NEWS

Ekonomi Dunia Terancam War Cession, Apakah Itu?

Sanksi bagi Rusia semakin memperburuk keadaan.

Ekonomi Dunia Terancam War Cession, Apakah Itu?Konflik Rusia-Ukraina. (Shutterstock/Tomas Ragina)
12 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Sebagian besar negara di dunia tengah bersiap menghadapi war cession, yakni sebuah kondisi resesi ekonomi yang bukan disebabkan oleh buruknya fundamental ekonomi, melainkan situasi darurat dalam konflik Rusia-Ukraina.

Lionel Priyadi, Macro Equity Strategist Samuel Sekuritas, mengatakan bahwa situasi yang berkembang dalam konflik Rusia-Ukraina yang melibatkan sejumlah negara lain telah melemahkan ekonomi dunia.

“Dampak ekonomi perang di Ukraina paling buruk dirasakan oleh Eropa. Sedangkan, di Amerika lebih terbatas dan didominasi oleh rencana kenaikan suku bunga The Fed,” katanya kepada Fortune Indonesia, Selasa (12/4).

Sikap keras Rusia pada Ukraina telah memunculkan reaksi dari Eropa. Sanksi bagi Rusia pun diterapkan Berbagai pembatasan yang dijatuhkan bagi Rusia, seperti impor batu bara, minyak, dan lainnya.

Sayangnya kebijakan ini justru berdampak negatif pada perekonomian global, seperti inflasi di seluruh dunia hingga kenaikan suku bunga acuan.

War cession tidak terlalu berdampak bagi Indonesia

ilustrasi : inflasi
Shutterstock/Luis A. Orozco

Bagi Indonesia, war cession dampaknya lebih terbatas, karena Indonesia adalah negara pengekspor komoditas. Menurut Lionel, Indonesia justru diuntungkan oleh kenaikan harga komoditas global akibat perang.

“Risiko dari perang yang belum sepenuhnya ditangkap oleh pasar Indonesia adalah inflasi yang tinggi di masa mendatang. Diperkirakan 4-6 persen, tergantung apakah harga Pertalite dan LPG 3 kg juga ikut naik,” ujar Lionel. “Sebagian pelaku pasar masih percaya inflasi terkendali di kisaran 3-4 persen musim ini, jadi ada risiko koreksi atas IHSG dalam waktu dekat.”

War cession dinilai buruk bagi ekonomi dunia

Ilustrasi Rusia-Ukraina-Amerika Serikat.
Ilustrasi Rusia-Ukraina-Amerika Serikat. (Pixabay/Mediamodifier)

Related Topics