5 Miliarder Ini Tergiur Beli Chelsea dari Taipan Rusia Abramovich

Abramovich, yang baru dihukum Inggris, akan menjual Chelsea.

5 Miliarder Ini Tergiur Beli Chelsea dari Taipan Rusia Abramovich
Bendera Chelsea, klub yang sedang diperebutkan para miliarder. (Shutterstock/Cosmin Iftode)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Taipan Rusia pemilik klub sepak bola Chelsea FC, Roman Abramovich, baru saja mendapatkan sanksi dari pemerintah Inggris. Praktis, tekanan global terhadap miliarder itu kian membesar.

Inggris akan membekukan aset milik sang taipan, selain pula melarangnya menginjakkan kaki di Inggris. Namun, Chelsea—salah satu aset Abramovich—akan mengantongi lisensi khusus agar bisa terus beroperasi di Inggris walau pemiliknya mendapat sanksi.

Berpokok dari sanksi tersebut, Abramovich kabarnya telah menjual aset propertinya di London. Bahkan, mengutip Fox Business, Jumat (11/3), sang miliarder juga tengah mencoba menjual klub sepak bola yang sudah ia pimpin selama 19 tahun.

Bagai ikan yang menghampiri pancing, sejumlah konglomerat pun menunjukkan minat untuk mengambil alih Chelsea dari tangan Abramovich. Siapa saja yang mau beli Chelsea? Ini dia daftarnya.

Muhsin Bayrak

Taipan asal Turki, Muhsin Bayrak, merupakan penawar terbaru yang berlomba untuk membeli The Blues, demikian menurut laporan media Inggris. Manajer Umum AB Grup Holding Bayrak, Seda Bayrak, mengonfirmasi kabar itu.

“Kami telah meneruskan tawaran kami mengenai hal ini (ketertarikan membeli Chelsea),” ujarnya, dilansir dari Channel News Asia.

Todd Boehly

Selain Bayrak, taipan Negeri Paman Sam, Todd Boehly juga terlibat dalam penawaran mengakuisisi Chelsea. Sejauh ini, salah satu pemilik LA Dodgers itu bahkan memimpin sesi penawaran. Tidak sendiri, Boehly dikabarkan menggandeng jutawan asal Swiss, Hansjoerg Wyss.  

Robert Johnson

Pewaris kekayaan Johnson & Johnson ini disebut-sebut telah menggemari Chelsea sejak bertugas di London sebagai duta besar Amerika Serikat (AS). Menurut ESPN, pendukung Donald Trump di masa Pemilu itu sedang menyiapkan penawaran untuk membeli The Blues.

“Ia telah berbicara dengan bank Raine Group, yang mengawasi penjualan atas nama Abramovich,” demikian bunyi laporan tersebut.

Keluarga Ricketts

Keluarga Ricketts disebut-sebut tengah mempertimbangkan bergandengan dengan sekumpulan investor demi bisa mengambil alih Chelsea dari Abramovich. Salah satu pemilik MLB Chicago Cubs itu kemungkinan akan membentuk konsorsium dengan miliarder Ken Griffin.

Asal tahu saja, Keluarga Ricketts memiliki kekayaan bersih bernilai £3,27 miliar.

Vivek Ranadive

Ranadive, pemilik Sacramento Kings, pun tak mau kalah. Berdasarkan laporan Sportico, Ranadive sedang menggodok penawaran bagi Chelsea.

Sedikit cerita, ketika pertama kali datang ke AS, sosok kelahiran India itu hanya membawa US$50 di sakunya. Akhirnya, ia mengumpulkan pundi-pundi kekayaan sejak 1990-an sebagai pendiri perusahaan komputasi Tibco.

Sekarang, tokoh yang berkaitan erat dengan NBA itu kabarnya mempunyai harta kekayaan bersih berjumlah £570 juta.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Pialang Adalah: Pengertian, Tugas, dan Cara Kerjanya
Lima Anak Bernard Arnault Jadi Direksi, Penerus LVMH Diragukan
Daftar Produk Paling Laris Dibeli di Tokopedia dan Tiktok Saat Ramadan
Pelaku Usaha dan UMKM Kini Bisa Daftar Sertifikasi Halal Lewat Shopee
Rupiah Tertekan ke Rp16.217 per US$ Usai Data PDB AA Dirilis
Peluang Rebound IHSG Terbuka, Didukung Kebijakan Suku Bunga