8 Fakta Negara Qatar, Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Qatar sebagai negara terkaya di dunia.

8 Fakta Negara Qatar, Tuan Rumah Piala Dunia 2022
ilustrasi Qatar (unsplash.com/Deepak Siva)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ada beberapa fakta negara Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 yang harus Anda ketahui. 

Meski wilayahnya cukup kecil, akan tetapi negara ini dikenal sebagai negara terkaya di dunia setelah Luksemburg, Irlandia, dan Singapura. Negara Qatar memiliki kultur budaya yang unik dan cukup menarik perhatian dunia.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fakta negara Qatar yang menjadi negara Timur Tengah pertama sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

1. Deretan negara terkaya

ilustrasi uang (unsplash.com/Viacheslav Bublyk)

Fakta negara Qatar adalah termasuk dalam deretan negara terkaya peringkat keempat. Hal ini dihitung berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) atas Purchasing Power Parity (PPP).

Bahkan, sebelumnya di tahun 2020, Qatar pernah menjadi peringkat pertama negara terkaya. Penurunan tersebut disebabkan oleh perubahan harga minyak bumi dan dampak dari pandemi Covid-19.

2. Negara bebas pajak penghasilan

ilustrasi pajak (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Setelah menjadi negara kaya, Qatar tidak membebankan kepada masyarakatnya untuk membayar pajak penghasilan. Hal tersebut dipicu oleh pendapatan Qatar dari minyak dan gas bumi yang sudah sangat besar untuk negara. 

Hal ini yang membuat para pekerja di negara Timur Tengah tersebut memiliki pendapatan yang cukup besar dan terbebas membayar pajak.

3. Pengekspor minyak bumi terbesar

ilustrasi kilang minyak (unsplash.com/Robin Sommer)

Fakta Qatar selanjutnya adalah memiliki cadangan minyak bumi yang banyak, sehingga menjadikannya negara pengekspor minyak bumi terbesar di dunia. Bahkan, pada tahun 2021, Qatar bisa mendistribusikan minyak bumi hingga 457.573 barel setiap harinya.

4. Habitat hiu paus

ilustrasi hiu paus (unsplash.com/NOAA)

Mungkin Anda pernah melihat sosok hiu paus yang muncul dalam music video (MV) "Dreamers" milik Jungkook yang menjadi lagu upacara pembukaan piala Dunia 2022.

Tahukah Anda bahwa Qatar menjadi negara tempat hiu paus tersebut? Pemerintah menjaga kelestarian hewan tersebut dengan menutup akses lokasinya dari tempat umum.

Jika Anda ingin melihatnya, pemerintah membuka trip berbayar seharga US$32.500 atau sekitar Rp507 juta untuk sekali perjalanan.

Setiap tahunnya pada April sampai September, ratusan hiu paus akan berenang dari pantai timur laut Qatar, tepatnya di zona laut terlarang Al Shaheen.

5. Deretan maskapai dan bandara terbaik di dunia

ilustrasi qatar airways (unsplash.com/Said Zaman)

Bandara Internasional Hamad yang berada di Qatar menjadi bandara terbaik di dunia menurut Skytrax World Airport Award 2021.

Tak hanya bandar udaranya, salah satu maskapainya, yakni Qatar Airways menjadi maskapai penerbangan terbaik juga. Hal ini dinilai dari kepuasan pelanggan yang menggunakan armada tersebut.

6. Negara teraman

ilustrasi qatar (unsplash.com/Lucca Belliboni)

Fakta negara Qatar adalah memiliki angka kriminalitas yang cukup rendah, sehingga menjadikannya sebagai negara teraman di dunia tahun 2021 berdasarkan Indeks Kejahatan Numbeo.

Tak hanya itu, kondisi alam dan letak geografis negara tersebut membuatnya kecil terhadap risiko gempa bumi, yakni sebesar 0,1 persen.

7. Akhir pekan pada hari Jumat dan Sabtu

ilustrasi warga qatar (unsplash.com/Asim Z Kodappana)

Jika pada umumnya negara lain memiliki akhir pekan di hari Sabtu dan Minggu, berbeda dengan Qatar. Akhir pekan negara ini adalah hari Jumat dan Sabtu.

Hal ini disebabkan penduduk tersebut mayoritas beragama Islam, sehingga pada hari Jumat diutamakan kepada masyarakat untuk fokus beribadah salat Jumat. Beberapa toko, mal, dan pasar juga tutup.

8. Jalur sepeda terpanjang di dunia

ilustrasi sepeda (unsplash.com/Patrick Hendry)

Tercatat di Guinness World Record 2020, Qatar memiliki lintasan sepeda terpanjang di dunia, yakni 33 kilometer. Bahkan, pemerintah tersebut juga menetapkan Hari Olahraga Nasional sebagai hari libur di bulan Februari.

Itulah tadi beberapa fakta negara Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Tertarik untuk mengunjungi negara ini?

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M