NEWS

Tak Hanya Indonesia, Ini Negara di Dunia yang Sudah Cabut PPKM

Meski PPKM dicabut, kewaspadaan harus diutamakan.

Tak Hanya Indonesia, Ini Negara di Dunia yang Sudah Cabut PPKMIlustrasi PPKM. (ANTARAFOTO/Oky Lukmansyah)
02 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pemerintah resmi mencabut kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dari serangkaian regulasi pencegahan dan penularan virus COVID-19. Pencabutan kebijakan itu diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelang akhir tahun kemarin. 

Pencabutan PPKM di Indonesia itupun dilakukan meski status darurat kesehatan COVID-19 masih berlaku karena pandemi belum sepenuhnya berakhir. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih menganggap virus corona sebagai wabah darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Sebelum Indonesia, sudah banyak negara di berbagai belahan dunia yang memilih melonggarkan kebijakan pembatasan mobilitas pandemi COVID-19. Mengutip beberapa sumber, berikut ulasannya. 

1. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam.
Brunei Darussalam. (Pixabay/AdamHillTravel)

Negara tetangga Indonesia, Brunei Darussalam tidak lagi memiliki aturan masuk bagi pelancong, mulai 15 Sep 2022. Satu-satunya persyaratan adalah asuransi kesehatan perjalanan dengan perlindungan COVID-19. Di dalam negeri, masker wajib dipakai di ruang tertutup dan di transportasi umum.

2. New Zealand

Ilustrasi kota Wellington, New Zealand.
Ilustrasi kota Wellington, New Zealand. (Pixabay/Barni1)

Related Topics