Cara Mendapatkan Vaksin Pfizer serta Lokasinya

Kuota vaksin Pfizer tahap awal terbatas, segera daftar ya.

Cara Mendapatkan Vaksin Pfizer serta Lokasinya
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Setelah mendarat di Indonesia sejak pekan lalu, vaksin Pfizer dosis pertama akhirnya siap diberikan untuk masyarakat berusia di atas 18 mulai Senin (23/8). Di mana saja lokasi yang melayani vaksinasi dengan Pfizer? Apa saja syaratnya?

Penyuntikan vaksin Pfizer di DKI Jakarta telah berjalan di Jakarta Utara dan Jakarta Selatan. Akan tetapi kuota di tiap lokasi sangat terbatas.

DKI Jakarta memiliki 232.824 dosis vaksin Pfizer yang 174.324 dosis di antaranya didistribusikan ke Jakarta Selatan, dan 58.500 dosis lainnya ke Jakarta Utara.

1. Lokasi Penyuntikkan Vaksin Pfizer di Jakarta

Di mana saja Anda bisa memperoleh vaksin Pfizer? Terdapat empat lokasi, yakni Badan PPSDM Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jalan Hang Jebat, Jakarta Selatan; Puskesmas Kecamatan Cilandak; Puskesmas Kecamatan Lebak Bulus; dan Gedung Judo, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Di Puskesmas Kecamatan Cilandak, vaksinasi Pfizer berlangsung pada pukul 13.00 hingga 14.30 WIB. Sementara di Puskesmas Kelurahan Lebak Bulus, pelayanan vaksinasi Pfizer dimulai pada 09.00 hingga 12.00 WIB.

2. Cara Mendapatkan Vaksin Pfizer

Bagaimana cara mendapatkan vaksin Pfizer? Mudah, Anda hanya perlu memenuhi syarat-syarat berikut:
- Belum pernah memperoleh vaksin Covid-19 dosis satu
- Usia di atas 18
- Warga Negara Indonesia atau berdomisili di DKI Jakarta
- Pengidap penyakit komorbid diminta membawa surat rekomendasi dokter spesialis yang menangani
- Tidak bisa diberikan sebagai dosis ketiga (booster)
- Menunjukkan KTP ketika vaksinasi
- Mendaftar melalui aplikasi JAKI

3. Cara Mendaftar Vaksin Pfizer Lewat Aplikasi Jaki

Ada 10 lokasi pendaftaran vaksinasi Pfizer lewat JAKI. Lima di Gedung Judo Kelapa Gading, sedangkan sisanya di Puskesmas Kelurahan Lebak Bulus.

Mengacu pada situs resmi corona.jakarta.go.id, kuota peserta vaksinasi Pfizer lewat Jaki hanya 1.800. 1.500 kuota untuk Jakarta Utara dan 300 untuk Jakarta Selatan.

Namun, kuota hanya tersisa 690 di Kelapa Gading per Senin pukul 17.35 WIB. Anda dapat memantau jumlah kuota di dasbor pemantauan fasilitas kesehatan penjadwalan vaksinasi lewat JAKI di tautan ini: https://corona.jakarta.go.id/id/kuota-vaksinasi-jaki.

4. Distribusi Vaksin: Jabodetabek Lebih Dulu

ANTARA FOTO/Fauzan

Mengutip laman resmi Kemenkes, vaksin Pfizer bermerek COMINARTY tahap pertama akan dibagikan ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi.

Mengapa? Karena pengiriman vaksin Pfizer memerlukan sistem logistik kompleks ketimbang distribusi vaksin jenis lain. Sebab, penanganan dan penyimpanan vaksin Pfizer sedikit berbeda dari vaksin lain yang lebih dulu mendarat di Indonesia.

Untuk menyimpan vaksin Pfizer, diperlukan tempat khusus bersuhu sangat rendah; antara minus 90 sampai minus 60 derajat Celcius.

Melansir IDN Times, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Widyawati berujar, “vaksin Pfizer mesti disiapkan oleh petugas kesehatan yang telah dilatih menggunakan teknik tertentu dalam menangani rantai dingin, termasuk cara mencairkan dan mengencerkan vaksin sebelum disuntikkan.”

5. Jumlah Vaksin Pfizer yang Akan Indonesia Miliki

Sebelumnya, 1.560.780 juta dosis vaksin Pfizer sampai di Tanah Air, Kamis (19/8) lewat skema pembelian langsung. Selanjutnya, 50 juta vaksin asal Amerika Serikat (AS) itu akan mendarat di Indonesia secara bertahap pada 2021.

Menurut Widyawati, jumlah itu belum termasuk 4,6 juta dosis vaksin Pfizer yang diperoleh oleh pemerintah secara gratis lewat skema GAVI/Covax beberapa pekan dari sekarang.

Vaksin Pfizer sendiri telah mengantongi izin sementara (Emergency Use Authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan pada 14 Juli 2021.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M