10 Paspor Tercantik di Dunia, Indonesia Masuk dalam Daftar!

Menampilkan ciri khas dari setiap negara.

10 Paspor Tercantik di Dunia, Indonesia Masuk dalam Daftar!
ilustrasi paspor (unsplash.com/Ethan Wilkinson)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Masyarakat Indonesia patut berbangga hati, pasalnya Indonesia masuk dalam daftar paspor tercantik di dunia. Selain itu, terdapat sejumlah negara lainnya yang memiliki desain paspor yang menarik.

Seperti yang diketahui, paspor adalah dokumen yang dibutuhkan bila ingin bepergian ke luar negeri. Masing-masing negara memiliki bentuk dan tampilan paspor yang berbeda-beda.

Meski begitu, ukuran dan jumlah halaman paspor seluruh negara sama. Masing-masing negara berhak untuk memperkenalkan identitas mereka, termasuk melalui desain paspor.

Dikutip dari internationalwealth.info (24/1/2023), berikut ini deretan negara dengan paspor tercantik di dunia. Siapakah di peringkat pertama? Simak di bawah ini.

1. Norwegia

Paspor Norwergia (dok.Neue Design Studio)

Paspor tercantik di dunia peringkat pertama datang dari Norwegia. Halaman paspor memiliki nuansa biru pucat dengan sejumlah garis halus yang menciptakan objek, seperti langit dan gunung.

Gambarnya akan tampak hidup bila disinari ultraviolet. Akan tampak cahaya utara kerlap-kerlip di atas pegunungan.

Norwegia memiliki tiga warna sampul paspor, yakni:

  • Putih, paspor untuk pendatang
  • Merah, paspor untuk penduduk lokal
  • Biru, paspor untuk hubungan diplomatik.

2. Australia

ilustrasi Paspor Australia (dok.Aives Australia)

Australia memiliki paspor yang tak kalah menawan. Meski paspornya tidak menonjol seperti yang lainnya, tapi Anda akan melihat keajaiban yang tak terduga di dalamnya.

Bila halaman tersebut disinari oleh sinar ultraviolet, akan tampak kanguru yang muncul dan menghilang bila dimiringkan dalam sudut tertentu.

3. Finlandia

ilustrasi paspor Finlandia (dok.eye on the artic)

Paspor tercantik di dunia urutan ketiga adalah paspor Finlandia. Anda bisa menemukan gambar lanskap besar Gunung Saana yang saling terhubung pada dua halaman paspor.

Bila Anda membuka setiap lembar halaman paspor, akan terlihat rusa bergerak yang berada di pojok kanan bawah bak animasi.

Selain itu, Jika Anda melihatnya di bawah sinar ultraviolet, Anda akan melihat kepingan salju yang menyebar dan sebuah cahaya di atasnya.

4. Kanada

ilustrasi paspor (unsplash.com/Kylie Anderson)

Sama seperti sebelumnya, Anda akan melihat kecantikan dari paspor Kanada bila disinari dengan sinar UV.  Anda akan melihat bangunan bersejarah di Kanada, daun maple, sosok figur, serta Air Terjun Niagara.

Hal yang menarik dari paspor ini dilengkapi dengan chip biometrik di bagian belakang paspor, sehingga akan mencegah penggandaan atau pemalsuan paspor.

5. Indonesia

ilustrasi paspor Indonesia (dok.Direktorat Jenderal Imigrasi)

Indonesia rupanya masuk daftar paspor tercantik di dunia. Jika paspor lain menampilkan gedung maupun bangunan terkenal, lain halnya dengan Indonesia.

Negara kepulauan ini memilih untuk menampilkan alam, warisan budaya, serta satwa liar khas negara ini untuk menghiasi halaman paspor. Contohnya, komodo, wayang kulit, bunga rafflesia besar, ondel-ondel, dan lainnya.

6. Irlandia

paspor irlandia (dok.iris central)

Paspor Irlandia dihiasi dengan ilustrasi yang mewakili negaranya, seperti tarian Irlandia, alat musik, serta beberapa atraksi lainnya. 

Selain itu, Anda akan menemukan puisi di halaman paspor karya W.B Yeats, Nuala ni Dhomhnaill, dan James Orr. Pada halaman paspor terdapat 14 gambar dewa sungai yang menyebar di setiap tepi halamannya.

7. Swiss

paspor Swiss (dok. Forgemind ArchiMedia via Flickr)

Swis memiliki desain paspor menggunakan gambar benda nasional. Selain itu, negara ini menjadi negara pertama yang mendesain paspornya secara profesional.

Paspor negara ini memberikan kesan minimalis modern. Selain itu, sampul paspor ini penuh dengan simbol salib Swiss yang timbul.

Di setiap halaman, Anda akan melihat sejumlah landmark Swiss yang cukup terkenal. Keindahannya membuat Anda tidak bosan memandang paspor tersebut.

8. China

ilustrasi paspor China (dok. WeChat)

Paspor China masuk dalam deretan paspor tercantik di dunia. Setiap halam paspor mewakili ciri khas dari 34 provinsi dan kota yang ada di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Jika Anda memberikan sinaran UV, Anda akan menemukan sejumlah gambar, yakni perkebunan kelapa di Pulau Hainan, Pelabuhan Victoria di Hongkong, Jembatan Haiwan di Macau, dan lainnya.

9. Selandia Baru

ilustrasi paspor Selandia Baru (dok. The New Zealand Herald)

Selandia Baru atau New Zealand memilih menggunakan warna hitam dengan hiasan perak untuk sampul paspornya. Hal inilah yang membuat paspor tersebut masuk ke dalam daftar paspor terindah di dunia.

Kombinasi warna dan ukiran pola daun pakis di pinggirannya terlihat sangat indah.

10. Inggris

ilustrasi paspor (unsplash.com/Ethan Wilkinson)

Inggris memiliki paspor yang tidak biasa. Pada sampul belakang paspor, Anda akan menemukan lambang bunga Inggris, Irlandia Utara, Wales, dan Skotlandia yang diukir dengan teknik emboss.

Lambang bunga tersebut merupakan mawar Tudor yang menjadi bunga nasional Inggris. Hal inilah yang membuat paspor ini sangat menawan.

Itulah tadi deretan paspor tercantik di dunia. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan mengenai paspor di dunia dan keindahannya.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
TDS 3 in Jakarta: NCT Dream, Sebuah Ikon Pertumbuhan
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Ulang Tahun ke-22, Starbucks Indonesia Donasi Rp5 Miliar ke Gaza
Perkuat Ekosistem Kuliner Jepang, J Trust Gandeng Kushikatsu Daruma
Saat Bos Starbucks Bicara Persaingan dengan Brand Kopi Lokal