NEWS

7 Festival yang Siap Meriahkan KEN 2023 di Bulan Mei 2023

Jadi sarana promosi budaya dan peningkatan ekonomi daerah.

7 Festival yang Siap Meriahkan KEN 2023 di Bulan Mei 2023Salah satu pertunjukan seni tari dalam event Gelar Melayu Serumpun. (dok. Indonesia.travel).
05 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Karisma Event Nusantara (KEN) 2023, rangkaian event dan festival untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus menggenjot sektor ekonomi kreatif di berbagai wilayah Indonesia.

Acara ini ditargetkan mampu menjaring wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk meningkatkan sektor pariwisata Indonesia dan ekonomi kreatif, khususnya bagi masyarakat lokal di tiap daerah.

KEN 2023 dimeriahkan dengan berbagai event dan festival bagi wisatawan. Baik itu dalam festival tradisi, seni budaya, hingga kuliner yang unik dari setiap daerah. Melansir laman resmi Kemenparekraf, berikut ini ulasannya. 

1. Lom Plai Festival

Event KEN 2023 yang digelar bulan Mei diawali dengan Lom Plai Festival, yang digelar 1-2 Mei 2023 di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Event tahunan yang dimaknai sebagai ungkapan syukur ini bertujuan untuk melestarikan budaya masyarakat Dayak Wehea di Kutai Timur.

Dalam rangkaian perayaan Lom Plai Festival ada beberapa hal yang wajib dilaksanakan masyarakat adat Dayak Wehea. Mulai dari memasak pluq (lemang) saat subuh, dilanjutkan dengan Naq Jengea atau perang-perangan di sungai, hingga Plaq Sai atau lomba perahu.

2. Bali Rockin Blues

Bali Rockin Blues adalah konser musik rock dan blues ini rencananya digelar pada 5-6 Mei 2023 di Mertasari, Sanur, Bali. Festival musik yang digelar sejak 2015 ini ditujukan untuk memberdayakan insan kreatif, khusus ruang bagi para musisi di Bali.

Bali Rockin Blues turut mengundang beberapa band ternama dari dalam dan luar negeri, mulai dari Power Metal, Gugun & Joling Kribo, Quino Big Mountain, Bali Guitar Mob, Ball Breakers, hingga Arya X Project. Selain itu ada juga berbagai food truck dan pameran motor klasik di pantai Mertasari yang siap memeriahkan event tersebut.

Related Topics