NEWS

Intensitas Pencarian Destinasi Pariwisata RI di Pasar Global Tinggi

Target bawah kunjungan wisman ke Indonesia sudah tercapai.

Intensitas Pencarian Destinasi Pariwisata RI di Pasar Global TinggiIlustrasi wisatawan asing di Seminyak, Bali. (Pixabay/mrsvickyaltaie)
18 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kemenparekraf mencatat, intensitas persepsi tentang pariwisata Indonesia di pasar internasional cukup tinggi. Data ini terlihat dari data online travel agent serta conventional travel agent yang dirilis dari Amadeus, Global Distribution System.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya, mengatakan bahwa persepsi ini bahkan muncul dari pasar-pasar negara yang belum memiliki penerbangan langsung dari Indonesia.

“Paling tinggi itu adalah Amerika, jadi data search volume tentang Indonesia itu mencapai 261 juta, ini intensi ya, jadi search orang mencari destinasi Indonesia," katanya  dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf, Senin (17/10).

Urutan berikutnya, Australia mencapai 187 juta, Inggris 161 juta, Jerman 121 juta, dan top five kelima adalah Prancis. Jadi dengan ini, terlihat minat pasar luar neger terhadap sektor pariwisata Indonesia. 

Target devisa 2022

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya.
Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya. (Tangkapan layar)

Pemerintah menargetkan devisa dari sektor pariwisata hingga akhir tahun ini mencapai US$0,86-1,71 miliar, bersamaan dengan target kunjungan wisatawan mancanegara yang mencapai 1,8 juta sampai 3,6 juta kunjungan.

Kemenparekraf mengakui bahwa target devisa ini memang belum menyamai sebelum pandemi, namun dibandingkan tahun lalu, target devisa sektor pariwisata mengalami kenaikan. Pada Januari-Agustus 2022, wisman terbanyak yang datang ke Indonesia didominasi secara berturutan oleh Australia, Singapura, Malaysia, India, dan Amerika Serikat.

Pencapaian target kunjungan wisman

Menparekraf, Sandiaga Uno.
Menparekraf, Sandiaga Uno. (Tangkapan layar)

Related Topics