NEWS

APINDO Ramal Pertumbuhan Ekonomi Nasional 4,8-5,2% di Tahun Depan

Pemilu justru jadi peluang mendongkrak konsumsi di 2024.

APINDO Ramal Pertumbuhan Ekonomi Nasional 4,8-5,2% di Tahun DepanShinta Widjaja Kamdani
22 December 2023

Fortune Recap

  • Pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi berada di kisaran 4,80-5,20 persen pada tahun depan.
  • APBN diperkirakan jadi pendorong signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di 2024 melalui alokasi dana yang tepat pada sektor strategis.
  • Sektor pariwisata diprediksi dapat berkontribusi 4,5 persen dari PDB nasional di tahun 2024.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) memperkirakan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia ada di kisaran 4,80-5,20 persen pada tahun depan.

Ketua Umum Apindo, Shinta Widjaja Kamdani, mengatakan bahwa proyeksi rentang pertumbuhan terendah yang berada di bawah 5 persen ini disebabkan faktor tren perlambatan ekonomi global, kondisi geopolitik, inflasi dan suku bunga yang masih tinggi.

“Suku bunga kredit di Indonesia yang tinggi turut berkontribusi pada perlambatan pertumbuhan ekonomi,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Fortune Indonesia, Jumat (22/12).

Adapun sektor yang berkontribusi besar pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Tanah Air, menurut Shinta, masih akan didominasi sektor industri pengolahan, pertanian, perdagangan, pertambangan, dan konstruksi. Masing-masing diproyeksikan akan menguasai lebih dari 10 persen porsi distribusi pada PDB tahun 2024.

“Sektor pariwisata diprediksi dapat merealisasikan target untuk berkontribusi 4,5 persen dari PDB nasional, seiring dengan peningkatan mobilitas kunjungan wisatawan Nusantara maupun mancanegara,” ujar Shinta.

Realisasi APBN diperkirakan jadi pendorong siginfikan bagi pertumbuhan ekonomi di 2024. Melalui alokasi dana yang tepat pada sektor strategis, APBN dapat menjadi instrumen penting memicu investasi, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan lapangan kerja.

Related Topics