fakta Itaewon yang harus Anda ketahui, semoga bisa membantu.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakan
GoTo Lepas GoTo Logistics, Bagaimana Nasib GoSend?
BTPN Syariah Bukukan Laba Rp264 miliar di Kuartal I-2024
Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia