NEWS

IMF Harap RI Gerakkan Negara G20 Bantu Negara yang Alami Krisis

IMF nilai ekonomi Indonesia tahan guncangan situasi global.

IMF Harap RI Gerakkan Negara G20 Bantu Negara yang Alami KrisisDirektur Pelaksana IMF, Kristalina Georgieva, saat berkunjung ke Sarinah, Minggu (17/7). (ANTARAFOTO/Dhemas Reviyanto)
19 July 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dana Moneter Internasional (IMF) menaruh harapan pada kepemimpinan Indonesia dalam presidensi G20 untuk mendorong para pemimpin negara G20 membantu negara-negara yang sedang menghadapi krisis.

Hal itu diungkapkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani usia mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuannya dengan delegasi IMF yang dipimpin melalui Direktur Pelaksana Kristalina Georgieva di Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat. 

“Kepemimpinan Indonesia nanti di bawah Bapak Presiden Jokowi pada saat pertemuan G20 diharapkan bisa (mendorong) pimpinan-pimpinan negara G20 (dalam) mendukung langkah dari institusi-institusi yang memiliki kemampuan untuk membantu negara-negara yang sedang menghadapi krisis,” ujar Menkeu dalam keterangan pers, Minggu (17/7).

IMF mengungkapkan bahwa inflasi berdampak pada kebijakan bank-bank sentral yang menaikan suku bunga. Hal ini menempatkan negara miskin yang sebelumnya sudah dalam kondisi sangat rawan jadi makin sulit, krisis pangan, bahkan kemungkinan krisis keuangan.

“Sekarang ini terjadi di berbagai negara Afrika dan juga bahkan negara seperti Srilanka,” katanya. “Jangan sampai kemudian kemampuan dunia internasional untuk mencegah krisis menjadi makin lemah dan menyebabkan risiko makin tinggi.”

Jokowi undang African Union ke G20

Presiden Jokowi menerima kunjungan Direktur Pelaksana IMF, Kristalina Georgieva, di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (17/7).
Presiden Jokowi menerima kunjungan Direktur Pelaksana IMF, Kristalina Georgieva, di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (17/7). (Dok. Setpres)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap negara-negara African Union bisa hadir di G20 karena selama ini G20 tidak pernah memasukkan negara-negara tersebut di dalam pembahasannya secara permanen. Untuk itu, ia berinisiatif mengundang African Union ke dalam perhelatan G20.

“Ini juga menyebabkan kita bisa membahas masalah dunia secara lebih lengkap karena suara dari negara-negara terutama dari Afrika yang sekarang sedang menghadapi banyak sekali kesulitan pangan, kesulitan dari sisi ekonomi, dan juga keuangan menjadi sangat penting,” ujar Presiden Joko Widodo.

Ketahanan Indonesia dari guncangan ekonomi global

Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) mendampingi Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva (kedua kanan) mengamati produk yang ditawarkan di gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (17/7).
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) mendampingi Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva (kedua kanan) mengamati produk yang ditawarkan di gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (17/7). (ANTARAFOTO/Dhemas Reviyanto)

Related Topics