7 Kereta Tercepat di Dunia 2023, Negara Mana Saja?

Mencapai rekor kecepatan 501 km/jam

7 Kereta Tercepat di Dunia 2023, Negara Mana Saja?
ilustrasi kereta tercepat di dunia (unsplash.com/Daniel Abadia)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat tujuh kereta tercepat di dunia yang perlu Anda ketahui. Kendaraan yang satu ini menjadi salah satu moda transportasi yang banyak digunakan di beberapa negara.

Beberapa negara memiliki kereta api berkecepatan tinggi dapat mengantar penumpang dalam waktu yang singkat.  Seperti yang diketahui, Indonesia baru saja meluncurkan Kereta Cepat Jakarta Bandung (Whoosh). 

Dengan menggunakan Whoosh, Anda bisa menempuh Jakarta-Bandung hanya dalam waktu 36–44 menit saja. Dilansir kcic.co.id, pada saat uji coba bulan Juni 2023, Kereta Cepat Jakarta Bandung ini memiliki kecepatan maksimum 350 km/jam.

Meski termasuk dalam kategori kereta cepat, tapi nyatanya ada beberapa kereta lain di dunia yang juga berkecepatan tinggi. Bahkan, ada yang memiliki rekor kecepatan hingga 501 kilometer per jam.

Dilansir railway-technology.com, berikut daftar kereta tercepat di dunia 2023. Simak daftarnya!

1. Shangai Maglev, China

ilustrasi kereta Shangai Maglev (wikipedia.org/ Alex Needham)

Kereta tercepat di dunia pertama adalah Shangai Maglev, China. Kereta ini memiliki kecepatan operasi maksimum 460 km/jam dan kecepatan rata-rata 251 km/jam. Kereta cepat asal China ini bahkan pernah mencapai rekor kecepatan 501 km/jam.

Kereta Maglev menggunakan gaya elektromagnetik yang memungkinkan kereta untuk melayang di atas lintasan, menghilangkan gesekan, serta membuat perjalanan menjadi lebih mulus tanpa suara.

2. CR Harmony, China

ilustrasi kereta CR Harmony (wikipedia.org/A1AA1A)

Lagi-lagi kereta berkecepatan tinggi berasal dari China, yaitu China Railway Hexie atau lebih dikenal dengan nama CR Harmony.  Kereta ini memiliki kecepatan operasi tertinggi sebesar 350 km/jam.

Meski kecepatan operasinya sama dengan kereta Fuxing, tapi seri CRH380 pernah memiliki rekor kecepatan tertinggi 486,1 km/jam saat uji coba tahun 2010. Selain itu, model harmony CRH380D yang berasal dari Bombardier Zefiro 380 juga memiliki rekor kecepatan tertinggi 483 km/jam.

3. CR Fuxing, China

ilustrasi CR Fuxing (wkipedia.org/N509FZ)

Kereta tercepat di dunia 2023 adalah CR Fuxing yang juga berasal dari China. Kereta ini juga dikenal sebagai EMU seri CR, serangkata kereta berkecepatan tinggi.

Kereta Fuxing ini beroperasi dengan kecepatan 350 km/jam. Akan tetapi, saat masa pengujiannya kereta ini pernah melaju sebesar 420 km/jam.

CR Fuxing menjadi model kereta api berkecepatan tinggi pertama yang sepenuhnya diproduksi dalam negeri Tiongkok. Kereta ini tidak menggunakan teknologi kepemilikan atau lisensi apa pun dari produsen perkeretaapian luar negeri.

4. DB ICE, Jerman

ilustrasi DB ICE (wikipedia.org/Sese_Ingolstadt )

ICE 3 atau Intercity-Express merupakan kereta api listrik cepat yang diproduksi oleh Siemens dan Bombardier. Kereta api ini beroperasi di Deutsche Bahn (DB), tapi dioperasikan oleh Kereta Api Belanda Nederlandse Spoorwegen (NS).

Tiga kereta multisistem atau ICE International dioperasikan di Belanda. Sedangkan, kereta ICE 3 lainnya digunakan untuk rute lintas ke Belanda, Belgia, dan Prancis.

Kereta api cepat ini memiliki kecepatan maksimum 320 km/jam. Saat uji coba, ICE 3 kelas 403 dan 406 pernah mencapai kecepatan tinggi 368 km/jam.

5. SNCF TGV, Prancis

ilustrasi SNCF TGV (dok. trainline)

Daftar kereta tercepat di dunia selanjutnya adalah SNCF TGV (Train à Grande Vitesse) dari Prancis. Kereta ini diproduksi oleh Alstom dan dioperasikan oleh operator Prancis SNC. 

Untuk pengoperasian sehari-hari model TGV Duplex, Réseau, POS dan Euroduplex, kereta ini berjalan pada kecepatan lintasan tertinggi 320 km/jam di Prancis.

Meski begitu, rangkaian kereta TGV Sud-Est 16 pernah mencatatkan rekor kecepatan 380 km/jam pada tahun 1981. Bahkan, kereta TGV Atlantique 325 yang dimodifikasi pernah memiliki kecepatan baru sebesar 513,km/jam.

6. JR Shinsaken, Jepang

ilustrasi JR Shinsaken (dok. jrailpass)

JR Shinkansen merupakan kereta peluru dan menjadi pelopor kereta tercepat di dunia lainnya. Kereta ini diluncurkan sebagai jalur Shinkansen Tokyo-Nagoya-Osaka Tokaido Shinkansen sepanjang 515 km.

Pada awal pengoperasiannya di tahun 1964, seri 0 memiliki kecepatan operasi maksimum sebesar 220 km/jam.  Untuk saat ini menggunakan seri E5 dan H5 yang memiliki kecepatan pengoperasian tertinggi sebesar 320 km/jam.

Diluar pengoperasian sehari-hari, kereta ini memiliki kecepatan rekor tertinggi 443 km/jam yang dicatat oleh Shinkansen Tōkaidō Kelas 955 “300X” eksperimental selama pengujian pada tahun 1996.

7. ONCF Al Boraq, Maroko

ilustrasi ONCF Al Boraq (wikipedia.org/NicholasNCE)

ONCF Al Boraq merupakan kereta tercepat di dunia ketujuh. Kereta ini menjadi kereta cepat pertama di Afrika dan menelan proyek US$2 miliar.

Kereta ONCF Al Boraq ini menghubungkan daerah Casablanca dan Rabat. Kereta ini berjalan dengan kecepatan tinggi 320 km/jam dan jalur khusus sepanjang 323 km/jam.

Itulah daftar kereta tercepat di dunia 2023. Apakah Anda tertarik untuk menaiki salah satu dari kereta di atas?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
TDS 3 in Jakarta: NCT Dream, Sebuah Ikon Pertumbuhan
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Ulang Tahun ke-22, Starbucks Indonesia Donasi Rp5 Miliar ke Gaza
Perkuat Ekosistem Kuliner Jepang, J Trust Gandeng Kushikatsu Daruma
Saat Bos Starbucks Bicara Persaingan dengan Brand Kopi Lokal