NEWS

8 Cara Menghindari Tubuh Lemas Akibat Kerja Lembur

Ingat, kesehatan lebih prioritas dari pekerjaan!

8 Cara Menghindari Tubuh Lemas Akibat Kerja LemburIlustrasi lemas karena kerja lembur. (Pixabay/Mohamed Hassan)
17 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kerja lembur mungkin biasa dialami sebagian pekerja.  Namun, hal ini bisa membuat badan Anda lemas dan kebugaran berkurang.

Menurut klikdokter, seseorang dikatakan kerja lembur atau overtime bila bekerja lebih dari 40 jam per minggu atau lebih dari 8 jam tiap shift. Anda perlu memerhatikan kesehatan Anda dengan memastikan badan tak lemas akibat kerja lembur.

Untuk itu, perhatikan hal berikut untuk mencegah tubuh lemas dan kesehatan berkurang, sebagaimana dilansir dari klikdokter.

1. Minum air yang cukup

Air merupakan kebutuhan dan berperan penting bagi kebugaran tubuh. Metabolisme tubuh Anda sangat bergantung pada air, mengingat 70 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Dengan meminum air yang cukup, racun di dalam tubuh akan dievakuasi keluar tubuh dan menjaga agar tubuh tetap fit.

Kerja lembur membuat tubuh Anda mendapatkan sedikit waktu istirahat dan rawan lemas. Namun, dengan mengonsumsi air 2-3 liter per hari, tubuh akan selalu terhidrasi dengan baik, sehingga bebas dari lemas.

2. Jaga pola makan

Selain minum, asupan makan juga menjadi hal penting lain yang perlu Anda perhatikan, terlebih jika Anda mengerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk bekerja lembur. Orang yang bekerja lembur sering kali memiliki pola makan yang tidak teratur, dan kurang memperhatikan kandungan gizi di dalam makanannya.

Meskipun sedang lembur, Anda harus tetap menjaga pola makan tetap teratur. Makanlah tiga kali sehari dengan makan makanan bergizi seimbang.

Related Topics